-->

Cara Mebuat pakan sapi buatan sendiri


Haloo para sahabat petanicom pada artikel kali ini saya ingin membahas cara membuat pakan sapi dari buatan sendiri. Baca hinga akir pada artikel ini agar kamu tau cara pembuat pakan sapi dengan secara sempurna.

Pakan  sangat di perlukan oleh para  peternak sapi, maupun perternak kambing. Pakan salah satu bahan poko untuk ternak. untuk meper cepat pertumbuhan daging ternak, maka pakan sangat di butuhkan oleh ternak anda.
Banyak orang membeli pakan dengan harga walpun harga mahal agar ternaknya bisa cepat pertumbuhan daginga nya. Sapi yang mempuyai dagin yang tebal akan semakin mahal harga jualnya. Pastinya semua peternak menginginkan pertumbuhan ternaknya secara cepat. Agar bisa cept masa jualnya.

Oky langsung saja pembahasan cara membuat pakan sapi dengan sendiri.

Walpun dari hasil buatan kosentrat sendiri tapi tidak kalah kulitasnya, dari hasil beli di toko2. Pakan kosentrat sangat mempercepat pertumbahan ternak. nah kosentrat juga membuat ternak anda selalu sehat, kesehatan ternak sangat berpengarung dengan pertumbuhannya. Dengan ternak yang sehat membuat pertumbuhan semakin cepat.

Tentu para peternak merasa senag jika memiliki ternak yang sehat dan cepat gemuk ternyata hasil dari surfe bahwa ternak yang sehat dan gemuk para pembeli juga sangat berambisi untuk segera membeli sapi tersebut. Untuk itu bagi anda para peternak baca artikel ini sampek habis untuk mengethui cara meraciknya dan apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan pakan ternak .

Perlu di ketahui kandungan gizi dalam pakan kosentrat.

Kadar air maksimal : 12%

Sk maksimal 12-17

Protein kasar maksimal 12 %

Abu maksimal 64 %

Dan lemak kasar maksimal 6 %

Kedua penetuan formula kosentrat. Bahan penyusunan kosentrat memiliki bayak variasi, namun yang terpenting ialah keseimbangan nutrisi, kesediaan bahan dan harganya.

dari pada memenuhi kebutuhan nutrisi, kita juga harus mempertimbangkan harganya harus murah, untuk itu kita menggunakan bahan dari sekitaran kita.

1. Persiapkan bahan dan alat-alat

A. Peralatan

Persiapkan peralatan dan tempat untuk menyimpan hasil pembuatan pakan kosentrat.

Untuk alat perlengkapan untuk peroses pembuatan kosentrat yaitu:


  • Sarungtangan
  • Sekop
  • Timbangan
  • Terpal, di gunakan sebagai alas
  • Karung sebagai wadah hasil kosentrat
  • Gudang

B. bahan


  • Ampas tahu
  • Bekatul/dedak
  • Jagung
  • Urea
  • Ketela
  • Mineral
  • Kulit kopi
  • Kapur

Perbandingannya yaitu


  • Kapur: 0,5
  • bekatul/dedak : 50
  • Ampas tahu: 10
  • Jangung: 10
  • Urea: 1
  • Ketela: 18
  • Mineral: 1
  • Kulit kopi: 0,5
  • Total : 100%
  • Total PK: 12,2%
  • Total TDN : 68,6%



2. untuk proses penyampuran bahan cara membuat kosentrat pakan sapi cukup sederhanan.

Perhatikan dengan benr dalam penyampuran pembuatan kosntrat ini. Karena kalo anda melewatkan satu langkah saja, bisa jadi hasilnya akan berbeda dengan uraian ini. Perhatikan pada berikut ini untuk penyampurannya.

Bahan pakan yang akan di campur harus di timbang dulu untuk perbandingan.

Untuk bahan pakan yang sudah di timbang harus di giling terlebih dulu agar menjdi halus kecuali garam urea, garam, dan mineral. Setelh pengilingannya sudah selesai awal penyampuran hahan bahan dengan jumplh sedikit.

Susu bahan-bahan tersebut dengan bentuk pyramid bahan yang paling banyak di dahulukan, kemudian ikuti bahan yang jumplah nya sedikit, Lakukan secara berurutan.

Jika bahan semua sudh di tumpuk mulailah untuk mengaduk nya dengan sekop secara merata.

Untuk langkah terakir iyalah pengemasan.

3. Pengemasan

Pengemasan diperlukan guna untuk mepermudah penyimpanan, dan mudah penggunaan kosentrat, juga menghindari kerusakan. Maka jika sudah selesai pembuatan kosentar segera masukan kedalam karung dan disimpan didalam gudang, pastikan gudang penyimpanan kosentrat tidak lembab dan mempuyai serikulasi udara yang baik.

Jenis pakan kosentrat sapi

Kosentrat sendiri terbagi menjadi 2 jenis dari tumbuhan dan hewan.

Berikut penjelasannya:

A. kosentrat yang berasal dari tumbuhan

Sebagai sumber energi dan protein pada hewan trenak. Tumbuhan bisa mencukupi kebutuhan tersebut. Untuk mencukupi kebutuhan energis dibutuhkan tumbuhan seperti jangung, singkong, kedelai, bekatul/dedak, jangung putih, jagung kuning, bongkil, dan selainya. Sedangkan untuk mencukupi kebutuhan proteinnya di perlukan tumbuh-tumbuhan seperti. Kacang giling, bici kapas, wijen, dan karet.

B. Kalo kosentrat yang berasal dari hewan.

Kosentrat untuk kebutuhan energi dan protein ternak tidak hanya dari tumbuhan,  tetapi juga berasal dari hewan sperti tepung ikan, bekckt, daging dan tulang, kerang, dan bayak lagi lainnya.

Tips cara memberipakan kosentrat pada ternak.

Agar mencapai hasil dengan sempurna pada masa pengemukan ternak maka, pada pemberikan pakan kosentrat pada ternak tidak secara sembarangan. Ada cara pemberikan pakan kosentrat pada ternak agar semakin efektif.

1. Pemberikan pakan ternak kosentrat

Pada pemberikan pakan kosentrat sebaikanya diberikan  pada waktu dua atau tiga jam sebelom pakan hijuan diberikan. Dengan jangaka waktu tersbut, selain membuat konsumsi pakan ternak menjadi maksimal, juga meberi waktu agar pakan kosentrat dapat dicerna dengan baik.

Pakang pengguat kosentrat di berikan pada sapi pedaging dua kali sehari yaitu dengan pagi jam 7.00 dan pada sore hari pada jam 16,00 jika sekitanya ingin diberikan sehari tigak kali yaitu dengan waktu pagi 7,00 siang hari 12,00 dan sore hari jam 16,00

2. Memberikan pakan kosentrat dicampur dengan pakan hijuan

Dengan alternatif lain selain dengan jedah waktu pemberikan pakan dengan cara dicampur dengan pakan hijuan. Hal ini sangat baik karena bisa menambah nafsu makan ternak semkin meningkat, maka sapi akan mendapatkan nutrisi yang cukup dalam masa pengemukan.

3. Perhatikan bobot sapi

Memperhatikan bobot sapi suatu hal yang penting karena dengan bekitu kita bisa mengukur kebutuhan konsumsi kosntrat secara tepat. Di sarankan pada pengemukan sapi pemberian kosentrat diberikan sekitar 2-2,5% dari bobot sapi perharinya. Maka, disarankan untuk pengecekan bobot sapi setiap harinya.

Terimaksih telah membaca artikel ini. Semoga di artikel ini bermanfaat untuk kita semua para peternak. Dan silakan anda joba partekan di rumah, Tarimaksih.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mebuat pakan sapi buatan sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel