-->

Cara Budidaya Ikan Bandeng Yang Baik

Cara Budidaya Ikan Bandeng Yang Baik
Ikan bandenga ialah merupakan ikan yang sangat banyak di konsomsi. Budi daya ikan bandeng kini sebagai usaha yang sangat menguntungkan, apa lagi semakin permintaan pangsa pasar semakin banyak.

Bandenga merupakan jenis ikan yang mempuyai daging yang lembut juga rasanya sangat gurih dan lezat.

Sayangnya, dengan tingginya minat  konsumen terhadap jenis ikan bandeng ini belom diimbangi oleh produksi dan produktifitas yang tinggi juga.

dalam Cara budidaya ikan bandeng juga harus memperhatikan kualitas bibit yang baik. Dengan adanya bandeng yang berkualitas, maka akan memperoleh hasil yang baik.

Berikut Cara Budidaya Ikan Bandenga yang harus diperhatikan agar mendapatkan hasil yang baik.

Mepersiapkan Kolam

 Budidaya ikan bandeng tentunya meperlukan lahan untuk kolamnya, penempatan kolam usahakan pada lahan yang sesuai dengan pasang surut air di antara 1.6 - 3.5 meter. Ketersediaan air segar juga mampu  mengatur komposisi garam untuk memperbiakan pada ikan bandeng. Lahan yang akan di buat kolam ikan bandeng dari tanah yang bertekstur layaknya tanah liat. Fungsinya ialah agar air lebih tahan lama.

Pemilihan Indukan

Pemilihan indukan bandek sangat perlu untuk di budidaya agar bisa lebih cepat peroses. Pada tahapan ini, kalian harus memilih indukan bandeng yang unggul dan baik. karena dengan indukan yang baik akan menpengaruhi penghasil yang bagus.

Penebaran Bandek

Pada saat ikan bandeng sudah siap inggin di tebar kedalam kolam maka harus memper hatikan pada saat yang tepat untuk Penebara ikan bandek, penebaran ikan bandeng harus di sesuikan pada kapasitas kolam yang di buat, dan cara penebaran juga dengan secara perlahan lahan, masuk kedalam kolam dan lepaskan ikan secara perlahan lahan dari wadahnya. Pada masa penebara yang lebih baik pada pagi hari atau sore hari sekitar jam 7 pagi kalo sore sekitar jam 5 , agar ikan tidak mengalami setres.

Proses Pemijahan

Untuk melakukan pemijahan pada ikan bandeng indukan. Proses ini ialah meper temukan ikan bandeng yang jantan dengan ikan bandeng betina untuk di kawinkan. Proses ini juga sangat penting dalam suatu usaha budidaya yakni pemijahan agar mendapatkan yang lebih dari awalnya. Pada proses pemijahan ini meperlukan kolam yang khusus agar memproleh hasil yang baik pada proses ini. Proses pengluaran pada sel telur terjadi sejak ikan jantan dan betina telah matang secara reproduksi.

Menetaskan Telur

Menetasnya telur ikan bandeng hanya mper lukan masa sekitar 24 - 27 jam saja untuk menetas. Maka telur telur yang menetas ini akan menjadi larva yang harus butuh meprhatikan yang lebih, larva ikan bandeng masih mepunyai makanan cadangan yang berupa kuningan telur, inilah yang dimaksut makanan yang alami pada ikan bibit. Untuk itu pada budidaya ikan yang masih larva tidak usah memberikan makan yang masih awal. Biasanya pemberian pakan sekitar 1 minggu.

Pemberian Pakan

Pada anakan ikan bandeng sudah sekitar 1 minggu, ini saatnya kalian memberikan pakan pada larva/anak ikan bandeng. Untuk pemberian pakan pada anakan pakan harus mempuyai kandungan nutrisi agar anakan bisa tumbuh secara sempurna dan juga sehat. Untuk meper cepat pertumbuhan pada anakan ikan bandeng alangkah baikanya di berikan pakan  berupa tepung gandum yang berprotein 30%  dan meneral. Proses ini sang baik di lakukan selam 9 minggu.

Memberikan Cairan organik

Tidak hanya di berikan asupan pakan saja. Tetapi kalian juga harus membrinya berupa cairan yang organik taburkan pada kolam atau tambak bandeng. Hal ini bertujuan agar ikan bisa memper oleh makanan secara alami.

Memelihara anakan

Pemeliharaan anakan ikan bandeng yang baik ialah dengan memperhatikan kondisinya dan tempat. Lokasi yang di jadikan sarang ikan bandeng sebagai budidaya ini tentu saja ialah tambak yang telah di buat. Tambak yang akan di buat untuk budidaya ikan bandeng perlu melalui peroses  ya itu dengan pengapuran juga pemupukan. Karena hal ini guna untuk agar tanah bisa mengluarkan planktong sebagai makanan alami anakan ikan bandeng. Jika hal ini sudah dilakukan hinga sudah genap 1 minggu maka anakan ikan bandeng sudah siap di pindahkan keloma pemeliharaan.

Taham pembesaran

Pada taham pembesaran anakan anakan ini sebagai mana kalian sebgai pembudidaya maka haru mempersiapkan tambak baru untuk hasil anakan anakan yang semakin besar, seprti halnya pada proses pembuaatn kolan yang pertama. Di butuhkan dengan tanah yang tekstur seperti tanah liat.

Memupuk

Yang di maksut pada tahapan ini dengan memupuk ialah memupuk pada kolam yang akan di jadikan tempat tumbuh dan berkembang biak. Biasanya keadaan dasar kolam retak atau pecah pecah, maka kalian perlu memberinya pupuk kompos sebanyak satu ton per hektarnya.

Proses Pengisian Air Bersih

Walopun kolam yang kalian buat bukan dari semen, tidak berati pemberian air juga harus sembarangan. Maka air yang akan di isikan ketambak juga harus bersih. Karena jika mengisi air yang keruh maka akan memper banyak kematian pada ikan.

Mengatasi penyakit

Setiap hewan selalu memiliki penurunan kondisi yang di sebabkan oleh penyakit. Adapun peyakit yang meneyerang sebagai faktor sperti bakteri, jamur. Untuk mengatasi dari serangan penyakit sedemikian maka kalian bisa memasukan antibiotik ke dalam kolam ikan bandeng. Pemberian antibiotik ini ialah untuk membarntas bakteri, dan jamur pada badan ikan bandeng.

Panen ikan bandeng

Jika tahapan demi tahampan sudah di lakukan dengan baik maka pemanena akan segera di lakukan dan dengan hasil yang melimpah dengan kualitas ikan yang sangat baik ikan terlihat sehat dan segar. Cara panen ikan bandeng bisa di lakukan dengan mengambil ikan yang besar. Jangan mengambil ikan bandeng yang usianya masih mudah. Dengan inilah makanya kalian harus memindahkan pada kolam yang baru.

Demikian ulasan Cara Budidaya Ikan Bandenga Pada Tambak selamt mencoba semoga bermanfaat bagi setiap pembaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Cara Budidaya Ikan Bandeng Yang Baik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel