-->

Cara Memilih Bakalan Kambing Yang Baik

Cara Memilih Bakalan Kambing Yang Baik
Di dalama usaha ternak suatu hal yang harus di perhatikan, agar mencapai kesuksesan peternakannya. Pada saat mulai inggin berternak yang wajib kamu ketahui ialah memilih bakalan yang berkualitas, bagus. karena dengan bakalan yang berkualitas bagus bisa mempengaruhi kesusesan ternak anda. Memilih bakalan kambing harus disesuaikan dengan tujuan utama pemeliharaan dan bangsa kambing yang ada, contohnya kambing peranakan etawa, dengan kambing pedaging. Sangat penting untuk penggetahui ciri-ciri dan tanda kambing yang bagus juga yang berkualitas maka dari itu untuk anda yang inggin berternak harus dilakukan  dengan beberpa informasi aktual atau pun yang lainnya..

Pada umumnya, saat memilih bakalan ternak kambing dengan kualitas bagus ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu dari berdasarkan keturunan kambing, dan secara visual atau perabaan fisikologi ternak kambing.

1. Dari pemilihan kambing dari keturunanya (silsilahnya)

Memilih secara keturunan dilihat dari berdasarkan catatan recordingnya pada perstasi indukannya dari individu. Bisanya dari hasil recording tersebut, seperti catatan dari hasil produksi yang dihasilkan,  dari angka kelahiran, atau dari keturunan yang dari indukan yang berkualitas, selain ini, didalam pemilihan bibit juga bisa dilakukan pengecekan dari data lengkapnya dari ternakanya kambing yang sudah di lakukan recording, ini dilakukan untuk mendapatkan hasil bibit dengan kulitas yang bagus.

2. Memilih bakalan kambing dengan secara visual (perabaan)

Memilih bakalan kambing dengan cara visual ini lebih akurat lebih nampak dengan jelas berdasarkan sifat-sifat kambing yang nampak. Bisanya sifat-sifat yang tampak dalam pemilihan ternak yang berkualitas bagus yang di lihat hasil produksi,  kesehatan, kemampuan untuk mereproduksi, ada tidaknya kecacatan ternak, kaki terlihat lurus dan pegerakan lincah juga tidak terkena peyakit yang berbahaya. Pertumbuhanya normal, kondisi tibuh tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus.

Ini lah ciri-ciri memilih bakalan kambing dengan cara visual yang harus di pertimbagkan dalam memilih bakalan yang berkualitas bagus dalam berternak.

Tanda bakalan kambing betina yang bagus untuk peternak kambing.

Lihat dari bentuk tubuhnya yang seimbag dan badan lebar, dengan garis pungun dan dengan bulu yang bersih serta mengkilat. Kakinya besar dan lurus, kuta tumbit nya yang tinggi. Badannya sehat dan tidak cacat, tidak bekitu mengantung dari jumpalh puting dua buah. Bila dilakukan perabaan akan terasa halus tidak ada infeksi atau luka. Kambing pasti nya baik-baik, gigi masih utuh, dari sifaat keindukanya sangat baik untuk mengasuh ank-anaknya,  dan lebih jinak. Umur yang pada saat dikawinkan yang pertama kali sekitar umur 10 - 11 bulan.

Untuk ciri-ciri bibit atau bakalan kabing jatan yang bagus untuk peternak.

Dari segi fisik atau tubuhnya yang besar, panjang dan dadanya yang melebar, dari bagian belakang juga harus yang besar. Bulunya halus juga mengkilat. Dari segi badan yang sehat dan tidak cacat serta sehat, dari bentuk kaki yang besar dan lurus serta kuat, tumit yang tinggi. Kesuburan memiliki spermatoza yang bagus tidak cair, dan alat kelaminya normal dan bisa reaksi. Penampilan gagah, aktif, nafsu makanya yang lahab.

Demikian sebagai gambaran para peternak untuk Cara memilih bakalan kambing yang baik semoga dengan artikel kami dengan singkat ini bisa bermanfaat untuk para peternak.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memilih Bakalan Kambing Yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel