-->

Cara Menjadi Ternak Ayam Serama Yang Baik

Cara Menjadi Ternak Ayam Serama Yang Baik
Ayam serama dengan ayam kate hampir sama, tentu bagi anda yang sudah hafal dengan ayam serama sudah tidak asing lagi. Namu untuk pemula yang belom mengenal ayam serama pasti bingun membedakan ayam serama dengan ayam kate.

Dari segi berat dan ukuran tubuh, ayam serama tidak seberat ayam kate. Bobot ayam kate sekitar 500 Gram lebih, sedangkan ayam serama hanya berbobot 350 gram, ayam serama denga ukuran besar kepalan tangan orang dewasa.

Pada postur tubuh ayam serama dengan ayam kate juga berbeda. Dada ayam serama membusung, kalo ayam kate tidak. Pada saat ayam serama dadanya di busungkan sayap nya akan jatuh lurus kebawah.

Bahkan pada saat ayam serama sedang bergaya, kepalanya akan sampai ke ekornya. Dengan itu lah ayam serama sering di ikutkan untuk dalam kontes unjuk kebolhan bagi ayam serama.

Dari corak warna ayam serama  biasanya berwarna merah dan hitam. Berbeda dengan ayam kate dengan corak warna yang bervariasi.
Cara Menjadi Ternak Ayam Serama Yang Baik
Memelihara Ayama Serama

Ayam serama itu dengan postur tubuh yang mungil, tegap dan dengan dada membusung. Ayam serama ini asalnya dari negara malaysia ayam serama banyak di gemari di tanah air. Apalagi yang banyak di adakan kontes di kota kota besar. Maka banyak peluang pasaran ayam serama maka dari itu banyak peluang untuk usaha ayam serama ini.
Ayam serama yang sudah pernah menggikuti lomba harganya akan semakin mahal dibanding ayam serama yang belom pernah ikut lomba.

Dari pemeliharaan ayam serama dengan ayam kate sangat berbeda dengan postur tubuh yang mungil sangat menyulitkan pada saat akan mengawinkan ayam serama. Dengan kaki pendek nya sangat menyulitkan pada saat akan penetrasi ketikan mengawinkan betina. Pada saat akan mengawikan badan ayam serama di pegang agar bisa lebih mudah dikawikan. Bisa juga dengan beberapa pejantan agar persntasi kesuburan meningkat.

Ayam serama jantan dengan ayam serama betina

Walopun ayam serama mempuyai badan yang kecil mungil tapi memiliki libidot yang sangat besar. Pada saat usia 3 bulan ayam serama sudah belajar kawin. Dan saat usia 5 bulan maka dia sudah siap dikawinkan, masa yang paling tepat untuk pereproduksi sekitar 6/7 bulan.  Pada setiap hari ayam jantan mampu mengawini ayam serama betina ber kali-kali, maka dari itu dalam satu kandang ayam serama jantan dimasuki beberapa ayam serama betina.
Baca juga: Cara Ternak Ayam Batik Kanada

Produktivitas ayam serama sangat tinggi. Pada saat beberapa priode ayam serama mampu bertelur banyak, tetapi ayam serama tidak mampu untuk mengengkrami telurnya semua, dengan postur tubuh yang kecil mungil yang membuat ayam serama tidak mampu untuk mengram mi telurnya semua karena tubuh kecilnya tidak bisa membuat telurnya merata hangatnya. Oleh alngkah baiknya telur ayam serama dititipkan sebagian pada ayam indukan lainya atau dengan mengunakan alat penetas telur.

Pakan ayam serama

Untuk pakan serama tidak bekitu jahu berbeda dengan pakan ayam yang lainnya. Bisa dengan mengunakan pakan voer atau BR. Untuk pemberian pakan dengan voer dengan secara sedikit agar tidak kegemukan. Meras merah, jagung giling,  "seumber karbohidrat"  pakan jagung sebagai membantu pembentukan cangkang telur. Untuk itu sangat penting di berikan pada saat masa ayam betina memasuki reproduksi.  setiap satu atau dua hari sekali diberikan  jangkrik 3 ekor dalam satu porsi pakan. Di berikan makanana tau ge atau kecambah juga sangat baik pada masa ayam serama subur. Berikan vitamin E setiap hari. Makanan tambahan konsentrat juga sangat baik untuk menambah nutrisi.

Untuk menghasilkan ayam serama yang unggul diperlukan kawin silang dengan beberapa ayam serama lainnya. Ada juga yang disilang dengan jenis ayam lain agar mempunyai bentuk yang bagus.

Artikel terkait: Cara Ternak Ayam Joper Dengan Mudah

Kandang ayam serama

Kandang juga sangat penting untuk mendapatkan hasil produktivitas. Kandan harus bersih dan bisa membuat ayam nyaman. Agar ayam selalu sehat dan tidak gampang sakit, kandang jangan sampek terkena air hujan. Kandang juga harus selalu dibersihkan kotoranya setiap hari. Tempat pakan dan minum juga harus selalu dibersihkan dan ganti air minunya setiap hari.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menjadi Ternak Ayam Serama Yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel