-->

CARA BERTERNAK LELE BIYAR CEPAT MENGUNTUNGKAN


berternak lele adalah suatu bisnis yang sangat menguntukan, yang bisa di manfaatkan. Di manan, ikan lele adalah salah satu ikan yang sangat di minanti oleh semua masarakat di indonesia. Bisnis berternak lele suatu bisnis yang tidak terlalu sulit, karen ikan lele bisa mudah di dapati, dari segi berawatannya juga tidak terlalu sulit, di banding dengan jenis ikan lainya, jika kamu berminat inggin berternak ikan lele, dan masih bingung untuk memulainya, maka kalian bisa ikuti langkah-langkah pada berikut ini:

Langkah awal, perlu memper siapkan lahan tempat kolam ikan lele,

Didalam berternak ikan lele yang perlu di siapkan ya itu kolan, untuk pembuatan kolan bisa dengan mengunakan tanah, terpal, atau dengan kolan semen, untuk pembuatan kolan di sarankan dengan ukuran yang besar, untuk mengurangi risiko kematian ikan lele terlalu banyak, di karenakan kekurangan oksigen, setelah kolan di isi dengan air, biyarkan terlebih dahulu agar ada pembentukan subuah lumut, jika warna air sudah mulai menghijau maka bibit ikan lele bisa di tebarkan dedalam kolam tersebut.

Lakah kedua, dalam berternak ikan lele, yang baik dengan cara memilih bibit yang unggul.

Berternak ikan lele dengan hasil yang baik. maka perlu memilih bibit yang unggul, agar tidak mudah terkena peyakit, besar, dan sehat, untuk mengetahui bibit lele yang unggul adalah, lele terlihat gesit, juga terlihat terang lele sangat agresif pada saat di berikan makan lele dengan besar yang sama.
Lakah ketiga, memisahkan ikan lele, yang besar dengan yang kecil.

Ikan lele iayalah jenis ikan kenabilan atau ikan yang suka makan sesama jenis. maka untuk itu, agar mengurangi angka kematian ikan lele terlalu banyak. Maka ikan lele yang besar di pisahkan dengan yang masih kecil, dengan demikian maka tidak merasa kuwatir lagi ikan lele memakan sesama jenisnya. Dengan melakukan demikian bisa mempercepat masa pertumbuhan ikan lele yang kecil, karena sekarng jatah pakannya sudah seimbang.
Langkah ke empat, untuk berternak lele  yang baik, untuk pemula perlu di kethuai cara penebaran bibit lele

Penebaran bibit lele yang sangat berresiko iyalah, penebara bibit dengan secara langsuk di masuka didalam kolam dengan secara pebarengan. hala ini sangat berresiko pada bibit lele menjadi stres, maka akan menggakibatkan kematian pada bibit lele. Untuk penebara bibit lele yang efekti ialah dengan cara memasuka bibit lele kedalam ember, kamudian ember  di masuka kedalam kolam,  diyamkan ember di dalam kolam selam 30 menit, biyarkan bibit lele keluar dari ember dan masuk kedalam kolam dengan sendirinya. Penebaran bibit lele yang baik dengan waktu pagi atau pada malam hari. Karena dengan waktu tersbut bibit ikan lele akan lebih tenang.

Baca juga:Cara budi daya ikan patin dengan cepat

Lagkah ke lima, memepr hatikan air kolan yang baik untuk lele

Ikan lele sangat suka dengan air yang berwarna hijau, air yang berwarna hijau termasuk air yang bayak lumutnya, ternyata ikan lele mampu bertahan hindup di air yang keruh juga, jika ikan sudah menhinjak dewasa atau waktu masa panen, kebayakan air kolam ikan lele akan berubah menjadi gelab kehitaman, ikan lele kurang suka dengan air yang bersih, karena air dari sumur mengandungi zat kapur, kalo langsung di tambahkan kedalam kolam ikan lele.

Langkah ke enam, kedalemannya kolam

Air kolam ikan lele bisa berkurang karena penguapan, maka perlu di perhatikan. pada saat air kolam ikan lele terlihat menyusust maka air harus di tambah, kedalaman air kolam ikan lele yang pertama pada saat penebara bibit air berkisaran 20 cm, pada bulan perikutnya lele sudah mulai berkembang air kolam ikan lele berkisaran 40 cm, hinga air kolan berkisaran 80 cm, pada bulan sterusnya. Jangan air kolam ikan lele terlalu dangkal, karena bisa menyebapkan air kolan menjadi panas sehinga ikan tidak tahan maka bisa menyebapkan mati. tambah kan tanaman sperti encek gondok atau tales, maka kolam akan menjadi sejuk.

Langkah ke tuju, memberi pakan pada ikan lele yang tepat

Pada saat pemberian pakan ikan lele harus secara teratur, ya itu harus tepat pada waktu setiap harinya, ikan lele biasannya di berimakan satu hari tiga kali, pagi siang sore, pada waktu pemberian pakan ikan lele pada waktu pagi jam 7 siang jam 12 sore jam 5, usahakan pemberian pakan tepat pada waktu. Dalam proses pakan ternak lele, kalian bisa mengunakan pakan jenis kosentrat, 781-1 yang di dalamnya mangadung nutrisi yang dibutuhkan ikan lele, pemberian pakan jangan terlalu banyak maka malah bisa menyebabkan peyakit karena akibat pengedapan pakan yang tidak di makan oleh ikan lele.

Langkah ke kedelapan, penyegahan timbulnya hama dan penyakit pada ikan lele

Dengan datangnya hama sangat pengaruh pada hasil produksi menjadi menurun, maka akan menjadi hambatan pada peternak lele. Untuk penyegahan terjadinya hama memasuki kolan ikan lele bisa di berikan penghalang, agar hewan liar tidak masuk ke dalam kolam ikan lele. untuk penyegahan sebelum tinbulnya peyakit pada ternak ikan lele bisa di berikan obat peyegah penyakit lele, bisa di beli di toko perikanan.

Lagkan ter akir yang ke sembilan, pada saat panen

Berternak lele sudah bisa di panen dengan jangaka waktu tiga bulan, untuk pemanena ikan lele bisa di sortir sekiranya ikan lele sudah layak di konsumsi, atau yang berukuran  sekitar 4-6 ekor per kg, atau dengan ke inginana pada pembeli.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "CARA BERTERNAK LELE BIYAR CEPAT MENGUNTUNGKAN"

  1. sangat rekomendasi nih buat yang mau usaha lele

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan bagi siap saja yang ingin budidaya lele biyar bisa baik silakn di pelajarinya

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel