-->

Panduan Usaha Budidaya Ikan Nila Yang Bikin Cepat Untung Dan Cepat Panen

Budidaya ikan nila yang terlihat sangat mudah dan gampang, maka dengan budidaya ikan nila suatu peluang usaha yang bisa cepat menguntungkan, dengan usah budidaya ikan nila yang bisa merai uang dengan jutaan rupiah perbulan.

Banyak para masarakat yang memilih ikan nila untuk di buat menu makan, karena ikan nila mempunyai rasa yang sangat lesat dan juga gurih, di banding ikan lainya. dengan serius, Maka kamu bisa membuat ladang usaha utama dengan budidaya ikan nila. Hanya saja harus hati-hati karena budidaya ikan nila gampang-gampang susah. Kalo tidak tau caranya dan langsung bikin kolam di isi air di beripakan, banyak kemungkinan akan menemukan ikan yang akan mati.

Sudah banyak yang kami lihat ternyata perawatan ikan nila ini bisa  dibilang unik, walpun keunikannya tersebut bukan sebuah hal mahal dan rumit. tetapi kalo di biyarkan bekitu saja pastinya akan mengalami kerugian yang besar.

Usaha budidaya ikan nila adalah:

Budidaya ikan nila termasuk mudah dan ukuran kolan pun tidak harus besar, jika diperhatikan dengan seksama, usaha budidaya ikan nila sebenarnya sangat lah bagus, jika serius mengerjakannya. bahkan bisa mejalakannya dengan lahan yang sepit dengan megunakan kolam terpal.

Usaha budidaya ikan nila tergolong sangat cepat bisa balik modal dan menguntungkan. Karena ikan nila bisa di panen dengan jangka waktu hanya beberapa bulan saja dan harga jual di pasaran pun masih tetap setabil. Dan usaha budidaya ikan nila ini bisa di kerjakan siapa saja, juga tidak menggagu pekerjaan yang lain.

Pemliharaan ikan Nila

Pemeliharaan ikan nila yang baik ialah dengan cara monokultur atau  merawat indukan yang jantan dan betina secara di pisah, tujuanya ialah untuk mempermudah peternak melakukan pemijahan atau seleksi induk.

Membuat ikan Nila yang Baik

Ikan nila ialah ikan yang hidup di air tawar, untuk pembuatan kolan sebaiknya dengan mengali tanah, membuat kolam ikan nila dengan tanah yang lepung agar air bisa bertahan. Baiknya dengan diternak didataran yang rendah dengan ketinggian sekitar 450 _ 550 dpl. Untuk suhunya sekitar 25 - 30 cs, dan berkadar garam sekitar 35 ml, juga PH skitar 4-6.

Kolam ikan Nila

Banyak mara budidaya ikan nila yang mengajarkan untuk melakukan proses pengapuran sebelom kolam akan di gunakan. hal ini bertujuan untuk membersihkan kolam dari hama dan juga ikan liar. Gunakan garam sekitar 20 _ 200 gram,/m2. Untuk melakukan pengapuran setelah kolam kering.

tambahkan denga pupuk organik atau pupuk alami dari kandang, dengan kadar 50 - 60 gram, bisa juga mengunakan pupuk TSP dengan dosis skitar 14 gram, atau 10 gram.

Panduan Memilih Bibit ikan Nila Yang Unggul

Memilih bibit suatu hal yang sangat penting di dalam budidaya apa pun, termasuk budidaya ikan nila, karena memlili bibit ikan nila yang unggul akan menigkatkan kualitas ikan nila pada masa panen.

Ikan nila yang berjeniz kelami mempuyai pertumbuhan yang  sangat cepat, di banding dengan ikan nila yang berjeniz betina. Dengan sebab itu lah kita cenderung suka memilih bibit ikan nila yang berjeniz jantan dari pada betina, agar budidaya ikan nila kita biar lebih cepat perkembangannya.

tetapi jangan terlalu banyak menaruh ikan nila yang betina dalam satu kolam, karena ikan nila memiliki sifat yang memijar atau suka kawin. karena dengan proses memijar ini bisa mempengaruhi perkembangannya, karena  kehabisa energi.

Proses Penebaran Bibit ikan Nila

Penebaran bibit ikan nila yang masih ber umur 15 hari atau 2 minggu biasanya kedalaman airnya
Sekitar 60 - 70 cm. Untuk jumpalh bibit ikan nila sekitar 25 ekor, permeter persegi. atau 18 ekor.

Sebelum bibit ikan nila ditebarkan  biasanya di lakukan beradap tasi terlebih dahulu terhadap kondisi kolam tersebut. agar ikan nila tidak stres dan juga tidak banyk banyak yang mati.

Proses Pemberian Pakan ikan Nila

Biasanya ikan nila di berikan pakan dengan jenis sperti: tepung ikan 25%, kopra 10% dedak / bekatul yang halus 60 %. dan pellet yang berkadar 20-30%, berikan pakan pellet dengan takeran sekitar 2-3% dari  berat populasi dan di berikan pada waktu pagi dan sore.

Jika inggi membuat pakan pelet sendiri agar bisa mengurangi kos penggeluwara, bisa dengan mengunaka bahan
dedak halus 25 grm,
Tepung jangung 7 grm,
Tehung ikan 30 grm,
Tepung benewa 3 grm,
Tepung trigu 23 garm, vitamin 1, 6 garm, air secukupnya.

Masukan semua bahan kedalam wada aduk hinga rata denga di tambah air, sampai adonan berbentok pasta. Jika sudah buat lah pellet dengan ukuran biasanya, kemudian jemur hinga kering.

Berikan dengan pakan ini dua hari sekali dengan pakan ini bisa membuat perkembanga usah ikan nila pada awal mula.

Saatnya Panen ikan Nila

Budidaya ikan nila tergolong sangt cepat, biasa ikan nila bisa di panen dengan jangka waktu sekitar 4 - 5 bulan dari mulai penebaran bibit hingga penen. Pada masa demikian berat ikan nila sudah sekitar mencapai 250 gr hinga 500 gr se'ekor.

Demikian catatan singkat Panduan Usaha Budidaya Ikan Nila Yang Bikin Cepat Untung Dan Cepat Panen, semoga bisa berman faat untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Usaha Budidaya Ikan Nila Yang Bikin Cepat Untung Dan Cepat Panen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel