-->

Panduan Ternak ayam Kampung agar Cepat Untung

Ayam kampung merupakan jenis unggas yang sering di jumpai di perkampungan yang hampir di pelihara  di setiap rumah Sebagai sampingan, ayam kampung di pelihara tidak secara intensif,  tidak seprti umumnya peternak ayam kampung lainya yang berlumba lumba.

Ayam kampung di pelihara di lepas bebas untuk mencari makan di alam bebas, terkadang di berimakan kalo ada sisa-sisa makan yang lebih sperti nasi atau makan lainya, dan di masukan kandang pada sore hari. 

Sekarang ayam kampung sudah mulai di gemari oleh para masarak,  untuk di manfaatkan danginya dan juga telurnya, karena ayam kampung mempuyai keistimewaan tersendiri di banding kan ayam lainny, ayam kampung mempuyai daging yang sang lesat saat di mask matang, dan telur ayam kampung juga mempuyai kasiah khas untuk kesehatan bandan manusia. 

Ayam kampung kebannyakan para masarakat di pelihara dengan secara tardisional untuk di konsumsi sendiri. sebenranya ayam kampung ini bisa di buat ternak yang moderen sperti ternak pada umumnya sekarang ini. Usaha ternak ayam kampung kini semaki menjajika ke utunganya.

Untuk para masarakat yang inggin belajar berternak ayam kampung, pada kesempatan hari ini saya akan bemberikan cara berternak ayam kampung agar cepat untung. untuk cara berternak ayam kampu adalah sebagai berikut ini:

Sebelom melangkah pembahansan yang utama perlu di ketahui jenis- jenisnya ayam kampung.

Jenis-jenis ayam kampung 

Ada beberapa jenis ayam kampung di indonesia yang sudah cukup terkenal diantara lain iyalah: ayam nunukan, ayam kedu, ayam bangkok, ayam pelung, ayam sumatera, ayam belenggek, ayam arab, ayam samba, ayam gaok, dan masih banyak lagi lainnya.

 Ada tigak cara dalam berternak ayam kampung diantaralain ialah: 

1. Berternak ayam kampung dengan cara  tradisional ini sangat banyak di lakukan oleh para peternak ayam kampung di indonesia, dengan sistim ini bisa di sebut dengan sistim umbaran, yang di sebut ternak ayam, yang di biyarakan bebas tanpa kandang, ternak ayam dengan sistem tradisional lebih bannyak di lakukan di daerah pedesaan, karena dengan lahan yang masih luas. berternak hanya di buat usah sampingan, dengan demikian mereka tidak bekitu meperhatikan meperhitumgkan ekonimi.

2. Berternak ayam dengan cara intensif, ya itu ayam masih tetap di umbaran tetapi ayam di dalam ruanga dengan batas pagar yang di berikan, dan di buatkan tempat tingal untuk beristirahat dan tempat berteduh. Dengan cara sperti ini sangat efektif karena mudah untuk pengawasan, dan masih di beri kebebasan dalam berkatifitas, juga masih bisa mencari makan dengan secara bebas.

3. Berternak ayam dengan cara intensif, dengan ayam di kurung selama 24 jam, dengan cara seperti ini kurang efektif kalo di lakukan dalam berternak ayam kampung, karena akan mepengaui perkembangannya, cara ini cocoknya di terapkan  ternak ayam bertelur atau ayam potong.

CARA TERNAK AYAM KAMPUNG SEMI INTSNSIF

Berternak ayam kampung sesunguhunya sangat mudah di kerjakan karena tidak memperlukan penaganan khusus, hannya ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, untuk pengertian cara berternak ayam kampung dengan baik adalah sebagai berikut ini: 

CARA PENEMPATAN LAHAN DAN KANDANG TERNAK AYAM KAMPUNG

Lokasi kandang dengan tenpat tigal berjarak sekitar 11 meter, kandang selalu tetap bersih dan kering tidak boleh lembab, dan di berikan pagar, kalo bisa sinar mata hari bisa memberikan cahaya terang di dalam kandang, biyar kandang selau kering dan tidak lembab, dan tempat untuk beristirahat pada waktu malam, haru berdinding agar  terhindar dari angin masuk.

CARA MEMILIH BIBIT AYAM KAMPUNG

untuk memilih bibit yang tepat dengan cara menetaskan telor sendiri berserta hinduknya, karena dengan menetaskan sendiri bisa mengetahui peranakan dengan hinduknya yang baik dan besar karen anakan tidak berbeda jahu dari hinduknya, bisa juga denga membeli bibit ayam dari DOC atau " day old chicken " tetapi dengan membeli bibit yang dari DOC, kamu harus tau bibit yang bisa berkuwalitas bagus.
Perlu kamu pelajari cara memilih bibit yang bagus dari DOC adalah sebagai berikut ini: 

. Di lihata dari segi kesehatan. 
. Lihat dari sorot matanya yang kelihatan bening.
. Ayam kelihatan lincah.
. Dari fisik nya tidak ada tanda-tanda yang cacat.
. Bulu kelihatan masih baik atau halus.

Memilih bibit yang baik sangat perlu dalam hal usaha berternak apa pun, karena sangat pengarug dengan perkembangannya. Dengan bibit yang baik akan menghasilkan yang maksimal.

PAKAN

Pakan juga sangat penting dalam usah peternakan karena pakan adalah paktor utama bagi perkembangan ternak ayam. Ayam juga memperlukan makanan yang mengadung nutrisi yang seimbang. 
Ada banyak jenis pakan yang bisa di berikan ayam kampung, diantarannya ialah kosentrat ayam, wor ayam sentra jangung, dedak atau bekatul, ayam masih bisa memakan makananm alami sperti rumput muda, sayuran, dan banyak lagi lainya.

CARA PERAWATAN  AYAM KAMPUNG

Berternak ayam kampung tidak seberapa perawatannya  dibandinkan berternak ayam lainya.
Ayam kampung terbilang lebih mudah dan menyenagkan  perawaatnnya, hanya sedikit pada saat umur ayam masih sekitar 15 hari memerlukan perawatan lebih.
Pada musim hujan ayam yang masih kecil meperlukan kehangatan, maka bisa di berikan lampu biyar hangat badannya, dengan usia yang masih muda bisa di berikan vaksin. Untuk menambah setamina kekebalan tubuh. Jika sudah mulai dewasa, kandang harus di perhatikan kebersihannya agar ayam tidak mudah terserang penyakit. Dengam kandang yang bersih makan ayam akan merasa fres dan sehat. 

CARA PENGENDALIAN PENYAKIT AYAM KAMPUNG

Ayam kambung sugah terbilang sangat kuwat dalam hal benyakit, tetapi benda hidup yang bernyawa pastinya juga masih bisa terkana benyakit, ada beberapa jenis benyakit yang sering menyerang ayam kampung di ataranya ialah: penyakit tetelo ND , penyakit cacing, berak kapur dan berak darah, penyakit gumboro, peyerangan penyakit ayam tersebut bisa di waspadai, untuk peyegahnnya adalah sebgai berikut ini:

- selalu membersihkan kandang dan lingkungan.
- senantiasa kandang baik.
- meberikan vitamin dan antibiotik pada masa pertumbuhan agar anak ayam memilik daya tahan yang baik.
- janga memberikan sisa makan yang sudah berbau basi.
- memberikan pakan yang banyak mengandung vitanin dan gizi.
- jahukan ternak yang sudah terkena peyakit.

PANEN

Berternak ayam kampung dengan cara tardisional baru bisa panen dan bisa memanfaatkan daginnya sekitar 7-8 bulan, sedangkan dengan cara semi intensif berternak ayam kampung bisa panen sekitar 3-4 bulan saja. perbandingan antara ternak tardisional denga ternak semi intensif sangat jahu, 

Kalo untuk memanfaatkan telur, berternak dengan cara semi intensif juga bisa lebih cepat hanya menungu sekitar 6 bulan saja ayam sudah maulai bertelur.
Kalo dengan cara tardisional ayam baru bisa bertelur sekitar 11-12 bulan.


Demikian lah ulasan cara ternak ayam kampung, semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca semua aamiiin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Ternak ayam Kampung agar Cepat Untung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel