-->

Cara Ternak Entok yang Benar Dan Cepat Gemuk

Berternak kini semakin di gemari oleh semua masarakat kebanyakan di wilaya di pedesaan. usaha berternak entok suatu usaha ternak yang bisa di lakukan dengan tidak meningalkan pekerjaan lainnya, karena berternak entok sanggat mudah dan tidak ribet, maka dari itu berternak entok sama sekali tidak menggangu pekerjaan lainnya.

Untuk cara ternak entok dengan memberikan pakan secara alternatif maka akan membuat usaha ternak bisa semakin cepat berkembang, entok merupakan unggas ternak yang banyak di budidayakan di indonesia. karena berternak entok yang pertumbuhannya sangat cepat, maka akan cepat pulan mendapatkan hasilnya.

tetapi masih banyak para masarakat yang masih belom tau dengan cara pakan alternatif atau sekarang biasa di sebut ternak moderen, kebanyakan masarakat di pedesaan masih berternak hanya di buat sampingan saja dengan berternak entok umbara, berternak entok umbara biasanya pada saat pagi di lepas dengan bebas untuk mencari pakan secara alami, dan terkadang di berikan makan dengan seadanya, di masukan kandang pada waktu malam agar tidak di serang oleh binatang buas sperti anjig, hanya sperti itu.

Untuk itu mari kita belajar cara berternak dengan pakan alternatif atau berternak secara moderen yaitu sebagai berikut ini:

Untuk berternak entok dengan pengemukan kita perlu tau sebelumnya dengan dua hal agar bisa lebih cepat berkembang dan daya tahan tubunya menjadi setabil. Oky langsung saja kita simak penjelasannya.

1. Pembuatan kandang

Kandang sangat lah perlu di butuhkan oleh entok, kandang untuk tempat tingal entok untuk beristirahan dan juga untuk berlindung dari binatang-binatang yang buas, dengan kandang yang bersih akan bisa membuat entok menjadi sehat dan cepat berkembag.

Pembuatan kandang dengan lokasi yang paling nyaman dan sangat mudah untuk menjagahnya ialah dengan membuat kandang di sekitaran rumah, seprti di belakang atau di samping sekiranya jarak dari rumah tidak terlalu jahuh, ini kalo berternak dengan sekala kecil. Kandang juga harus selalu di bersihkan untuk mengurangi bau kotoran entok, agar tidak menggangu orang yang di sekitarnya. Keberisahan juga sangat baik bagi entoknya karena akan membuat entok cepat berkembagan pertumbuhannya.

kalo inggin berternak entok dengan sekala besar, untuk pembuatan kandang yang pas ialah, dengan jara dari pemukiman warga sekitar 200 meter, jarak kandang yang jaho untuk menjaga keamana entok dengan pembuatan kandang dengan bentok kandang yang berdinding dan beratap juga harus di berikan entalase dan ada sinar mata hari masuk, kandang juga selalu di bersihkan jika kandang lembab maka bisa di berikan sekam padi, atau serbuk, gergarji.

2. Pakan dan perawatan entok

Pakan merupakan kebutuhan poko untuk perkembangan entok, pakan berkuwalitas yang di perlukan untuk perkembangan entok agar bisa tumbuh secara optimal. Selain pakan entok juga perlu di berikan asupan nutrisi dan gizi juga vitamin. agar mendapatkan entok dengan kualitas yang unggul kita juga harus bisa mengatur pakan yang di butuhkan untuk anak juga indukanya.
Dengan demikian maka entok anakkan dengan entok indukan, pakannya perlu takeran.

- Pakan untuk anakkan entok yang baru berumut sekitar 1 - 13 hari, pakannya memperlukan protein dan  nutrisi, agar bisa cepat  berkembangan dan menjaga kekebalan pada tubunnya.
Anak entok memperlukan asupan pakan dari nutirisi juga portein kasar, energi kalsium, fosfor, dan juga vitamin. Pakan yang mengandung sperti itu dari pakan kosentrat starter pelet,  pakan kosentrat sangat baik untuk di buat pakan entok anakkan yang masih berumur sekitar 1- 13 hari.

- pakan entok yang sudah berumur sekitar 16- 35 hari tidak terlalu banyak dalam kebutuhan pakan, di banding entok yang masih berumur 1-13 hari, pada masa pertumbuhan ini anak entok lebih memperlukan energi, agar pertumbuhanya menjadi baik, makan bisa di berikan  pakan dengan kosentrat yang di campur dedak, ampas tahu, jangung, atau pakan lainya,

- untuk pakan entok yang sudah ber umur 35- 40 hari. entok membutuhkan vitamin juga meneral yang lebih tinggi, untuk menjaga kesehatan tubuh entok, dengan entok yang sudah berumur segini pakan bisa di berikan dengan pakan sperti, ikan runcah, enceng gondok, bekatul, keong, menir, ampas tahu, nasi basi, dan lain-lannya.

 Pemberian paksin pada entok

Berternak entok dengan cara selanjutnya agar bisa cepat lebih besar dengan pemberian vaksinasi, kepada entok dan anaknya, pemberian vaksinasi agar entok dan anaknya bisa gebal dari serangan penyakit.

Entok mempuyai daya tahan tubuh yang sangat baik di banding dengan ternak lainya, sperti ayam potong.  Untuk itu pemberian vaksin pada entok untuk mencegah penyakit apapun yang datang menerang, sperti penyakit entok biasanya ialah flu, peyakit ini sangat mudah menjakiti pada entok, maka dari itu pemberian vaksin pada entok sangat perlu untuk kesehatan.

Untuk pemberian pakan pada ternak entok yang bisa membuat cepat besar dengan memberikan pakan dengan konsentrat, yang di campur dengan startet. Untuk pemberian pakan agar entok dan anaknya bernafsu makan maka pakan tanpa harus di campur dengan air, dengan demikian berta badan entok akan cepat bertambah.

AGAR ENTOK INDUKAN BISA CEPAT BERTELUR DENGAN PAKAN YANG MENGADUNGI NUTRISI

Agar entok bisa cepat bertelur untuk pemberian pakan yang harus mengandungi protein dan vitami juga nutrisi, pakan yang termasuk pakan yang mengandungi nuturi sperti pakan, keong mas, atau sperti bekecot, pakan yang semacam ini banyak di jumpai di pesawaan, atau di belakng rumah yang ada tangungan air bisanya di daerah pedesaan.

Sebelom pakan-pakan tersebut di berikan pada entok lebih bagianya keong maupun bekecot sudah di keluwarkan dari cangkungnya agar untuk memudahkan entok mekannya.

3 faktor supaya entok-entok kamu bisa cepat bertelur


  • yang pertama dari segi pakannya sperti yang sudah kami jelas kan di atas, pakan yang mengandungi protein yang tinggi bisa memperbaiki reproduksi telur.
  • habitat entok sebenarnya di darat dan di air, usahakan kandang bisa dilengapi dengan kolan, agar tidak membuat entok menjadi sters, dan bisa di berikan vitamin.
  • lingkungan juga sangat pengaruh agar entok bisa cepat bertlur, lingukan yang harus berkondusif.


sekian trimakasi ulasan Cara Ternak Entok Yang Benar Dan Cepat Gemuk. Selamat mencoba semoga bisa sukses aamiiin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Cara Ternak Entok yang Benar Dan Cepat Gemuk"

  1. Pernah ternak juga dan perawatannya lebih gampang jika dibandingkan dengan saudaranya yaitu itik. Thanks infonya mas...

    ReplyDelete
  2. Kalo sudah ikut tips diatas tp tetap susah gemuk gimana ya gan?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel