-->

Cara Mengetahui Kambing Betina Birahi

Cara mengetahui Kambing Betina Birahi
Para sahabat petani, di kesempatan ini saya ingin berbagi pengalam di dalam dunia berternak lebih lebih berternak kambing, didalam ternak kita perlu tau berbagai maca hal, berternak tidak cukup kita memberinya makan saja. kita harus tahu kapan kambing ternak kita mintak kawin atau sedang birahi.

Kambing dara akan menunjukan tanda-tanda birahinya pada umur 10 bulan, tanda-tanda birahi ini akan bisa lebih cepat muncul pada kambing dara atau pun indukan dengan terbiasa di  berikan perawatan yang baik dan makan makanan yang hijuan dan obat-obatan juga pakan pendukung, perawatan dengan sperti di mandikan dan di jemur pada saat mata hari pagi. Untuk mengetahui kambing sedang birahi yaitu sebagai berikut:

Untuk mengetahui kambing yang birahi yaitu dengan cara kita mengamati tingkah laku kambing,  ada 2 tingkah laku yang biasa lazim, bisa kita amati ialah;
1. birahi biasa ialah kambing selalu mengembik ngembik, gelisah, dan ekornya selalu di kebas kebas.
2. birahi diam ialah birahi yang terlihat normal seprti biasa.

 dengan kondisi birahi diam ini biasanya akan mempermudah peternak untuk mengetahuinya bawah kambingnya sedang birahi, namun pada saat kambing birahi diam, peternak harus selalu memantau atau melihat kemaluan kambing.

Untuk melihat kemaluan kambing betina yang birahi ada 4 yang perlu kita ketahuai
1. Kemaluannya membengkak.
2. Jika  dipegan pada kemaluannya terasa hangat.
3. Pada Kemaluannya terlihat kemerahaan
4. Mengelurkan lendir bening pada kemaluannya.

Baca juga :Cara mengetahui kambing sudah bunting atau belom

Peringatan; pada masa birahi kambing hanya mempuyai waktu 17- 21jam, oleh demikian pada idealnya apabila dikandang di berikan satu pejantan yang siap mengawini dara atau indukan yang sedang birahi agar tidak telat masa birahinya. Kalo masa birahi telat harus menungu masa sikul birahi yang berikutnya, masa sikul birahi berikutnya selama 22 hari.

Terimaksi sahabat petani semoga dengan artikel yang singkat ini bisa menambah pengetahua ternak kita.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengetahui Kambing Betina Birahi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel