-->

Cara Budidaya Ikan Gurame Dengan Kolam Terpal



Budidaya ikan gurame usaha yang semakin menjajikan, ikan gurame sekarang sudah menjadi menu makan semua orang, pada setiap harinya, ikan gurame yang mempuyai cita rasa yang sangat enak, dam gurih. maka tidak heran kalo ikan gurame, permintaan pasar akan kebutuhan ikan semakin bertambah banyak pada setiap tahunnya. maka usaha budidaya ikan gurame salah satu bisnis yang bisa menjajikan ke untungan. Dengan adanya kesempatan ini untuk para kamu semua yang berminat inggin budidaya ikan gurame bisa kalian cobak dengan usaha ini, dan para kamu pemula yang masih belom tau cara budidaya ikan gurami, kalo inggin tahu caranya ialah sebagai berikut ini:

Usaha budidaya ikan gurame bisa di kerjakan sama keadaan modal. Bisa dengan modal kecil atau dengan modal yang besar, maka usaha budidaya ikan gurame ini bisa di kerjakan siapasaja.

CARA BUDIDAYA IKAN GURAME DENGAN KOLAM TERPAL

untuk budidaya ikan gurame jika tidak mempuyai lahan yang cukup bisa dengan membuat kolam terpal. ikan gurame hanya memperlukan air yang cukup, pembuatan kolam dari terpal sebgai alternatif untuk kalian, dengan kondisi lahan yang sempit. Untuk membuat kolam terpal juga harus di sesuaikan kapasitas bibit ikan yang akan di tebar, dan penebara bibit juga harus di sesuaikan dengan kapasitas kolam, agar ikan tidak menjadi stres, dengan kapasitas kolam terpal  sebesar 2x4 meter dengan kedalema 1 metr  bisa di isi 40 ekor ikan gurame. Jika ikan sudah mulai besar jumpalh ikan bisa di kurangi.

Cara budidaya ikan gurame dengan  pembuatan kolam terpal ada dua cara

1. membuat kolam ikan dengan terpal bisa denga tanah di gali dengan kedaleman sekitar 90 cm, kemudia masukan terpel kedalam galian tersebut dengan di pasang serapi mungkin.
2. Membuat kolam terpal yang kedua ya itu bisa dengan di atas permukaan tanah, tanpa digali, dengan merangai besi atau bisa dengan bambu, terpal di rangai dengan bentok kolam.

Jika pembuatan kolam ikan sudah siap, sekarang penebara pada bibit ikan gurame, pada saat akan penebaran bibit ikan gurame,  pastikan kolan tidak ada zat yang meggandung baha yang berbahaya, karena terpal memiliki bahan yang mengandung bahan kimia pada saat pewarnaan. atau sebelom terpal di pasang lebih baik di cuci dengan bersih, atau sesudah di pasang di isi air kemudian dibiyarkan beberapa hari biyar air sampek berubah warna kehijuan dan kolam sudah berlumut.

Cara Memilih bibit ikan gurame

Pada saat membeli bibit ikan gurame, harus melihat dari fisik bibit yang baik, untuk memilih bibit ikan gurame yang baik di lihat dari lincah gerakannya dan terlihat besarnya sama, dan dari sengi makanya juga baik, dan bibit ikan gurame tidak cacat, budidaya ikan gurame dengan bibit unggul makan akan bisa memper cepat proses perkembagannya.

Cara Pemeliharaan ikan gurame

Pada saat pemberian pakan pada ikan gurame pagi dan sore hari. Pemberian pakan dalam satu hari bisa di berikan dua kali saja, dengan mengunakan pellet dengan kandungan protein 25%s/d 30 persen. Ikan gurame bisa di berikan makanan sampingan sperti sayuran, juga daun. Karena Sangat baik untuk kesehatan juga perkembangan ikan gurame.

Budidaya ikan gurame dengan kolam terpel sebaiknya pemberian pakan jangan terlalu berlebihan, karena dengan sisa pakan yang mengendap dan bercampur dengan kotoran ikan akan membuat air kolam cepat kotor dan berbau, dengan keadaan kolam ikan yang seperti ini, harus segera di bersihkan, atau dengan di ganti airnya, biyar ikan tetap selesa dan tetap sehat dan bisa berkembang dengan baik. Berikan makan ikan gurame secara teratur.

Sebenarnya ikan gurame mampu bertahan dengan air yang kurang baik,  namun kalian perlu mengatur tingkatan air kebersihan dengan melakukan penyaringan secara teratur, dengan cara di sedot dengan  pompa, dan air bisa di ganti, akan lebih bagus lagi kolam di berikan aerator, atau di berikan filter untuk menaikan kandungan oksigen serta bisa membersikahkan kotoran secara otomatis.

Demikian lah ulasan singkat, cara budidaya ikan gurame dengan kolam terpal, semoga bisa meberikan wawasan bagi kamu yang inggin bermula usaha budidaya ikan gurame, selamat mencoba. semoga bisa menjadi sukse dengan berbisnis ikan gurame, aamiiiiiiin...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Cara Budidaya Ikan Gurame Dengan Kolam Terpal"

  1. Pas lagi cari-cari apa yang harus saya buat dengan berbisnih, eh nemu ini
    Harus dipraktekan nih gan. Thank's

    ReplyDelete
  2. Silahkan gan di cobak semoga berkah

    ReplyDelete
  3. Silahkan gan di cobak semoga berkah

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel