-->

7 Cara Berternak Ayam Joper Untuk Pemula

7 Cara Berternak Ayam Joper Untuk Pemula
Berternak ayam joper kini sudah menjadi topik yang ramai di kalangan masarakat. Ayam joper merupakan singkata dari ayam jawa super. Ayam joper ialah hasil dari perkawinan silang diantar ayam jantan kampung dengan ayam bertelur betin. Untuk dari nama lain dari ayam joper ialah ayam jawa super, ayam kampung super, dan ayam kamper.

Ternyat usaha ayam joper ini sangat banyak keuntungnya. Diantaranya ayam joper memilik perkembagan tubuh sangat cepat di bandi ayam kampung biasa maka masa panen bisa lebih cepat, dan harga jual ayam joper di pasaran juga cenderung tinggi dan setabil maka para peternak ayam joper bisa dapat keuntungan lebih.

Dari keunggulan ayam joper ini tidak lah muncul bekitu saja. Tetapi dikarenakan dari sifay aslinya dari indukannya yakni ayam broiler dan ayam kampung atau ayam lokal. Untuk ayam broiler mempuyai perkembangan yang sangat cepat dan daginya juga semakin gemuk. Ayam broiler ini banyak dijual di pasaran karena untuk di konsumsi untuk sehari-hari atau di buat usahan di rumah makan.

Ayam kampung yang sangat terkenal dengan rasanya yang sunguh enak juga memiliki daya tahan tubuh yang tinggi dari berbagai peyakit. Maka dari itu tidak lah heran kalo dari keungulanya tersebut kemudian meyatu dalam spesises baru, yakni ayam joper sehingga pantas jika dibanderol dengan harga yang tinggi.

Kini banyak masarakat yang sangat tertarik untuk terjun dalam usaha ternak ayam joper. Untuk berternak ayam joper sebenarnya tidak lah sulit. Kalian walopun pemulah pasti bisa melakukannya hanya saja di perlukan untuk bekerja keras dan kesabaran dan ketaltenan untuk memeliharanya. Untuk kalian yang berminat untuk berternak ayam joper yang baik dan benar?

Pada berikut ini untuk Cara Ternak Ayam Joper Untuk Pemula

1 kandang dan alat-alatnya

Di dalam berternak ayam joper dalam ukuran kandang 1 meter persegi sudah cukup kisaran 100 ekor ayam, jika ayam sudah berumur sekitar 3 minggu makan di pindah kan kandang yang lebih besar.

Untuk ukurang kandan ayam joper yang sudah berumur 1 bulan per 1 m2 kandang, bisa di tempati 9-10 ekor ayam. 

Untuk membuat kandang bisa dengan lantai panggu atau dengan lantai biasa. Namun, pada dasaran lantai dikasih sekam padi agar mudah untuk membersihkan kandang. 

Untuk pemanasan 
DOC ayam dengan kisaran 100_300 ekor cukuo mengunakan lampu bohlam dengan ukuran 70_100 watt pad setiap 100 ekor 1 bohlam.

Jika ayam dengan kisaran lebih dari jumplah yang di sebut di atas maka bisa dengan mengunakan pemanas LPG akan lebih bagus, biayanya juga semakin murah di bandi mengunakan bohlam.

Bahan lainya tempat pakan 
Untuk tempat pakan, akan lebih baik mengunakan ukuran kecil, namun dengan jimplah yang banyak, agar ayam bisa mendapatkan pakan secara merata tidak rebutan.

Untuk tempat minum 
Sperti tempat pakan, kecil tetapi dengan jimplah yang banyak daripada yang besar tapi jumlah terbatas

Jika ayam yang masih kecil untuk tempat minum di berikan batu kecil kecil agar ayam hanya bisa mengmbil air minum saja, tanpa harus masuk ke dalam temapat minum  kalo ayam sering masuk ke tempat air minum di takutkan akan terkena virus bisa juga kedinginan sehingga menyebabkan kematian.

2 memilih bibit yang baik

Pada saat memilih bibit sangat penting di dalam hal peternakan agar hasil ternak maksimal. Di dalam berternak ayam joper untuk mencapai kesuksesan adalah memilih bibit yang baik, karena bibit juga sangat pengaruh dalam perkembangan pertumbuhan.
pada saat memilih bibit dilihat dari mata nya yang bersih, ayam sangat lincah tidak sakit,  dan tidak cacat.

3 pakan ayam 

Untuk pemberian pakan ayam joper dan jumplah pakan yang akan di keluwrkan hingga panen. 

Pada saat masa starter bisa mengunakan pakan starter yang 511...

Pada saat pembesaran bisa dengan pakan pembesaran 

Untuk kebutuhan pakan di mulai dari umur 1-60 hari, per 100 ekor ayam joper membutukan pakan 2 kwintal.

4 pada saat DOC sampai 

Terutama kandang sudah siap dan pakan sudah siap, dan DOC yang kita pesan sudah sampe, kita harus persiapkan pemanasan dan pakan minumnya, jika semua sudah tersiapkan maka kandang siap di isi.

Sebelom DOC sampai kalian harus mepersipkan air gula merah, air gula ini nanti untuk diberikan ayam pertama kali ayam melalui perjalanan yang jauh. Guna pemberian air gula ini untuk memulihkan tenaga ayam. Pemberian air gula ini cukup sekali saja, sesudah 1/2 - 1jam baru di berikan pakan dan minum.
5 masa Pembiakan

Untuk masa pembiakan adalah fase ayam pada umur 1- 12 hari. pada waktu fase ini ayam harus dimanja karena sangat mepengaruhi fase seterusnya. Kalo perawatan pada waktu ini salah akan mengakibatkan terjadi kematian. Atau bisa jadi masa pertumbuhannya ayan di fase seterusnya agak lambat.

Untuk masa ini yang paling urgent ialah pemanas. Pemanas yang di buat untuk ayam haru yang cukup jika ayam dengan jumplah kisaran 100_300 box cukup memakai pemanas bohlam. Jika kisaran ayam lebih dari itu maka kami sarankan dengan mengunakan pemanas kompor.
Sekitar waktu 1_10 hari, pemanas tersebut harus di nyalakan.

6 Waktu pembesaran

Untuk pembesaran ayam joper sudah di pindahkan di kandang yang lebih besar.

Perawatan juga harus selalu teratur pemberian pakan dan minum harus secara teratur.

Kandang juga harus selalu di bersihkan. Pada tempat minum, tempat pakan harus benar benar harus di jaga karena sangat rentan terkena peyakit dari landang yang kotor.

7 waktu panen

Ayam joper bisa di panen pada umur 60 - 80 hari, tergantung dari perawatan dan dengan di panen dengan bobot berapa.

Kalian harus bersiap siap untuk mencari konsumen dengan usia dan bobot yang sekiranya sudah cukup.

Pada masa panen ini anda sudah bisa meng kalkulasi, karena pakan yang kalian keluarkan setiap hari.

Demikian artikel kali ini pembahasa Cara Ternak Ayam Joper Untuk Pemula. silahkan kalian parktekan di rumah langkah - demilangkah dengan cara di atas secara baik. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "7 Cara Berternak Ayam Joper Untuk Pemula"

  1. Lumayan untuk ide bisnis, makasih gan

    ReplyDelete
  2. Dewalotto dan hanya dewalotto yang bisa memberi anda pengasilan tambahan dengan bermain bersama kami seru cepat dan havefun lohh...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel