-->

Cara Menanam Daun Seledri Secara Hidroponik

Cara Menanam Daun Seledri Secara Hidroponik
Menanam seledri dengan cara sitem hidroponik sangat mudah dan juga sangat menguntungkan. Tanama seledri sebagai mana yang telah di ketahui bahwa seledri banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia, sebagae mana seledri yang biasa di campur dengan masakan yang berkua seperti kua sup, terkadang di campur dengan sayur tumis. Funsi dari tanaman seledri ialah untuk mengurangi tekanan darah tinggi, ginjal, mengurangi bau badan. tanaman seledri dulunya hanya bisa di tanam pada tempat yang tertentu saja, tetapi pada kesempatan ini saya inggin membuat tanama seledri untuk bisa di tanam di pekarangan rumah dengan sitem hidroponik.

Dengan ada nya sistem hidroponik kini bertanama bisa dengan mudah dikerjakan, walpun dengan keadaan di manapun. Bahkan dengan sitem hidroponik ini kita bisa dengan mudah bisa bertanam dengan memanfaatkan barang barang rumah yang sekiranya sudah tidak bisa di pakek lagi kita bisa buat untuk wadah bertanam. Speri botol atau pot. Dengan bertanam sistem hidroponik ini kita bisa dengan mudah untuk perawatannya, tanaman hidroponik ialah memperlukan air nutris, dan faktor eksternal dari tanaman. Sehingga tanaman tumbuh dengan secara baik karena gizi terpenuhi. Semua unsur hara yang dari tanah dapat di gantikan oleh nutrisi dari unsur makro dan mikro.

Cara Menanam Seledri Hidroponik

Seledri sangat cocok di tanam dengan media air. Dengan sistem hidroponik yang sering di gunaka dengan wadah pot, botol, netpot bersumbu ( sistem wick ) atau sistem rakit apung. Berikut akan kami bahas Cara menanam Seledri Hidropnik.

Memper siapkan Bibit Seledri

Bibit seledri bisa kalian dapatkan dengan cara menyemai dari biji seledri atau dengan anakan.  Kalo inggin mendapatkan bibit dari anak kalian bisa dapatkan di toko tanaman. Usahakan dalam pengambilan anakan jangan sampai ada kerusakan. Dan sekiranya kalo kalian ingin menyemai sendiri berikut langkah langkah cara penyemainnya.

Penyemaian seledri dari media tanam dengan mengunakan arang sekam. Jika sudah tumbuh dahunnya maka sudah bisa di berikan nutrisi, proses penyemain pada biji seledri persiapkan biji yang kalian beli dari toko tersebut. Isi baskom dengan air dengan ukuran sedang. Kemudian masuka biji seledri kedalam baskom yang sudah di isi air tersebut, biyarkan biji seledri terrendam selama 2 jam. Dan sekiranya biji seledri ada yang mengambang bisa di ambil, biji yang tengelam bisa di gunakan sebagai bibit tanam. Siapkan netpot yang sudah di berikan sumbu kain flanel. Kemudian masukan arang sekam di dalam netpot dan basahi dengan air. Masukan benih kedalam netpot, pada satu netpot usahakan berikan 2/3 biji, jika terlalu banyak akan tumbuh secara menumpuk, jika peyemaina sudah kelihatan mulai tumbuh biyarkan hinga daun keluar jika dahun sejatinya keluar bisa di berikan nutrisi.

Cara menanam seledri

Pada langkah ini kita memperluka alat dan bahan untuk di buat tandon nutrisi, bisa dengan mengunakan botol, toples, pipa, pada pembahasa di artikel ini yang akan di gunakan dengan media tanam dengan bahan pipa atau paralon. 


Proses pembuatan 

Pertama membuat lubangan pada paralon yang akan di letakan netpot   kemudian tutup pada setiap ujung paralon agar nutrisi tidak tumpah. Larutkan nutrisi AB mix sebanyak 4 ml kedalam 1 liter air bersih. Isi paralon dengan larutan nutrisi sebesar 1260 _ 1690 ppm dengan PH 6,4 letakkan netpot yang sudah berisi dengan benih kedalam lubang paralon. Taroh paralon di atas rak buat atap pentalase agar tanam tidak terkena sinar mata hari langsung jika sudah satu minggu maka tanam bisa di perkenalka  pada sinar mata hari dengan secara bertahab. Suatu contoh menanam seledri bisa di tanam selain dengan pipa parol bisa di tanam dengan mengunakan botol bekas menanam seledri dengan hidroponik sistem wick.

Perawatan dan pemeliharaan 

Dengan teknik yang di gunakan dalam penanaman seledri kali ini dengan system wick sistem apung. Sehingga sangat penting yang di perlukan dalam memperhatikan ketersediaaan nutrisi dalam pipa. Control nutrisi dalam paralon pada setiap harinya, jika sekiranya nutrisi berkurang maka segera di tambahkan. Tingkatkan PPM nutrisi seiring dengan pertumbuhan tanaman. Perlu diingat, jangan sampai lalutan nutrisi menyentuh netpot. Berikan jarak sekitar 1 cm di bawah netpot.

Pengendalian Hama Penyakit

Untuk meperoleh tanaman seledri yang sehat yang bebas dari residu bahan kimia, kendalian hama peyakit secara teknis. Yaitu dengan cara mengambil hama secara langsung yang meyerang pada tanama yang membuat peyakit. Atau dengan bantuan pata sida nabati dengan di semprotkan pada tanam seledri.

Masa Panen Seledri  Hidroponik

Pada masa penanaman seledri 1 hingga 1,5 bulan, kalian sudah dapat panen seledri. Pemanenan bisa di lakukan secara berulang lada setiap 5 - 6 hari sekali caranya cabut tanaman seledri dari netpot pipa paralon kemudian cuci bersih sehingan bisa kalian gunakan untuk menanam lagi. Anakan seldri kalian bisa tanam kembali dengan metode yang sama. Ketika kalian menanam seledri yang bayak, jelas tidak hanya mencukupi kebutuhan sendiri. Maka kalian bisa jual untuk menghasilkan uang. Harga seledri mencapai sekitar 20 ribu hinga 24 ribu per kilonya. Karena tanaman seledri mempuyai banyak manfaat, terutama untuk kesehatan. Disamping itu tanaman seledri juga bisa di buat peluang usah untuk kalian jika serius menekuninya. 

Demikian ulasan Cara Menanam Daun Seledri Hidroponik semoga bermanfaat utuk para pembaca silahkan di partekan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Daun Seledri Secara Hidroponik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel