-->

CARA BERTERNAK SAPI POTONG AGAR CEPAT GEMUK



ternak sapi adalah suatu usaha yang bisa menjajikan, berternak sapi semakin di gemari oleh semua masarakat di sekitaran perkampungan kebanyakan.  Berternak adalah pekerjaan yang bisa di bangakan karena dengan ke untungan cukup baik. dan masih banyak lahan penempatan kandang juga pakan yang mudah bisa di dapati dari mulai hijuan atau dari limbah panen padi jerami. di dalam negeri tercinta ini jumpalh produk daging sapi masih belom bisa menutupi kebutuhan masyarakat lokal.

PAKAN

didalam metode cara peternak sapi yang bagus akan secara cepat perkembagan nya juga akan mengahasilkan dagi yang baik, harus menjaga dari pola pakannya dan kesehata sapi dari hasil pakan yang di kungsumsi yang baik mengandungi proteni akan membuat sapi menjadi sehat.

pakan adalah hal yang terpenting dalam hal berternak kan. pakan adalah faktor utama di dalam pengemukan. untuk di dalam keberhasilan berternak maka dari itu pakan juga harus di jaka dari jenis pakan sapi ada dua ya itu hijuan serta kosentrat. pakan dari hijuan yang paling murah juga mudah di dapat. tetapi kalau di kasih makan selalu hijuan ini kurang memberi hasil yang oktimal dalam penggemukan. membutukan wkatu yang sangat lama kalo hanya makan hijuan saja.

maka dari itu harus ada pakan yang kombinasi dari hijuan jugak kosentrat. kosentra tersebut bisa dari bahan di antra dari ampas tahu, bekatul, ampas tebu, bir kulit, biji kedelei, atau kosentrat yang di buat oleh pabirk pakan. berikan kosentrat tersebu agar mendapatkan mikrobia rumen, sehingga ketika pakan hijuan masuk rumen mikrobia rumen sudah siap di aktifkan pencernaan hijuan.

                    EMBUATAN KANDANG

pembuatan kandng jangan terlalu jahu dan juga jangan terlalu dekat dengan rumah,  minimal jara kurang lebih 10 meter.
dan usahakan atap kasih entalase esbes yang terang agar matahri bisa masuk kedalam ruangan kandang, biyar kandang tidak menjadi lembab.

di dalam pembuatan kandang ada dua unsur dengan membuat kandang yang berbentok ganda atau tunggal, pembuatan kandang bisa tergatung dengan jumpalah sapi yang akan di isi, kandang yang berbentok ganda bisa dibuat dengan berhadapa samping kanan dan di samping kiri tengan di buat jalan kasih makan, kalo yang tunggal hanya satu baris.

lantai gunakan cor degan semen yang padat biyar tidak mudah pecah, dari ukuran latai depan dan belakang berbandingan 5 senti, dri belakang. jangan terlalu miring karen akan mengangu kenyaman sapi kalo ter lalu miring.

UNTUK UKURAN KANDANG SATU EKOR SAPI DEWASA.

panjang : 3,30 meter.
lebar : 1,5 meter.
tingi wadh pakan : 80 senti meter.
lebar wadah pakan : 60 senti meter.
dalam wadah pakan : 40 senti meter.

MEMILIH JENIS SAPI

ada 5 jenis sapi potong untuk di jadikan bakalan usaha penggemuka sapi potong di indonesia sebagi berikut ini:

  1.  sapi lemosin. yang mempunyai warna hitam juga ada warna putihnya sediki merah kebataan. kepalannya agak moncong postur badannya sangat besar yang bisa menghasilkan danging yang tinggi.
  2. sapi madura. mempunyai punuk, yang berwarna kuning. terkadang juga ada warna puti di moncongnya, sapi madura ini dari postur kecil dan pendek. 
  3. sapi brahman. ada yang berwarna merah cecoklatan dan juga ada merah bata di kepala ada marna putih. sapi brahman ini perkembangnya sangat cepat, maka orang indonesia bayank yang menernaknya. 
  4. sapi ongole. yang berwana putih juga hitam di beberapa bagian tubunya sapi ini sangat penurut sapi ini silangkan dengan sapi madura dari hasil peraknanya maka di sebot sapi ongole.s
  5. api Bali. adalah mempunyai warna merah dan juga putih di sebagain kakinya hinga kelutut, dan sapi bali ini sangat cepat beradaptasi dengan lingkungan.


seblom memulai berternak sapi memilih bakanla merupakan faktor terpenting dalam memilih bakalan pengemukan usaha sapi ternak. agar mendapat dari usah yang bisa mejadi maksimal.
untuk memilih bakalan yang baik ada beberapa ciri cri tersendiri ya itu sebagai berikut ini:


  •  tubuh kurus tapi tidak sakit, ranga tulang menincol. 
  • sapi yang masih berumur 2,5 thun.m
  • emilih sapi yang jantan.b
  • entuk tubuh yang panjang dan tingi
  •  pandangan matanya bersih.
  • Kotoran normal.


demikian tadi untuk memilih pembibitan yang baik selatam berternak semoga sukses..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA BERTERNAK SAPI POTONG AGAR CEPAT GEMUK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel