-->

Cara Ternak Ikan Cupang

 


Saat ini budi daya ikan cupang sangat populer terutama di indonesia untuk budidaya ikan cupang ternyata juga gampang -gampang susah, namu, untuk bisa mencapai kesuksesan dalam membudidaya ikan cupang perlu belajar. Kamu tidak perlu lahan yang besar untuk memulai bisnis budidaya ikan cupang. Karena dengan lahan kecil di rumah, kamu sudh bisa mulai bisnis ikan cupang. Jangan berpindah halaman lain untuk mengetahui cara budidaya ikan  cupang.


Ternyata masarakat indonesia banyak yang menyukai ikan cupang ini, maka tidak sedikit yang membudidaya ikan cupang dengan berbagai warna dan jenis. Tetapi, tidak hanya senag memelihara, sekarang banyak yang memanfaatkan peluang bisnis ini, dengan budidaya ikan cupang.


Karena, ikan cupang yang memiliki bahasa latin Betta SP ini, merupakan ikan hias yang mudah di pelihara. Bahkan, untuk membudidaya ikan cupang juga tidak perlu modal yang banyak, oleh karena itu kamu bisa mulai membangu bisnis ini dengan di rumah sendiri.


Jenis-jenis ikan cupang


Sebelom kamu mulai membudidayakan ikan cupang yang lebih jauh, lebih baik kamu ketahui dulu jenis-jenis ikan cupang yang kamu bisa budidayakan, kalo kamu pecinta ikan cupang, pastinya tau dong bahwa ikan cupang memiliki 2 jenis, yaitu ikan cupang hias dan ikan cupang adu.


Nah dari nama saja tentunya sudh tau apa saja perbedanya. Ikan cupang hias biasanya di pelihara untuk dinikmati keindahanya saja. Sendang kan untuk ikan cupang adu di pelihara untuk diadu dengan ikan cupang adu lainya.


Maka kamu jangan sampek mencampur kedua jenis ikan cupang ini ya,  makan ikan cupang hias, bisa mati dibunu oleh ikan cupang adu. Nah, hasil dari penelitian para ahli bahwa ikan hias, ikan cupang ternyata memiliki stidaknya 73 spesies di bumi. Dari banyaknya spesies ikan cupang, spesies berikut ini merupakan yang terkenal: 


Batta splendes

Batta stiktos

Batta Imbellis 

Klompok splendens Complex

Batta mahachai

Batta Smaragdina


Cara ternak ikan cupang


Sudh bisa membedakan ya, mana ikan yang akan kamu ternak? terus yang mana yang akan kamu budidayakan ikan cupang yang akan kamu trapkan, terutama untuk pemula budidaya ikan cupang: berikut cara ternak ikan cupang.


1. Memilih indukan ikan cupang yang baik




Pada langkah awal dalam budidaya ikan cupang yang baik, harus mentukan indukan ikan cupang yang bagus. Agar mendapatkan benih yang ungul, indukan ikan cupang juga harus yang baik,  yakni harus dari keturunan yang ungul dan bertubuh sehat, tidak ada peyakit dan cacat pada tubuh.


Kalo medianya bisa anda gunakan kaca/topels, dan kemudia kamu taruh indukan ikan cupang tersebut kedalam wadah yang sudh di sediakan.  Dan ikan cupang bisa hidup di dalam air yang minim oksigen, maka ikan cupang tidak perlu membuat alat bantu oksigen tidak masalh.


  • Tanda-tanda ikan cupang yang jantan: 


  • Dalamusia 4/8 bulane
  • Memilikientok badan yang mulai memanjangi
  • Siripnyaulai memanjanga
  • Warnanyaulai terang dari pada sebelomnyae
  • Gerakannyaangat lincah dari pada sebelomnyaa


  • Tanda-tandakan cupang yang betina:


  • Pada usia 3/4 bulane
  • Bentukubuhnya membulat dan pada bagian perutnya membunciti
  • Siripnyaendeke
  • Denganaran yang kusam yang sangat tidak menarike
  • Gerakanyaangat kalem tidak lincanh


2. Mempersiapkan pengembang biyakan ikan cupang



Untuk cara ternak ikan cupang berikut ini cara pengmbang biyakan ikan cupang, mepersiapkan wadah dengan mengunakan bascom dengan ukuran 20x20x20 mc, gunakan air sumur jangan mengunakan PAM, bagusnya lagi pakek sir sungai. 


Selanjutnya persiapkan wadah toples kecil untuk wadah ikan cupang yang betina nantinya. Di dalam wadah paskom untuk tempat pemijahan, anda bisa berikan rumput batu batuan.


Perlu kamu ketahui pada untuk calon benih ikan cupang yang akan lahir natinya. karena ikan cupak bisa menghasilkan 1000 butir telur, dalam sekali pemijahan telur ikan cupang akan lahir selama 24 jam setelah bembuhan induk.


Tetapi dari 1000 telur yang kira kira hanya akan ada 40/60 ikan cupang saja yang berhasil dibudidayakan, sampek proses panen.sesudh ikan cupak yang sudh dikawinkan ikan cupang tidak bisa dikawinkan lagi, berbeda dengan ikan cupang yang jantan masih bisa dikawinkan lagi, bahkan hingga 8 kali dengan jarak 2/3 minggu.


3. Proses pemijahan pada ikan cupang 




Jika persiapan pemijahan sudah siap maka langkah selnjutnya memulai pemijahan ya itu dengan cara sebagai berikut:


Wada yang sudh dipersipkan yaitu baskom yang di buat tempat pemijahan isi dengan air dengan ukuran tingi 10-14cm, taruh dikorasi tanaman atau bebatuan. 


Masukan ikan cupang jantan kedalam wadah baskom yang sudh disiapkan, biayarkan selama satu hari penuh. Ini dilakukan untuk meberi waktu pada ikan cupang jantan, gara mendapatkan gelembung udara, untuk menyimpan beberoa telur yang sudh dibuhainya.


Jika sekiranya ikan cupang jantan belom membuat gelmbung, kamu bisa mengunakan cara dengan memancing dengan ikan cupang betina.


Dengan cara, masukan ikan cupang betina kedalam botol toples kecil, kemudian masuka botol toplesa kedlama baskom yang terdpat ikan cupang jantan tadi dengan keadaan yang terpisah, hinga ikan cupang jantan mendapatkan gelembung.


sekiranya ikan cupang sudh membuat gelmbung udara, maka bisa kamu satukan ikan jantan dengan ikan cupang betina.


Pada waktu peroses pemijahan ini, sebaiknya pada 7-10 pagi atau pada 4-6 sore karena suhu udara bisa mempengaruhi sifat kedua ikan ini.


Pada proses pemijahan sebaiknya baskom di tutup dengan kain atau koran, letakan baskom jahu dari suawara keras dan janguan orang2.


Kalo proses pemijahan sudh terjadi dan terlihat sel telur di gelembung2 yang dibuat sang jantan. Segera pisahkan ikan betina. Karena kalo tidak dipisahkan makan ikan cupang betina akan memakan benih benih tersebut.


Sel telur benih ikan cupang akan dijaga oleh ikan cupang jantan. Ikan cupak akan bertangung jawa atas benih benih tersebut.


Dan besoknya akan menetas telur-telur menjadi burayak. Tidak usah di berimakan selama 3 berturut turur, katena mereka masih mempuyai nutrisi.


Sesudahnya bisa di berikan makan tetapi jangan berlebihan.


Jika sudh genap 2 minggu pisahkan ikan cupang jantan dengan anak anak ikan cupang tersebut.


Setelah 1,5 bulan, tentu anak-anak ikan cupang sudh tumbuh besar. Pada waktu itu kamu bisa pisahkan ikan cupang betina dengan ikan cupang jantan.


4. Pakan ikan cupang


Pada tahab berikutnya memberikan pakan ikan cupang, kamu harus berikan pakan pada ikan cupang. Ikan cupang sangat menyukai kutu air, cacing sutera, dan lavra lamuk dan jentik jentik. berikan pakan ikan cupang sehari sebayak 3/4 kali.


Pada oemberikan pakan tidak usah terlalu banyak-banyak, yang penting teratur. Karena pemberian pakan banyak membuat air menjadi kotor dan geruh. Untuk pakan nya kamu bisa cari di toko penjual pakan ikan.


5. Pemeliharaan ikan cupang 


Pemeliharaan pada ikan cupang tergolong sangat mudah, terutama pemeliharaannya kamu perlu mejaga kuwalitas air, bisa dengan cara meberikan filter untuk pembersih pada akuwarium. Dan jaga kuwalitas air. Sering ganti air beberapa hari sekali.


Demikian lah cara ternak ikan cupang dengan benar dan baik, anda bisa mecoba menerapkannya untuk sebgai hobi, bisa juga sebagai bisnis. Karena dengan ternak ikan cupang dapat penghasilan tambahan yang cukup lumayan loo..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Ternak Ikan Cupang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel