-->

CARA MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR DENGAN URIN SAPI

seorang petani sebenrnya sangatalsh mudah jika bisa mengaplikasikan. ibaratkan satu tujuan bisa membuat bermacam macam hal, salah satu petani peternak sapi mempunyai fungsi yang sangat besar, kenapa karena dari penghasilan ternak yang di dapat mempunyai hasil yang luar bisa, di samping dari penghasilan yang di dapat dari ternak ada juga yang bisa di manfaat kan yaitu dari kotorannya jika di aplikasikan akan bisa mendapatak penghasilan. salah satunya URIN.

 urin sangat berpotensi jika diaplikasikan di jadikan pupuk cair organik di gunakan untuk tanaman. urin sangat berpungsi untuk zat pengatur tanaman.
sudah banyak ujicoba dilakukan dalam penyemprotan tanaman dengan mengunakan urin sapi, dan hasil dari penyemprotan yang di peroleh sangat bagus, dan hasilnya memuaskan. urin sapi sebagai pupuk organik yang mempunyai kandungan amonia yang tinggi, maka dari itu dalam pengunaan urin yang terlalu banyak akan menimbulkan tanaman menjadi mati. maka dari itu sebelum urin di semportkan ketanaman harus melalui beberapa proses terlebih dahulu. di dalam artikel ini saya akan share untuk cara memproses urin yang akan bisa menjadi pupuk organik cair.
dengan beberapa bahan yang di butuhkan, ikuti terus porsesnya pada berikut ini:

CARA MEPROSES URIN MENJADI PUPUK ORGANIK CAIR

1. urin sapi 20 liter. yang sudah bersih dari kotoran sisa sisa pakan.
2. tetes tebu 1 liter. kalo gak ada bisa diganti dengan gula pasir.
3. air rendaman kedelai 250 ml.
4. dan empon-emponan seperti lengkuas, jahe, kencur, kunyit, gunakan salah satu dari bahan ini sebanyak 1/2 kg.
5. air sebanyak 2 liter.
6. bakteri dekomposer mengunakan EM4

PORSES

empon-emponan tersebut tumbuk sampek halus dan rebus dengan air 2 liter hinga mendidih dan diyamkan sampek dingin, campur urin sapi dengan emponan tadi yang sudah dingi, dan masukan tetes tebu atau bisa dengan gula pasir, masukan air rendaman kedelai tambhkan  dengan bakteri dekomposer. EM4
jika semuabahan sudah masuk dalam wadah aduk hinga merata, usahakan dengan mengunakan wadah dringen karena dengan wadah dringen kita mudah menutupnya, pastikan sudah tertutup rapat. dan diyamkan selama 3 minggu. hindarkan dari sinar mata hari.
buka tutup 1 kali setiap hari untuk membuang gas yang di hasilkan dari wadah. jika sudah mencapai 3 minggu makan proses permentasi sudah bisa di aplikasikan ketanaman dengan mengunakan penyemprotan.

KELEPIHAN DARI PUPUK CAIR URIN SAPI

keistimewaat dari pupuk urin sapi mempuyai kelebihan tersendiri yang tidak ditemui pada kelebihan pupuk lainya. apa saja kelebihan dari pupuk urin sapi tersebut?.
  • memiliki zat yang berfungsi untuk pengatur tumbuhan.
  • mempunyai kandungan kimia sperti netorgen fosfor kalium, air lebih banyak dibanding dengan kotoran sapi yang padat.
  • aroma urin bisa menyegah datangnya hama dan juga penyakit pada tumbuhan.


PERANGSANG PADA PERTUMBUHAN AKAR

untuk perangsan pada pertumbuhan akar, dengan pupuk organik cair dengan merendam pada benih / biji,  atau dengan akar bibit juga bisa di rendam dengan pupuk organik cair sebelom di tanam.

untuk merendam biji atau benih sebelom disemai, dengan mengunakan pupuk organik cair dengan menyampuri air dengan kadar 10% atau berbanding 1:10

utuk merndam akar bibit  yang akan di tanam, harus dengan kadar yang sama, dengan waktu 10 menit saja sudah cukup.

demikian ini cara membuat pupuk organik cair dari urin sapi selamat mepratekan dan semoga berhasil aamiin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR DENGAN URIN SAPI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel