-->

Panduan Cara Ternak Ayam Bangkok Untuk Pemula

Ayam bangkok merupakan ayam aduah yang di gemari oleh para pecinta penggadu ayam. ayam bangkok merupakan ayam yang sangat tangguh untuk di buat petrungan di bandingkan dengan ayam lainya, ayam ini sangat di gemari oleh para pecinta petarung ayam, karena memiliki keberanian yang luar bisa. selain itu ayam ini mempunyai harga jual yang mahal,  maka bannyak orang yang inggin membuka usah dengan jenis ayam ini dengan cara membudidayakannya. Para pemula yang inggin mencoba untuk buka usaha dengan membudidayakan jenis ayam ini, di sini saya akan mencoba untuk memberika cara termudah untuk cara berternak ayam bangkok.

CARA BERTERNAK AYAM BANGKOK UNTUK PEMULA

Didalam berternak ayam bangkok, ada beberapa cara yang perlu di mengerti, agar mendapatkan hasil yang bagus dan berkualitas super, dan bisa mempuyai harga jual yang sangat mahal. Untuk mengetahui caranya adalah sebagai berikut ini:

Berternak ayam bangkok, harus memilih betina dan jantan yang sehat juga gesit, agar mempuyai keturunan yang bagus, untuk yang jantan pilih dengan postur yang tingi dengan kaki panjang, dan tegak, juga mempuyai tingkah laku yang sanggat kesit dan tidak cacat atau sakit, bulu yang halus ekor yang lentik, juga cembel jangat terlalu besar yang sedang sedang saja. Untuk ayam bangkok yang betina di teliti dari asal usulnya keturunananya, dengan betina dari asli bangkok maka akan menghasilkan peranakan-peranakan yang bagus sehinga menjadi ayam-ayam bangkok yang berkualitas yang bagus, makan akan menjadi harga jual yang mahal indukan jantan.

MEMILIH LOKASI KANDANG

penepatan kandang yang tepat, kalo bisa jarak atara rumah denga kandang 30 meter, biyar bisa selalu memantao, dan ada penggairan yang baik, dan pastinya juga penerangan aliran listrik, pembuatan kandang harus ada intalase yang banyak agar bisa selalu dapat udara yang segar, matahari bisa langsung masuk kekandang. Kandan juga harus selalu di bersihkan agar kotoran ayam yang menumpuk tidak menimbulkan bau yang tidak sedap, dengan kandan yang bersih, maka ayam tidak mudah terkena penyakit.

MENGLOMPOKAN AYAM ANTAR BESAR DAN KECIL

untuk penglompokan ayam antar besar dan kecil, di antaranya ialah dengan ayam yang kecil akan selu kalah dalam hal makanana maka jika tidak di pisahkan akan menjadi bertambah buruk bagi ayam tersebut, dan ayam yang kecil akan selalu di buat musuh dengan ayam yang lebih besar darinya maka perlu di pisahkan, ayam yang kecil di ketepikan di beri tempat sendiri dan di kasih makan sendiri. Berternak ayam bangkok ada pecahan 4 bagian

1. ayam yang baru menetas 3 minngu
2 ayam yang sudah umur 6 minggi
3. ayam yang sudah ber umur 4 bulan
4. ayam yang sudah 8 bulan

Dengan berbedaan ini ayam harus mempuyai kandang sendiri sendiri,
Untuk pembuatan kandan yang sesuai dengam ayam yang akan di tempatkan  adalah sebgai berikut:

Kandang ayam bangkok biasanya di buat dengan yang sangat baik. tapi hargnya juga relatif murah, kandang juga bisa di buat sendiri, kandang bisa di buat dengan bambu atau kayu jati atau kayu lainnya, asalkan bisa di buat kandang, untuk pembuatan kandang sebaiknya bisa di buat sendiri biyar tau dengan ukuran yang akan di isi berapa ekor ayam untuk satu kandang, pembuatan kandang alangkah baiknya dengan kandang panggung, dengan kandang panggung kotoran ayam bisa jatuh kebawah dan mudah untuk membersihkan.

Ukuran kandang yang sesuai

Sanggat perlu sekali dengan ukuran kandang yang sesuai dengan ayam antara besar kecil atau dengan beda umur, yang di perlukan tempat kandang yang pas, ialah sebagai berikut akan akami uraikan dan jelas kan.

1. Untuk ukuran kandang ayam bangkok yang baru menetas yang berumur 3 minggu dengan besar kandan ialah. Lebar 150 cm panjang 100 cm dan tinggi 30 cm muat ayam sekitar 30 ekor ayam.

2. Ayam bangkok yang sudah berumur 6 minggu dengan kapasitas kandang sekitar, panjang 150 cm x 100cm tinggi 50 cm muatan isi sebnyak 30 ekor ayam.

3. Menginjak ayam yang sudah berumur 4 bulan, ayam sudah muli besar membutuhkan kandang yang agak sedikit besar sekitar, panjang 170 cm x 140 cm tinggi 80 cm bisa di isi sekitar 20 ayam.

4. Untuk ayam yang sudah besar kandang biasanya terpisah sendiri- sendiri, kandang dengan 1 ekor ayam besar sekitar 50 cm x 50 cm tinggi di sesuwikansaja.

Kandang juga perlu di lengkapi dengan peralatan sperti tempat pakan dan tempat minum dan ayam juga memperlukan kehanggatan bisa di buat dengan mengunakan lampu dop.

PEMBERIAN PAKAN

untuk pemberian pakan yang masih berumur di bawah tiga bulan ialah harus di berikan dengan pakan yang pur yang banyak mengadung gizi, kalsium, dan porotein agar pertumbuhan  menjadi lebih cepat.

Untuk pemberia  pakan mengunakan pur bisa langsung di kasihkan, atau di campur dengan air, tempat pakan juga harus selalu di bersihkan, pakan pur yang sudah di campur dengan air biasanya akan berbau basi, makan lebih baik di buang di ganti dengan yang baru. 

untuk pemberian pakan yang sudah berumur 3 bulan ketas atau sudah 6 bulan,  memerlukan pakan yang mengandunggi  karbohidrat, untuk memper cepat pertumbuhan daging dan otot. Untuk pakan yang cocok untuk di berikan sejenis pur yang kasar, bisa di tambahkan nasi. 

Untuk pemberian pakan ayam yang sudah berumur dewasa, bisa di berikan pakan dengan jenis apapun,  sperti dedak, jangung, padi, beras, makanan untuk menambah setamina, air juga sangat penting untuk persediaan minum, maka perlu di sediakan, dan juga sering-sering di ganti untuk menjaga kebersihan dan kesegaran. Bisa di tambahkan kedalam air minum dengan vitamin atau supelmen.

Silakan memartekanya dan semoga bisa bertambah sukses, berjaya dengan usaha ternak ayam bangkok yang sangat terkenal ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Cara Ternak Ayam Bangkok Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel