-->

Membuat Pupuk Konpos Kotoran Kambing


Limbah dari Kotoran kambing yang sudah menumpuk banyak yang bercampur dangan sisa-sisa pakan yang tidak habis, itu bisa kita manfaatkan untuk di jadikan pupuk kompos yang bisa menghasilkan kebun kita menjadi baik/subur.

Pupuk kompos dari hasil kotoran kamping yang bercampur dengan sisa pakan dan urinnya itu sanggat baik kualitasnya. Dan baik juga bagi lingkunga  bisa mengurangi bau kotoran kambing yang menumpuk.

Untuk itu kami ingin merubah lingungan menjadi bersih dari kotoran-kotoran ternak, yang menumpuk menyulap menjadi pupuk  kompos atau pukuk organik. Karena limbah dari kotoran ternak kambing/atau sapi bisa kita manfaatkan menjadi pupuk organik yang baik kulaitasnya. Dari bebrapa bahan-bahan yang di butuhkan.

. Siapkan kotoran kambing yang bercampur sisa-sisa pakan, atau hanya kotoran kambing saja.
. Air 5 liter
. EM4
. Bak/ember
. Terpal
Cara penyampuran

. Siapkan tempat yang datar, yang  tidak mudah tergenang air atau yang berlantai agar lebih gampang saat proses prementasi.
. Gunakan terpal sebagi penutup, atau gelaran kalo gak ada lantai.
. Masukan air dalam ember 5 liter campurdenga  Em4 aduk hingan merat diyamkan Campuran Em4 ini 2 hari agar bakteri dalam Em4 aktif.
. Untuk takeran Em4 ini sudah tertera di kemasan botol tercacat bawah ukuran 1 ton kotoran kambing satu liter EM4.
. Kalo kotoran kambing gak ada satu ton maka ukuranya di sesuaikan.
. Ratakan kotoran kambing pada tempat yang sudah di sediakan.
. Sirami air yang sudah bercampur EM4 tadi dengan rata jangan terlalu basah air nya sekiranya kadar air  5%.,  lebih jelasnya lihat dengan mengunakan tangan kalo di kepal sudah tidak pecah bertanda sudah cukup airnya.
. Kumpulkan dan jadikan undukan.
. Tutup dengan terpal tadi yang rapat, selam 5 minggu selam permentasi berjalan setia dua hari buka dan bulak balikan agar proses nya lebih cepat, dan tutup kembali yang rapat.

Manfaat dari pupuk organik

Pupuk padat dari hasil limbah kotoran kambing ini sangat baik jika selalu di gunakan secara teratu buat tanaman dan lahan pertaniaan. Ada bebrapa manfaat pada pupuk organk ini.

Pupuk organik yang di buat dari kotoran kambing ini sangat ramah sama lingkungan karena terbuat dari bahan yang alami, tidak tercampur dari bahan kimia. Maka dari itu hasil panen bebas dari residu kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia.
Pupuk ini mudah di urekan untuk tanah, maka di sebut ramah sama lingkungan. Pupuk padat dari kotoran kambing ini mampu menjaga kesuburan tanah hinga waktu yang lama hinga beberapa tahun.

Silakan di aplikasikan langsung di rumah semoga Dengan artikel ini bisa membatuk yang menjadi keluhan kalian dalam pembuatan pupuk. Sekian trimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Membuat Pupuk Konpos Kotoran Kambing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel