-->

Panduan Cara Berternak Kambing Etawa Yang Benar


Berternak kambing etawa kini sudah menjadi terpopuler, di kalangan masarakat wilayah indonesia, kambing etawa kini semakin banyak orang-orang yang membudidayakan, kerena kambing etawa menpuyai harga jual yang sangat tinggi, maka kebanyakan masarakat inggin membuka usaha ternak kambing etawa.

Kambing etawa bisa di ternak untuk di hasilkan dagingnya, atau di ternak untuk dihasilkan susu nya, bukan hanya itu saja kambing etawa terkadang juga di ikutkan berbagai kontes kambing etawa.
dengan ini lah usaha ternak kambing etawa para sodagar kabing kecil maupun sodagar yang besar, Mereka sangat berambisi untuk membudi dayakan kambing jenis etawa.

Kambing etawa juga bisa di jual untuk di buat sebgai indukan untuk dibudidayakan. Kambing etawa mempuyai telinga menggantung, berwaja yang terlihat cembung, dan berbadan kekar, tanduk pendek, bulu belakang panjang.

Perbedaan antar kambing betina dengan kambing pejantan tidak bekitu bannyak di lihat dari segi postur tubuhnya, kambing jantan lebih besar dibandi kambing betina, kambing jatan dengan berat sekitar 90 kg, kalo kambing yang betina dengan berat badan 60 kg, kambing betina bisa memperoleh susu dalam satu hari sekitar 4 liter, kambing etawa betina pada saat laktasi.

Untukpara pemula yang inggin membuka usaha ternak kambing etawa, disini saya akan urekan untuk cara-cara dalam berternak kambing etawa, yang bisa mendapatkan kambing yang berkualitas bagus tentunya.

Simak pada ulasan di bawah ini:

Sebelom memulai berternak harus memper siapkan segalannya, yang pertaman yang perlu di persiapkan ialah,

BERRENCANA PENEMPATAN DAN PEMBUATAN KANDANG

Sebelom membuat kandang sudah di rencanakan terlebih dahulu, pembuatan kandang bisa di perkirakan dengan kapasitas kambing yang akan di isi.

Kandang merupaman tempatan tingal yang sangat di perlukan untuk kambing, untuk pembuatan kandang juga harus mempuyai sirkulasi udara dan bisa mendapatkan pancaran sinar matahari langsung.

Penempatan kandang jangan terlalu dekat dengan rumah, karena bisa menimbulkan pencemaran bau kotoran pada ternak dan menghimbas pada lingkungan sekitar.

Kandang bisa dibuat dengan kayu jati atau dengan bambu, dua bahan ini bisa di buat dengan kandang yang di inginkan asal tau  cara membuatnya, kandang kambing di buat seperti perumahan juga harus mempuyai atap dan dinding, agar bisa di buat rehat dengan selesa oleh kambing, dan tidak terkena hujan dan anggin, bisa juga melindungi dari tangan tangan panjang alias maling, pembuatan kandang sebagikanya dengan bentok kandang panggung, dan berlataikan kayu, jangan terlalu rapat kalo mennyusu kayu latainya sekiranya kotoran bisa turun kebawah, kandang juga di lengkapi dengan instalase agar bisa menghirup udara segar.

MEMILIH BIBIT INDUKKAN YANG BAIK

Untuk menghasilkan ternak yang berkualitas baik, tentu saja memilih bibit indukan yang berkualitas baik juga, untuk memilih bibit yang bagus kambing etawa yang jantan, bentok badan yang kekar, pungung lurus, kaki yang besar, umur sekitar 1, 5 thun, Dan tidak cacat.

Untuk memilih bibit yang bagus kambing betina, yang mempuyai puting susu dua, dan jinak, kaki lurus, ekor agak besar, dan yang pastinya kambing tidak cacat dan sehat.

PAKAN KAMBING ETAWA

Pakan suatu konsumsi yang sangat di perlukan untuk peternak kambing etawa, karena dengan pakan ternak akan bisa cepat berkembang dengan cepat, pakan kambing etawa ada bannyak jenis yang bisa di berikan, di atarnya rumput yang segar pastinya rumput gajah, kacang kacangan, dedahunan bisa dengan dahun lamtoro, atau daun randuk, daun senggon, daun mauni, dan masih banyak lagi lainya. Dengan kalian menyediakan pakan yang sangat cukup banyak, dan pemberiannya secara teratur pakan kambing etawa akan bisa cepat pertumbuhannya, dan akan menjadi kambing kambing yang berkuwalitas baik.

PAKAN KOSENTRAT

Kambing etawa bisa di berikan pakan selain hijuan, dengan pakan kosentrat dengan pakan ini makan ternak kamu akan bisa lebih cepat berkembang, pakan kosetrat ini bisa di buat sendiri, atau membeli pada orang yang jual. Untuk pakan kosetrat bisa di berikan pada pagi hari dan sore, juga memerlukan air minun untuk kambing etawa sekitra 2 liter, Untuk satu ekor kanbing.

MENJAGA KEBERSIHAN KANDANG

Kebersihan adalah faktor utama dari pangkal kesehatan bagi ternak apa pun. Kambing etawa juga menginginakan tempat yang bersih,  untuk kebrsihan kandang setiap hari harus di bersihkan agar kandang tidak lembab, kandang yang kotor akan mengundang penyakit pada kambing dan akan berdampak pada pertumbuhan pada kambing tersebut, maka kebersihan kandang juga utama dalam mencapai keberhasilan dalam usaha berternak kambing etawa yang berkualitas baik.

Trimaksih telah mebaca tulisan ini. semoga bermanfaat untuk kita semu, yang ingin mencoba usaha ternak kambing etawa, silahkan mencobanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Cara Berternak Kambing Etawa Yang Benar "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel