-->

Cara ternak kelinci yang benar dan jenis kelinci




Kelinci adalah hewan mamalia yang lucu dan imut, kelinci sangat jinak dan ramah terhadap lingkungan, para anak-anak sangat suka bermain di rumah maupun di kebon, kelinci termasuk binatang peliharaan, dan ternyata banyak juga jenis kelinci lainya, jenis kelinci lainya ialah: kelinci java ( lepus negricollis ) sperti kelinci sumatera ( Nesolagus netseherischlgel ).

kelinci buka hanya di gemari karena bentoknya yang lucu, banyak orang yang berminat untuk berternak kelinci, karena kelinci mempuyai keinstimewaan tersendiri. Dan daging kelinci sangat lembut dan enak di masak, bahkan di indonesia disuatu daerah ada yang membuat sate kelinci, Dan rasanya sangat enak.

Maka kini semakin banyak orang yang ingi berteran dengan hewa mamalia ini, dengan bentok yang lucu dan jinak ramah dengan lingkungan dan juga cepat bisa berkembang biayak, kelinci mampu beranak sekali 7-8 anak, dengan keistimewaannya yang bekitu banyak maka orang-orang semakin berminat ingin berbisnis ternak kelinci. Berternak kelinci tidak membutuhkan modal yang bekitu banyak.

Maka bagi kamu yang minat dengan usaha berternak kelinci bisa berawal dengan modal kecil atau langsung modal besar, berternak kelinci ini juga sangat sederhan dan tidak menggangu pekerjaan lainya keran bisa dilakukan dengan santai, hanya sedikit mencari rumput untuk pakan kelinci.

Untuk memulai berternak kelinci tetapi belom punya sekil dalam hal bidang berternak. tenang kami akan mengajarkan kaliam para pemula yang ingi berbudidayakan kelinci. Didalam berternak memang tidak harus mempuyai binatang peliharaan saja tetapi juga perlu mengetahui sekil dalam hal perawatan, kesehatan, dan pemngemukan.

Pertama dalam memulai berternak ialah:
1 membuat kandang

Kalian sudah memutuskan inggin berternak kelinci dari sekal kecil atau dengan sekal besar, kalian bisa merencanakan dengan pembuaatan kandang. Terlebih lagi jika keterbatasan lahan. Ada beberapa hal yang harus perlu di ketahui dalam pembuatan kandang kelinci.

- jika berternak kelinci dekat di pekarang rumah, usahakan jangan terlalu dekat denggan dapur atau tempat makan untuk menjaga kesehatan.
kelinci mempuyai masalah kesehatan tersendiri yang bisa menjadi kan manusia sakit,
Kalo jarak di antara keduanya terlalu dekat, di antara faktor lainnya iyalah dari pancaran sinarmatahari, jika ternak kelinci kurang mendapatkan cahaya sinar matahari makan mengakibatkan ternak kurang sehat, karena tidak cukup mendapatkan cahaya sinar matahari karena terhalang oleh bangunan rumah.

- besarnya kandang juga bisa mempengarui perkembangan ternak, karena dengan kandang yang berukuran kecil membuat ternak merasa tidak nayaman, maka untuk membuat kandang juga harus disesuaikan dengan banyaknya kelinci dan luasanya lahan. Satu kandang kelinci bisanya besar tigak kali ukuran kelinci dan dengan bentok memanjang.

- kandang kelinci ada dua macam bentok, kandang bisanya di buat dengan bentok terbuka, ada juga dengan bentok tertutup, kandang kelinci bisa di buat dengan bambu atau dengan kayu jati, tetapi semua itu membutuhak  waktu agak lumayan lama, kini sudah tersedia dipasar-pasar berjualan kandang kelinci yang terbuat dari almunium dan kawat, kandang semacam ini untuk sekala kecil ternak kelinci. tetapi kalo kalian ingin berternak kelinci dengan sekal besar kami sarankan lebih baiknya membuat kandang sendiri, agar bisa mensusuweak jumpalh kelinci yang di ternak.

2. memilih bibit kelinci

-  ada dua jenis kelinci, ada kelinci hias, ada kelinci untuk daging, tergantung kalian mau berternak yang mana, jika ingi berternak kelinci yang hias pilih kelinci yang berbulu panjang. Jika kalian minat berternak kelinci yang pedangi maka kalian pilih kelinci yang berbulu pendek, dari harga jual kelinci itu masing masing berbeda, untuk kriteria kelinci adalah sebagai berikut ini:

3 cara membandingkan kelinci janta dan betina

- didalam berternak kelinci untuk pedangi harus bisa membedakan dengan yang betina dan yang jantan, untuk mengetahui antara jantan dan betina ini tidak sulit, untuk mebedakan kelinci betina atau jantan tidak membutuhkan waktu lama hanya beberapa menit saja kita sudah bisa membedakan. Untuk membedakan kelinci jantan dan betina adalah:

- sudah bisa dibedakan, kelinci janta mempunyai kepala sperti balok atau kotak, dan mempunyai badan agak kecil dibanding kan kelinci betin, berat badan lebih ringan di banding kelinci betina, di dekat anusnya terlihat ada benjolan pada saat cuaca panas, lebih ramah dengan lingkunga, menujukan testikel pada saat tidur tau pun saat duduk, dan terlihat sangat lincah.

- untuk kelinci betina mempunyai kepala yang berbentok bulat sperti bolat dengan postur tubuh lebih besar dibanding kan kelinci jantan, dan berat badan juga lebih berat dibandingkan jatan, memeliki kundukan celah diatas anusnya.

4. Cara mengawinkan kelinci

- usia sangat penting saat kelinci akan di kawinkan, karena saat kelinci di kawinkan dengan berumur masih muda akan pengarung dengan kesehataan kelinci, kelinci di kawinak kurang lebih pada usia 8 bulan, jika kurang dari 8 bulan makan akan terjadi kefatalan kepada kelinci tersebut, contohnya jika kelinci jantan di paksa kawi pada masa usia masih 6 bulan makan kelinci tersebut akan menjadi kerdil lama kelamaan bekitu juga dengan yang betina. Selain itu juga akan pengaruh dengan terjadinya kemungkinan besar akan gagal bunting.

-kelinci yang sudah siap kawi akan terlihat dengan sendirinya, contohnya kelinci akan terlihat gelisah tidak sperti biasanya, dan kelinci sering mendekat dengan kilnci lain kelami, kelinci yang ingin kawi akan terlihat vulvanya berubah menjadi merah jambu dan kelinci sering menggosokan dagunya.

- nah jika kelinci kalian sudan terlihat tanda-tanda sperti di sebutakan makan kelinci kalian sudah siap di kawinkan. Untuk mengawinkan kelinci adalah sebgai berikut:

- pidahkan kelinci betina ke kandangnya, masukan kelinci betin kedalam kandang kilnci jantan, dengan demikian kelinci jatan akan merasa percaya diri dibandingkan dengan kelinci betina karena mendominasi kandang. biyarkan dua kelinci tersebut, jika sudah terlihat kelinci janta menaiki  kelinci betina selam 4 menit makan bisa di keluarkan kelinci yang betina dari kandang kelinci yang jantan, biyarkan kelinci yang jatan berinstirahat selma 15 menit, dan masukan lagi kelinci yang betina kedalam kandang jantan, perhatika  kelinci yang betina dari tingah lakunya jika menghidari itu artinya sudah tidak mau di akwinkan lagi, makan kelinci yang betina bisa di keluwarkan dari kandang, dan masukan lagi kekandangnya.

5 kelinci yang hamil

- beberapa saat proses kawin sudah selesai, makan akan terjadi kehamilan pada kelinci betina, untuk mengetahui kehamilah kelinci  itu terkandang tidak bisa terlihat dari bentok fisiknya, tetapi bisa di lihat dari sifatnya yang berubah, kalian bisa menjadi pedoman pada beberap sifat kelinci yang sedang hamil.

- pada masa kehamila pada minggu pertama kalian bisa memerhatikan pada kelinci betinya yang sedang hamil kan semaki bertambah makannya, dan kalian bisa melihat pada perutnya dengan meraba jika terdapat sedikit benjolan maka menadakan kelinci sedang hamil, jika tidak bisa di lihat dari segi fisik kita bisa lihat dari tingkah laku biasanya kelinci yang hamil akan membuat sarang untuk di jadikan tempat anak nya,

6 Kelinci melahirkan anak

Beberapa selang kemudian kelinci akan beranak, kelinci yang beranak akan semakin bertambah pola makanya krena akan menyususi anak-anaknya yang masih baru lahir, untuk ituk jangan sampke kekurangan pakan kepada hinduknya karena jika hinduk kekurangan pakan akan bisa memakan anaknya sendiri. Kelinci kalo beranakkan yang banyak terkadang yang lainya tidak mendapatkan jatah susu dari induknya, maka kelinci yang tidak dapat susu dari induknya bisa di titipkan kepada indukan lainnya dengan.

- ada beberapa cara untuk merawat kelici kalian dengan baik, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

7 pakan kelinci

- makan yang  kaya dengan pitami akan membuat kelinci ternak kalian akan sehat dan subur, demikian daftar makan kelinci yang baik
Sperti sayur sayuran dan buah-buahan, rerumputan, daun kelubis, dau sledri, brokoli, pepaya,selenda, wortel.

8. Menjaga kebersihan kandang

- Kebersihan kandang sangag perlu karena menyangkut dengan kesehatan pada kelinci tersebut, jika kandang terlalu kotor akan menicu datangnya penyakit kelinci, dan resiko menular kepada manusia bisa juga kemungkinan bisa terjadi, dengan sering membersikan kandang dari kotoran kelinci bisa menyegah datangnya peyakit kelinci.

9 suwara bising

Ternyata kelinci tidak suka dengan suawar yang  bising, jika kelinci terdengar suwara yang bising akan bisa menyebabkan seter pada anak anak kelinci yang masih kecil, bahkan bukan anak yang kecil saja yang besar juga akan seters jika terdengan suwara bising.

Selamat mencoba dan mepratekannya langsung, semoga dengan artikel ini bisa membantu pembaca semua aamiiin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara ternak kelinci yang benar dan jenis kelinci"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel