-->

Cara Budidaya Ikan Mujair Di Kolam Terpal

Cara budidaya ikan mujair di kolam terpal sangat menguntungkan. budidaya ikan mujair mempunyai prospek yang sangat menjajikan. ikan mujair salah satu ikan jenis air tawar yang biasa di manfaatkan untuk keperluan konsumsi. Ikan mujair berbentok pipih dan berwarna abu-abu, hitam, atau cokelat. Ikan mujahir mempuyai tingkat pertumbuhannya sangat tinggi, dan ikan mujair sangt di minati oleh kebanyaka masarakat untuk dibudidaya kannya. Ikan mujair juga banyak di gemari untuk di buat menu makan.

Ikan mujair juga sangat mudah untuk beradaptasi oleh lingkungan. Jenis ikan ini juga sangat cepat untuk berkembang biak. Dengan jangka beberapa bulan saja ikan mujair mampu mem, populasi menjadi banyak. Habitat ikan mujair ini bisanya berada di dalam sungai yang dangakal, tetapi juga bisa di budidayakan di kolam. Namun untuk membuat kolam juga membutuhkan dana yang tinggi. Seperti budidaya ikan lainya dengan tambak.

Oleh karena adaptasi yang di milik ikan mujair sangat baik maka budidaya ikan mujair di kolam terpal tidak lah sulit. Untuk itu jika kalian berminat untuk usah budidaya ikan mujair maka akan kami berikan langkah -  langkahnya pada berikut ini:

Memilih Indukan Ikan Mujair Yang Unggul

Budidaya perikanan memilih indukan ialah salah satu menentukan kualitas pasa panen yang akan di hasilkan nantinya, dalam memilih indukan tentunya haru di lakukan untuk menilai indukan yang unggul.

Indukan, harus baik, sehat, besar dengan bobot sekitar 100 g. Ikan mujair ter diri dua jenis betina dan jantan. Untuk membedakan ciri dari keduanya bisa di lihat dari fisiknya.
Untuk mengetahui perbedaan antar ikan mujair jantan dan betina ialah seperti berikut ini :

Indukan jantan

Memiliki dua lubanga di bagian urogenetial. Yaitu pada bagaian anus dan lubang sperma yang juga merengkap sebgai lubang urine. Di ujung sirio yang berwarna kemerah merahan terang dan jelas. Dan di bagian perut berwarna lebih gelap atau kehitaman.

Indukan betina

Ikan mujair yang betina memiliki 3 lubang di bagaian urogenetial. Terdiri dari lumbang anus, lubang untuk mengeluaekan sel telur yang terpisah dari lubang urine. Dan ujung sirip yang berwarna merah kemerahan picat dan tidak jelas. Pada bagian perut yang berwarna putih dan dagu juga berwarna putih. Jika perut di lus tidak mengeluarka  cairan.

Cara Pemijahan Benih Ikan Mujair

Langkah selanjutnya ialah dalam budidaya ikan mujair adalah cara Melakukan Pemijahan agar induka menghasilkan bibit yang kemudian akan di tebar seperti cara budidaya ikan lainya. Cara pemijahan ini di lakukan dengan kolam yang terpisah. Okay akan saya bahas secara terang pada berikut ini :

Membuat kolam dengan ukuran sekitar 2x3 meter. Dengan kedalaman sekitat 50 cm. Masukan lumpur halus pada bagian dasar agar ikan mujair bisa membuat sarang secara mudah. Jika sekiranya kolam sudah benar benar jadi maka masukan indukan jantan dan betina kedalam kolam dengan perbandingan 3:2 pada saat peroses pembuahan terjadi, indukan betina akan menyimpan sel telur di dalam mulutnya, hinga hambir sampe telur akan menetas, Inkubasj berlangsung hinga 3 -4 hari dan stelhnya telur akan segera menetas dan menjadi larva. Stelah larva ikan yang berumur sekitar 2 minggu, maka sudah siap untuk di lepas dari induknya agar bisa mencari makan sendiri.

Membuat Kolam Terpal

Budidaya ikan mujair di kolam terpal sangat mengirit biaya dari pada budidaya dengan kolam tanah. Untuk membuat kolam terpal dengan ukuran 40x40x100 m2 satu lembar terpal dan bambu untuk membuat kolam. Kolam terpal untuk budidaya ikan mujair kalian bisa membuatnya dengan sesuai dengan kapasitas laha yang ada, gunakan terpal plastik yang tebal agar bisa tanah lebih lama. Bentok kolam persegi panjang, dan setiap pojok di berikan tiang untuk menyangak kolam biayr tidak roboh. Saat kolam selesai dibuat langsung di isi dengan air dan biayarkan selam 1 minggu, jika air sudah berubah warna baru bisa di tebarkan benih ikan mujair.

Menebar Bibit Ikan Mujair Di Kolam Terpal

Jika pembuatan kolam terpal sudah siap maka langkah selanjutnya ialah penggisian air stelah kolam di isi air sebaiknya kolam jangan langsung di isi benih ikan mujair, biayrkan air berubah warna kehijuan dan sudah berlumut, dan jika sekiranya air kolam sudah berubah warna maka sudah siap benih ikan mujair di tebarkan kedalam kolam terpal.

Kenapa air kolam terpal menunggu berubah warna terlebih dahulu? Jika benih yang masih ber umur 1 minggu jika langsung ditebarkan dengan kolam terpal akan berdampak banyak kematian pada benih ikan mujair. maka untuk mengurangi akan kematia yang terlalu banyak.

Pemberian Pakan Pada Benih

Pada saat benih sudah di tebar kedalam kolam maka benih membutuhkan asupan pakan untuk kehidupannya. Maka dari itu pemberian pakan harus dengan secara teratur.

Pemberian pakan pada benih ikan mujair bisa di berikan perupa pelet dengan kandunga protein 23% , dan lemak 27%, karbohidarat 14% pemberian pakan harus di lakukan secara teratur, di berikan dalam satu hari 3 x, pada waktu pagi, siang hari, sore hari, pada pemberian pakan pada ikan mujair jangan terlalu banyak sebaikanya di perkirakan dengan kapasitas benih yang di tebarkan, karena dengan kehendapan pakan yang tersisa yang percampur kotoran ikan akan memper cepat air menjadi bauk.

Meper hatikan air kolam

Untuk menghidari peyakit yang bisa menjakiti pada ikan mujair, maka perlu memperhatikan kebersihan pada air kolan, untuk menjaga kebersihan air kolam sebaiknya kolam 2- 3 minggu air di ganti satu kali. Dengan demikian maka ikan kan terlihat segar dan sehat.

Masa panen ikan mujair

Ikan mujair siap di panen bisanya pada umur sekitar 4-5 bulan dengan ikan yang baik akan memiliki harga jual yang baik juga. Untuk cara panen ikan mujair ialah  pada saat inggin di panen yang lebih baik ikan di berikan pakan agar untuk menambanh berat ikan, dan kemudian kurangi volume air dengan secara perlahan lahan untuk menghindari ikan biyar tidak stres. Jika air sudah berkurang maka kamu bisa segera memanennya  dengan mengunakan alat serok atau lainya, dan masuhkan hasil penangkapan ikan kedalam wadah bak, maka ikan siap untuk di jual ke pembeli.

Silakah kalian parteka langkah demi langkah Cara Budidaya Ikan Mujair Di Kolam Terpal semoga berhasil.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Mujair Di Kolam Terpal "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel