-->

CaraTernak Burung Kacer Yang Baik

Cara Ternak Burung Kacer Yang Baik
Untuk anda yang gemar atau hobi berternak burung kacer, pada artikel ini saya akan mencoba membuat langkah langkah cara berternak burung kacer yang baik. Sekiranya anda dalam masalah perternakan merasa kesulitan kalian sudah tepat membaca artikel ini pada artikel ini sudah di sediakan berbagai langkah berternak bahakan sekaligus cara pembuata  pakan.

Burung kacer merupakan burung kicauan pada saat ini sangat banyak di gemari oleh para pecinta burung, biasanya burung kacer di buat aduan suara sebagai lomba kontes burung. Maka tidak heran harga burung ini sangat mahal. Maknya sekarang banyak orang yang berternak burung kacer ini.

Burung kacer ada 3 jenis yang di ternak. Di antaranya yaitu:

Jawa kacer, kacer pocikacer, dan blorok

Sebenarnya berternak burung kacer ini bisa terbilang sangat mudah tetapi jika sudah tau langkah langkahnya hhh. jika anda sangat berminat berternak burung kacer dan masih merasa kesulitan atau belom tau sama sekali caranya mari di baca hinga selesai pada artikel ini, agar tau cara-caranya secara detail dan bisa berhasil.

Langkah pertama dalam berternak burung kacer yaitu penempatan kandang atao lokasi

Untuk membuat kandang kacer, yang paling utama anda harus mempunyai lokasi terlebih dahulu. Kami sarankan agar anda mencarai lokasi kandang burung kacer. Anda bisa mencari lokasi kandang yang jahu dari hewan predator juga maling. Karena akan menjadikan halangan bagi anda dalam berternak burung kacer.

Anda bisa membuat kandang di dekat rumah bisa di samping, atau di belakng rumah. dengan hal ini juga sangat berguna untuk bisa pengawasan pada burung. Dan kami sangat sarankan pembuatan kandang usahakan yang ada ranting pohon, agar burung lebih nyaman dan merasa sperti di hapitat aslinya.

Pembuatan kandang dan peralatan

Kalo anda sekiranya sudah medapatkan lokasi sekiranya sudah sangat cocok, maka langkah seterusnya pembuatan kandang ternak burung kacer. Untuk pembuatan kandang tergantung anda sendiri, bahan bisa apa saja sekiranya anda bisa membuat kandang ternak burung kacer. Tetapi pada umumnya  bentuk kandang persegi empat, sebgai mana biasanya bawah kandang di buat dari bambu, dan dinding bisa dengan caring untuk atap bisa mengunakan seng.

Dalam kandang anda juga harus memberikan ranting sebagai mana agar di buat tengkringan burung. Jika sekiranya kandang ada pohon maka anda bisa gunakan sebagai tengkringan untuk burung kacer. Agar buring terasa nyaman seperti hidup di hapitat aslinya.

Untuk peralatan yang di butuhkan oleh burung yaitu tempat minum, tempat makan, cantolan buah tempat kroto, sapu, dan anda bisa siapkan anda butuhkan.

Mepersiapkan Indukan Kacer

Jika pembuatan kandang ternak burung kacer sudah siap maka langkah selanjutnya anda membeli burung di toko burung atau di penjual ternak burung kacer. Agar bisa mendapatkan keturunan burung kacer yang baik anda bisa memilih indukan kacer yang berkualitas. Jika sekiranya anda merasa kesulitan dalam memilih indukan kacer yang baik maka pada berikut ini akan kami berikan ciri-ciri burung kacer yang berkualitas.

1. Kondisi kacer tidak cacat fisik.
2. Gerakan kacer sangat gesit.
3. Kacer berbadan besar dan panjang.
4. Mata kacer terlihat bersih dan telihat tajam.
5. Carilah indukan kacer yang sudah pernah kawin sekitar usia 10 bulan.

Jika anda sudah dapat burung kacer dengan ciri-ciri seperti di atas, maka kalian bisa langsung beli. Dan bawa pulang kerumah fan taruh di dalam kandang yang sudah anda buat.

Pemberian pakan kacer

Pakan sangat lah penting untuk kebutuhan makluk hidup,  termasuk burung kacer. Jika burung anda menginginkan lebih cepat masa pertumbuhannya, maka anda bisa memberikan pakan burung kacer yang berkualitas.

Untuk pemberian pakan kalian harus meberikan pakan yang banyak mengandung protein. Apalagi jika sudah meneras maka indukan sangat perlu di berikan makanan yang berkualitas. Untuk pakan burung biasa di berikan seperti voer, kroto, jangkir, ulat, belalang, dan lainya yang memilik banyak kandungan protein yang banyak.

Masa mengawinkan kacer

Langkah selanjutany mengawinkan indukan betina dengan kacer jantan pada masa mengawinkan sangatlah mudah, anda harus mempersiapkan satu kandang yang berukuran kecil. Kemudian anda masukan indukan jantan dan indukan betina kedalam kandag tersebut

Biyarkan keduanya melakukan perkawinan. pada masa perkawinan tidaklah lama kalo indukan kacer sudah waktunya masuk pada waktu perkawinannya. Pada waktu 10 bulan.

Pada Saat Bertelur Dan Pengeraman

Jika indukan kacer sudah kawin, maka saatnya indukan betina siap bertelur. Telur burung kacer biasanya dengan jumlah 2-3 pada masa satu periode musim bertelur pada ternak kacer. Untuk pada saat periode selanjutnya perkawinan sebelom bertelur harus di berikan tulang sotong. Kenapa harua tulang sotong karena untuk membentuk cangkang telur.

Kalo indukan kacer sudah bertelur, maka proses sterusnya ialah pengeraman, untuk proses pengerama mebutuhkan lebih kurang sekitar2 minggu, dari waktu mulai telur keluar dari indukan betina kacer. Kalo 2 minggu telur sudah menetas maka anda bisa memberikan pada indukan makanan kroto. Agar indukan bisa memberikan makan pada anaknya yang baru menetas tersebut.

Merawat piyik kacer

Jika telur sudah menetas maka langkah selajutnya merawat piyik kacer. Untuk perawatas bisa harus di lakukan secara benar. Karena jika anda salah dalam melakukan perawatan maàka akan menyebabkan kematian pada piyik kacer.

Baca juga: cara budidaya puyuh

Untuk cara perawatan pada piyik kacer sebagai berikut:

Piyik yang baru berusia 1 minggu, maka piyik sudah bisa anda pisah dari indukkanya dari sangkar yang lain. Pada saat pemindahan harus di lakukan secara perlahan karena piyik yang masih baru usia 1 minggu masih sangat rapuh pada tulangnya. Agar piyik yang sudah di pisahkan dari indukanya tidak kedinginana pada waktu mala atau pada musim hujan makan anda harus mepersiapkan tutup bisa dengan mengunakan kain yang kering sebgai tutup piyik agar tubuhnya selalu hangat. Jika piyik sudah berusia 2 minggu maka anda bisa memberikan pakan dengan melolohkan dengan di campur dengan air kemulut piyik.

Untuk pakan piyik kacer bisa anda berikan wur yang halus dan dihaluskan lagi dengan menyampurnya dengan air.

Sampai jumpa di sini dulu pertemuan kita kali ini pada artikel kalini dengan judul Cara Ternak Burung Kacer Yang baik. Dan sampai jumpa kembali pada artikel paduan kami yang selanjutnya dengan judul yang berbeda. Trimaksi atas kesempatan waktu anda yang telah membaca artikel ini terima kasih kami ucapkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Responses to "CaraTernak Burung Kacer Yang Baik"

  1. Sama-sama semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Mahal mas di tempat saya burung ini bermanfaat buat saya ternak burung ini hehe

    ReplyDelete
  3. mantul kali blog mu pak ,,,,

    ReplyDelete
  4. saya punya burung cendet bos sangat galak dan binal sekali, udh umur 6 bulan kyknya dan maksud hati mau jual krn gk sempet urus, videonya juga ada harga 500rb.
    saya admin REDSOBEK.COM
    ditunggu komen panjang balik ya

    ReplyDelete
  5. Trimakasi tips nya. Sayang saya kurang suka pelihara burung ocehan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel