-->

Fungsi Dan Manfaat MOl Dari Rebung Bambu


Halo sahabat petani. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberika cara membuat MOl dengan bahan rebung bambu yang muda. rebung adalah merupakan tunas yang muda yang berasal dari akar bambu. rebung juga biasa di masak di jadikan sayuran, dan di buat masak santan, rebung juga di buat bahan membuat MOl. Rebumg mempuyai kandugan giberellin dan C organik sehingak bisa membuat perangsang pada tanaman. Rebung juga memiliki kandunga  Mikro organisme berpungsi, untuk azotobakter.

Pada kesempatan sore hari ini,  saya akan berbagi cara membuat Mol dengan rebung bambu muda, untuk pembuat Mol kita memerlukan bahan-bahan dan peralatan. untuk memulai peroses pembuatan mol ialah, bahan yang akan kita gunakan untuk membuat mol sebagai berikut ini.


BAHAN

1. Rebung bambu yang muda 1 kg
2. Gula merah bisa juga gula pasir 1 kg.
3. Air pesusan beras 7 liter.

CARA PROSES

1. rebong di bersihkan terlebih dahulu kulitnya, kemudian di iris-iris, terus di blender atau bisa juga langsung diparut dan di masukan kedalm wadah.
2. Gunakan gula merah, atau mengunakan gula pasir, campur dengan air cucian ber, larutkan gulanya dan aduk biyar merata.
3. Masukan air cucian beras yang sudah tercampur dengan gula tadi kedalam ember.
4. Jika bahan semua sudah masuk aduk-aduk bahan tersebut biyar bercampur secara merata, kemudia masukan kedalam drigen biyar lebih mudah untuk menutupnya.
5. Tutup drigen tersebut dengan penutupnya yang rapat.
6. Buka tutup drigen satu hari satu kali gunanya untuk menghilangkan gas yang di dapat dari dringen tersebut.
7. Bisa juga dengan cara tutup drigen di kasih lubang dengan ukuran selang, masuka selang sampek paras atas Mol, untuk uju selang yang lain di masukan kedalama botol dengan di isi air 3/4 masukan selang hinga kedalaman air untuk menghilangkan gas.
8. Maka dengan mengunaka cara demikian tidak usah lagi membuka tutup ember tersebut.
9. Porses membuat Mol dengan rebung bambu ini selama 2 minggu,  jika Mol berhasil akan berbau seperti tape. Jika mol sudah 2 minggu dan berbau seprti tape maka Mol bisa di aplikasikan.

 CARA PENGGUNAAK MOL

1 liter Mol,15 liter air, masukan kedalam kompersor semprot kan ketanama ratakan dahunnya.
Untuk membuat kompos, 1
liter Mol, 10 liter air, campurkan dan kemudian sirami bahan yang akan di buat kompos dengan rata.

Silakan mencoba dan bisa langsu di praktekannya.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Fungsi Dan Manfaat MOl Dari Rebung Bambu"

  1. kebetulan saya bikin artikel teknologi pada pertanian,, hahaha mudah-mudahan bisa colab bareng bikin artikel ya omm,, monggo mampir lastyoungboy.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel