-->

Ciri Ciri Kambing Yang Ingin Melahirkan


Ciri Ciri Kambing Yang Ingin Melahirkan

Halo sahabat petani. Pada kesempatan ini saya akan membahas ciri ciri kambing yang Ingin melahirkan, untuk para peternak sangat penting untuk mengetahui ciri ciri kambing yang Ingin melahirkan, karena hal ini sangat penting anda ketahui kapan kambing anda akan melahirkan, biasanya setelah usia kandungan kambing berumur sekitar 6 bulan, indukan kambing akan ada ciri ciri yang bisa kita ketahui bahwa kambing tersbut akan segera melahirkan, dan untuk mengetahui ciri ciri kambing yang ingin melahirkan adalah sebagai berikut:

Ciri ciri kambing yang ingin melahirkan

1. Kambing selalu gelisah dan sering mengaruk garuk kakinya yang depan pada lantai kandang, dan mengembek ngembek.

2. Vagina kambing membekak dan menglurakan lendir memerah kambing juga sering kencing dan pada bagian pingul atas dekat dengan ekor terlihat menyengkung.

3. Sering memperhatikan bagian belakan dan mengembek.

4. Untuk proses kelahirnya bisanya kambing dengan posisi berbaring.

Jika kambing anda terlihat seperti ciri ciri yang di sebutkan diatas maka kambing akan segera melahirkan. Kambing bisanya melahirkan anaknya sebanyak 2 ekor tetapi sering juga terjadi 3/1 atau 4 ekor setiap kelahiran.

Artikel yang terkait: Cara melihat kambing sudah bunting atau belom

Pada proses awal kelahiran anak kambing ialah dengan keluarnya air ketuban dari vagina induknya. Yang berbentuk seperti bola dengan berisi air, tidak berapa malam kelembung keluar dan pecah dengan di ikuti pada peroses kelahiran ank kambing/cempe,  dengan posisi kelahiran yang normal, akan keluar dengan sendirinya tanpa buantuan dari orang.

Catatan: biasanya kelahiran cempe yang normal akan keluar dulu dua kaki yang depan dengan di ikuti kepalanya dan yang lainya hinga kelura semua secara sempurna. Kalo yang keluar dua kaki yang depan masih di kata gorikan sebagai posisi yang normal. Dan proses cempe yang lainya bisanya dengan hitungan menit hingga setengah jam. Untuk proses cempe dengan kelahiran yang tidak normal yang di dalam kandugan. Pada keadaan seperti keadaan yang mutlak maka di perlukan bantuan manusia, bisa kita meberi pertolongan, untuk memudahkan peroses kelahiran anka kambing, dan menghindari terjadinya hal-hal yang tidak kita ingginkan.

Peroses penagana untuk kelahiran anak kambing dengan kelahiran posisi yang tidak normal adalah:

Pertama pastikan tangan anda bersih dan kuku anda tidak panjagn, cuci tangan anda dengan mengunakan sabun.

Posisi kelahiran cempe yang tidak normal. contoh satu kaki depan normal satu kakilainya posisinya tertekuk. Maka pada posisi ini (penaganan) masuka tangan anda pada organ kelahiran induk,  tangan anda akan bisa masuk karena tekstur organ kelahiran itu sangat elastis. Rai kaki yang terteku pada cemope tersebut dengan mengunakan jari telunjuk dan posisikan kepala cempe berada diantara jari telunjuk dan jari tenganh. Kalo kesulitan dengan sedikit di dorong pada bagaian kepala kembali kedalam perlahan lahan sehinga tangan anda bisa mendapatkan kaki yang terteku tadi. Kemudian posisikan kedua kakinya di depan dengan sejajar seperti posisi yang normal. Kemudian bisa anda tarik secara perlahan bareng dengan dorongan sang induk.

Demikan Ciri Ciri Kambing Yang Ingin Melahirkan semoga bermanfaat kususnya untuk para peternak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri Ciri Kambing Yang Ingin Melahirkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel