-->

Cara Membuat Fermentasi Gedebok Pisang Untuk Pakan Ternak

Cara Membuat Fermentasi Gedebok Pisang Untuk Pakan Ternak
Untuk cara membuat pakan ternak fermentasi dengan bahan gedebok pisang yang kaya nutrisi, gedebok pisang sebutan bahasa jawa atau biasa di kenal dengan nama batang pisang. tak disangka bukan, dari bahan limbah dari kebun pisang terdapat bahan pakan yang melimpah. Kebanyakan para pembudidaya tanaman pisang hanya di biayrkan membusuk dengan bekitu saja setelah di banen buahnya. Pada umumnya dari nilai ekonomis dari gedebok pisang hanya sebagai pengolahan bahan baku pembuatan tali untuk indurti sofa.

Berkat dari berbagai peneliti sudah mengetahui manfaat lain dari gedebok pisang yang dapat diproses sebagai pakan ternak dengan di buat fermentasi. Memang masih para peternak di indonesia yang masih jarang mengetahui dari manfaat juga kandungab nutrisi pada batang pisang ini sebgai penganti makanan ternak sperti  sapi, kambing, kelinci,

Dari penelitian kandungan dalam batang pisang yang terdapat yang di ketahui memiliki kandungan nutrisi yang komplit sebagai pakan pengganti pakan ternak. Dari komposisi rata-rata nutrisi dalam bayang pisang diantaranya: untuk bahan kering BK 86, 7 persen abu 26, 12 persen, lemak kasar LK 15,22 persen, serat kasar SK 28, 40 persen, protein kasar PK 3persen termasuk asan amino, amine nitrat, mengandung N, glikilipida ekstrak tanpa nitrogen BETN 27,15persen sudah termasuk karbohidrat, gula juga pati.

Dengan sudah diketahui kandungan nutrisi pada bayang pisang, pasti kebutuhan pakan ternak bukan suatu gendala bagi para peternak, memang jumpalh protein kasar pada gedebok pisang tidak terlalu banyak,  tetapi dicampur dari bahan lainnya seperti bekatul, bungkil kelapa, ampas tahu atau dari limbah dari bahan kedelai, dan ditambahkan dengan fermentasi maka mampu meningkatkan protein kasar pada batang pisang.

pakan ternak dengan memanfaat kan limbah sudah sering di buat oleh para peternak dengan sebutan fermentasi. Untuk fermentasi merupakan proses pemecahan senyawa organik menjadi sederhan yang melibatkan mikroorganisme untuk tujuan menghasilkan suatu produk yang mempuyai pertimbuhan mikroba kontaminan.

Dari kelebihan pakan fermentasi gedebok pisang yang kaya nutrisi.

Sebagai memperbaiki sistem pencernaan hewan ternak. Menigkatkan produksi susu. Dan bobot ternak akan semakin cepat bertambah dengan secara alami, gemuk juga sehat. dan akan semakin bertambah nafsu makan ternak. Daging akan berisi serta rendah kolestrol. Dan ternak juga kebal dari penyakit. Dan kotoran tidak ada bau sehinga tidak menggangu lingungan. Kotoran dan urin tambah sedikit dan bisa di buat pupuk kandang.

Untuk Cara Membuat Fermentasi Gedebok Pisang Untuk Pakan Ternak

1. Pertama pohon pisang dipotong-potong kecil atau dicacah-cacah.
2. Kemudian masukan gula dan mengunakan soc kedalam air 1 liter.
3. campur bahan utama yaitu pohon pisang yang sudah dicacah cacah, masukan lagi ampas tahu, bekatul.
4. larutan yang ber isi air gula dan soc tadi aduk hinga merata dan biyarkan selama 15 menit.
5. Seterusnya larutan tersebut masukan kedalam air 10 liter lalu sirmakan pada bahan yang  buat fermentasi tersbut secara merata.
6. Aduk bahan fermentasi tersebut, yang baru disiram dengan larutan tadi secara merata.
7. Kemudian masukan bahan fermentasi kedalam wadah yang besar seperti durm palstik kemudia tutup hinga rapat, agar kehendap udara selama kurang lebih 1 hari 1 malam.
8. Jika sudah buka pakan fermentasi diamkan 1 jam sesudahnya sudah bisa di berikan pada ternak anda.

Perlu di ketahui agar ternak bisa menyukai pakan fermentasi

Terlabih dahulu ternak di berikan pakan fermentasi secara sedikit demi sedikit lama kelaman ternak akan mengenak dengan pakan fermentasi akan lahab prose ini biasanya tidak lama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Membuat Fermentasi Gedebok Pisang Untuk Pakan Ternak"

  1. Hanya ada di DEWALOTTO memberi anda bisnis nyata tanpa modal besar bisa dapatkan uang jutaan bahkan puluhan juta loh penasaran yukk silahkan langsung saja...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel