-->

Cara Berternak kambing jawa yang baik dan cepat mendapatkan untung


Berternak kambing kini sudah menjadi terpopuler karena berternak kambing banyak yang sukses. Dan sebagain masarakat juga masih belom tau bahwa berternak kambing bisa menghasilkan ke untungan yang bayak. Karena kambing juga salah satu kebutuhan masarakat, kambing pada umunya di buat akikoh korban pada saat idul adhah, Untuk umat islam. Kambing juga di buat untuk masak sate, dan lainnya.

Berternak kambing untuk konsep pengemuka dengan kambing ( jawa kacang ) agar bisa tercapai dengan keinginan pada hasil jual dangin. Berternak kambing jawa lokal dri indonesia raya. Kambing ( jawa kacang ) mempunyai kelebihan yang banyak. Di antaranya ialah kambing jawa sangat cepat dalam perkembang biyaknya pada usia 14-18 bulan sudah mampu beranak 2-4 ekor dalam beranak pertam biasanya bisa 1-2 ekor. Kambing jawa sangat gampang beradaptasi dengan lingkungan mana pun. Magkanya banyak orang yang berternak dengan kambing jawa kancang.


Kambing jawa mempunyai ukuran badan lebih kecil dari kambing Etawa kambing jawa yang janta mempunyai ukuran tingi kurang lebih sekitar 62-65 cm pada berat badanya sekitar 25 kg,. Kalo berat badan yang betina hanya 20 kg rata-rata. Dan tingi kurang lebih 50-55 cm. Kambing jawa ini berkembang biyak sekita umur 14-18 bulan, mungkin susu yang dia dapat belom bekitu banyak makanya akan mempengaruhi pada anak nya. Berat anak nya sekitar 3,78 kg, dengan berat segitu bukan berarti tidak sehat ini sangat tidak pengaruh dengan beratnya.

Untuk mengetahui dari bentok kambing jawa bisa dilihat dari warna bulunya, kambing jawa mempunyak warna cokalt, putih, hitam, tiga warna ini bisanya ada di beberapa bagian tubuhnya, terkadang di bagian leher ada warna hitam, dan dibagain perutnya ada warna puti, kalo yang coklat bisanya ada di pungug,. Kambing jawa mempunyak bulu yang pendek , betina maupun yang janta.  untuk yang janta mempuyai jenggot juga menpunyai tanduk yang kecil lancip jantan mapun betina.

CARA BERTERNAK KAMBING JAWA


  • Didalam permulaan berternak semua segalnya harus di persipkan, Berternak kambing jawa yang pertama kita persiapkan adalah lahan dan kandang.
  • Berternak kambing jawa juga harus memperhatikan dari bibit yang unggul agar bisa cepat dan maksimal hasilnya.
  • Kambing yang cepat merai hasil juga perlu perawatan dan pakan.
  • Kebersihan dan kesehatan dengan tempat yang bersih akan membuat ternak yang sehat.

1. PEMBUATAN KANDANG

Berternak kambing sudah pastinya harus mempuyai yang namanya kandang atau tenpat di mana kabing-kabing ternak biyar tidak terkena hujan, persiapan pembuatan kandang adalah sangat sederhana hanya beberapa kebutuhan yang di butuhkan ya itu bambu, atap, umpak, paku, bambu bisa di buat untuk penyanga/tiyang, juga dibuta lantennya kandang dibuat model panggung agar tidak tercampur dengan kotoranya dan  kambing bisa merasa nyaman. Umpak taruh di setiap penyanga biyar tidak ambels, paku biyar bisa menambah pertahanan, atap biyar tidak terkena huja.
2. MEMILIH BIBIT YANG BAIK ITU PERLU

Didalam pemilih bibit untuk kambing ternak itu penting karena akan bisa pengaruh dengan perkembangannya. Bibit kambing ternak yang baik akan mepercepat nilai produksi, jadi memilih bibit yang ungul itu perlu. Kambing jawa memang mempunyai badan yang kecil tetapi didalam memilih bibit sebisa mugkin memilih kondisi bibit yang ukuran besar, agar keturunan yang di dapat mengikut hinduknya. Memilih bibit harus di teliti terlebih dahulu jangan sapek lemas dan cacat, kambing yang lemas bisa juga terkena penyakit, memilih bibit yang baik harus di lihat lincahnya kambing, Kambing yang lincah tergolong sehat.

Memilih bibit kambing yang jantan lihat dari lincahnya dalam napsunya dan yang sudah poel giginya, kisaran umur 13 bula  mempunyai badan yang tingi dan kaki yang kekar memilik jangut.
Kalo memilih bibit kambing yang betina kisaran umur 13 bulan, pada usia ini kambing jawa sudah siap di kawinkan. Bibit yang baik untuk di jadikan indukan, seprti kambing yang mempuyai bulu panjang pada pahan, dan berekor lebat, yang mempuyai puting susu dua, dan bertanduk tegak.

3. PEMBERIAN PAKAN

pakan itu sangat perlu karena pakan bisa menabah nutrisi dan gizi setiap harinya. Pakan bisa di kasih dengan rumput atau penghijuan, pakan ada juga yang beli dan juga membuat pakan sendiri seprti permentasi.

Pakan dari hasil permentasi yang terbuat dari bahan-hahan dari penghijuan atau kering. Dengan melalui beberapa proses baru bisa di kasih keternak...  Dengan Pakan ini jahu lebih efektif untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembagan daging. Dengan pakan ini kita juga tidak usah garet lagi.

4. PERAWATAN

Didalam lah perternakan harus memperhatikan kesehata ternak akagar tidak mempengaruhi pertumbuhan atau perkembgan daginya. kambing kalo sehat akan cepat pertumbuhannya, dengan hal ini kita harus kontorl dari segi kebersihannya. Dan di berikan vitamin. Pemberian vitamin bisa di tanyakan oleh doketr hewan.

Demikian beberapa cara dalam berternak kambing jawa agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal lakukan dari empat cara tersebut. semoga dengan beberapa cara di atas bisa mencapai hasil yang maksimal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Responses to "Cara Berternak kambing jawa yang baik dan cepat mendapatkan untung"

  1. bagus gan artikelnya...cocok buat beternak dikampung...dulu setiap rumah punya ternak. ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sekarng lagi banyk orang orang mulai usaha berternak

      Delete
  2. Ternak kambing memang bisa jadi pilihan, apalagi jika di daerah yang masih banyak lahan berumput hijau.

    ReplyDelete
  3. kunjungi juga ya gan https://sebasnime.blogspot*com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel