-->

tata cara membuat pakan permentasi


untuk  membuat pakan permentasi yang sederhana namun akan menghasilkan kasihat yang baik untuk pertumbuhan ternak kita.

pakan permentasi sudah tidak asing lagi dikalangan para peternak,  untuk pengemukan sapi atau untuk domba. dengan pakan perementasi kita tidak lagi repot yang namanya ngaret pada umumnya peternak lainnya.

untuk membuat pakan permentasi hasil dari limbah yang terbuang sperti jerami padi, bonggol gedebok yang sudah di cacah2, ongok jangel  jagung yang sudah di giling, dari bahan tersebut kita akan jadikan bahan pakan yang bisa menghasilkan nutrisi yang  baik untuk ternak kita, agar ternak berkembang lebih cepat. pakan permentasi juga bisa bertahan lama untuk di buat persediaan pada  saat musim kemarau.

maka dari itu para peternak harus membuat pakan dengan cara di permentasi agar tidak kekurangan pakan pada saat musim kemarau.

untuk cara membuat pakan permentasi sebagai berikut:

BAHAN
- wadah atau terpal bisa juga drum yang besar.
- jerami kering, bongkol gedebok yang sudah di cacah2. jangel jagong yang sudah di tumbuk.
- 5 liter air,  gula pasir1 kg, tetes tebu 1 liter, probiotik SOC 3 tutup.
- bekatol atau dedak 30 kg, garam 1kg.

PROSES PEMBUATAN

  • gunakan terpal untuk di buat pengadukan.
  • larutkan gula pasir serta tetes tebu dan probiotik SOC degan air, aduk hinga merata diaymkan 15 menit.
  • sambil menungu masukan jerami bongol kedebok yang sudah di cacah2. di atas gelaran terpal. 
  • taburkan bekatol yang sudah di campur dengan garam tadi,  taburkan di atas jerami dan kedebok tersebut.
  •  sirami dengan air yang sudah di capur probiotik SOC  tadi dengan merata, bisa dengan mengunakan semport agar bisa merata atau bisa memakai gembor.
  • jika sudah aduk sampek rata, masukan kedalam tong kasih injek injek masukan semua kedalam tong dan tutup tong tersebut dengan rapat. simpan jangan terkena matahari dan hujan, simpan selama 3 hari. pada hari ketiga buka angin anginkan sebelom di berikan keternak selama 15 mnit baru bisa di berikan.


biasanya ternak yang belom pernah di kasih makan hasil permentasi,  tidak langsung laham dimakan untuk itu kita berikan dengan cara sedikit demi sedikit lama kelamaan akan terbiasa memakan dan menjadi lahab.
karena makan dan minum membuat ternak menjadi sehat dan juga cepat berkembang. untuk itu agar sapi kita selalu sehat dan makan minunya laham bisa di berikan jamu atau vitamin biyar menjadi nafsumakan bertambah.

Semoga dengan cara dan tenxnik pembuatan pakan denga  permentasi ini bisa membuat kita bisa mandiri dalam berternak sapi, tanpa ngaret. Silahkan bisa langsung di pratekan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "tata cara membuat pakan permentasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel