-->

Tanda Tanda Sapi Yang Mau Melahirkan Dan Menaganinya

Tanda Tanda Sapi Yang Mau Melahirkan Dan Menaganinya
hala ini Sangat penting untuk para petrnak untuk mengetahui tadan-tanda sapi yang mau melahirkan. Sebagai peternak tidak cukup hanya tau pengemukan sapi saja tapi harus tau juga kapan sapi akan melahirkan. Sapi biasanya masa kehamilnya selama sembilan bulan, tetapi juga akan ada beberpa tanda-tanda yang bisa di lihat pada bagian angota tubuh sapi.

Berikut ini untuk mengetahui tanda-tanda sapi yang mau melahirkan dan penangananya:

tanda awal sapi yang akan beranak ialah pada bagian ambingnya terlihat sudah turun dan putingnya mengeras. Pada tulang pelvis dan dua tulang yang menonjol di punggung bagian belakang, legoknya ( tingkat kecekungannya) mulai dalam. Pada bagian vulva akan mulai membengkak hinga 2 kali atau lebih melebihi ukuran hadnorma sapi, dan sapi juga akan sering kencing bibir kemaluan sapi mulai membesar dan sapi juga sering gelisah. untuk tanda lainya sapi akan mengelutakan lendir yang keluar dari kelamin sapi pada sekitar dua minggu menjelang kelahiran, nafsu makan nya juga akan mulai berkurang. tetapi bisa di inggat jika sudah menjelang kelahiran bisanya sapi akan semakin bernafsu makanya,  pada kebiasaan sapi pada saat akan melahirkan sapi akan menjahu untuk menghindari sapi sapi yang lainya dari hal ini naluri sebgai calon indu yang ingin  menjaga anaknya. untuk tanda lainya sapi menjelag melahirkan akan lebih sering bagun tidur bagun tidur dan sambil mengndus ngendus mencari tempat untuk beranak atau melahirkan, bisa di lihat pada bulan terakir kebuntingan seperti rotasi posisi kebuntingan, pertumbuhan kelenjar mammae, perluas velvis, vulva akan menjdi lunak dan membengkak. Partus ialah proses kelahiran yang di awali dengan kelunakan dari cervix bersama dengab waktunya dan dengan kontraksi dan berakir dengan fetus plasentannya dikeluarkan. Baca juga cara Memgetahui ciri ciri sapi yang hamil muda

Berikut cara menagani sapi yang mau melahirkan

Pada saat penaganan sapi yang akan melahirkan maka perlu mepersiapkan, obat merah, yodium tinctur, bitadin dan kain kering, juga jarami kering secukupnya, pada saat akan melahirkan kita harus selalu memantao dan lihat vaginanya, jika air ketuban sudah pecah, segera di cermati apakah pedetnya perlu di bantuk keluarnya, dengan cara ditarik pada saat kelahiran, angkat kaki pedet hinga kepala ada di bawah beberpa saat, tali pusat di cuci dengan yodium tinctur bitadin kemudian di ikat dengan cara disimpilkan kemudian diberi yodium tincur bitadin lagi kemudian dekatkan pedet pada induk nya agar di dilat agar di keringkan badanya. Berperan sebagai pembuludarah kalo induk tidak mau menjilati, maka kita bisa mengelap pedet tersebut hinga kering kalo semua berjalan dengan normal maka dalam 15 menit kemudian pedet akan berdiri untuk menjacir puting indukanya. Untuk persiapan jika induk tidak mau menyusianya maka peras air susunya kurang lebih 1 liter untuk pedet. Catatan yang perlu di ingat minimal 0,5 liter di dua jam pertama harus disusukan, lebihnya di simpan truh di peti es dilanjutkan dengan 0,5 liter selebihnya 4 jam pada kemudian.

Terimaksih telah sudi membaca artikel ini, dengan bahasan Tanda Tanda Sapi Yang Mau Melahirkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tanda Tanda Sapi Yang Mau Melahirkan Dan Menaganinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel