-->

Cara Menjadi Ternak ayam kate Yang Baik

Cara Menjadi Ternak Ayam Kate Yang Baik
Dari jenis apapun unggas ialah pada saat di pelihara walopun hanya sekedar hobby  dengan bertujuan untuk mendpatakan penghasilan. Tetapi pada saat kita memelihara belom bekitu tau caranya , untuk itu kita harus tau cara memelajari agar pada saat akan memulai tingal mengetarpkannya.

Ayam kate ialah sejenis unggas dengan kata gori ayam bantam. Ayam kate bantan yaitu dengan ciri-ciri postur tubub kecil dan pendek. Pada jenis ayam kate ini pada mulanya berasal dari inggir yang di temukan pedagang Eropa pada abad yang ke 17 di pelabuhan di pulau jawa bernama bantam, jaman dulu terkenalnya karesendenan bantam. Dan salinitu ayam kate ini telah di kelaim menjdi ayam yang terkcil di dunia.

Ayam kate memang dari fisik sangat berbeda dengan ayam kampung pada umumnya, dari postur tubuhnya yang kecil dan pendek tentu berat badanya lebih kecil dari ayam lokal lainya. Tapi dalam memelihara ayam kate juga sama dengan jenis ayam lainya  yang suka di ubar daripada dikandangkan.

Ayam kate sudh termasuk ayam hias

Pemeliharaan ayam kate kebanyakan untuk pemelihara hias untuk hiassan sekitaran rumah karena dengan tubuh kecilnya yang mini terlihat sangat  cocok untuk di jadikan hias, tetapi tidak banyak yang membudidayakan ayam kate sebgai tambahan pengahsilan. produksi dari telur ayam kate  sangat tinggi maka sangat baik bisa membantu tambahan protein untuk keluwrga anda.

Baca juga: Cara ternak ayam joper Yang Baik

1. Untuk cara ternak ayam kate

mempersiapkan kandang
Kandangan sangat penting dalam langkah awal untuk memulai  berternak,  untuk itu kandag harus di persiapkan sebelom ayam sampe. Pembuatan kandang dengan bentok pangung dengan dinding yang rapat ini sangat di sarankan pada setiap peternak apalagi ayam yang masih kecil, dan kanda juga memerlukan srikulasi udara yang baik agar bisa mendpatak cahaya matahari agar kandang tidak lembab. Agar ayam kate tidak kedinginan makan diberikan lampu untuk sebagai pengangant. kandang jangan terlalu rapat dan lebar, untuk bagian alas bisa mengunakan bambu atau kawat, agar kotoran bisa jatuh dan tidak sangkut diatas kandang.

2. Memberikan pakan

Oleh karena ayam kate mempuyai postur tubuh yang kecil tentu parunya pun kecil juga, maka dari itu pemberikan pakan ayam kate bisa diberikan pakan BR yang halus untuk mempermudah ayam kate memakanya. Terutama untuk ayam kate anakkan, untuk pakan yang biji bijian sangat sulit untuk bisa di makan. Pemberian pakan di berikan dalam satu hari 2 kali yaitu pagi dan sore hari.

3. Penyediaan air minum

Didalam kandan usahakan selalu ada air minum yang bersih, rekomendi dalam memberikan air munum lebih kami berikan dengan air yang matang dibanding menggunakan air yang mentah.

4. Perwatan anak

Bisanya ayam kate indukan akan selalu menjaga ank nya, dan bisa di pastikan bawah indukan ayam kate akan merawat anakannya. Biyarkan ayam kate merwat anak nya satu minggu, agar ankan mendapatkan perwatan alami dari induknya. Ayam kate anakan bisanya akan rentang maka dari itu pada saat akan hujan turu berikan penutup di atas kandang ayam agar anak ayam kate tidak kedinginan.

5. Kebersihan kandang

Kandang ayam kate harus selalu di bersihkan secara rutin didalam kandang atau di luwaran kandang, hal ini dilakukan untuk agar ayam tidak mudah terserang penyakit. Kandang juga harus di cek ada kerusakan atau tidak, hal ini dilakukan agar ayam bisa terlindungi dari ganguan binatang pemakan  seperti ular anjing atau binatang lainnya.

Artikel yang terkait : Panduan Ternak Ayam Serama yang Baik

Semoga artikel ini bisa menjadi tempat ide yang bermanfaat untuk semua orang..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menjadi Ternak ayam kate Yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel