-->

Panduan Cara Tanam Buah Melon Didalam Pot

Cara Tanam Melon Didalam pot

Melon ( dengan nama latinya cucumis melon L . ) tanaman ini bisa menghasilkan buah dengan warna kulitnya putih kehijuan dan kemerahan. Daging buah melot lembut dan rasanya manis biasa di makan sebagai penyuci mulut selepas makan, bisa di buat campuran es buah.

Tanaman ini merambat di lanjaran dengan berdaun dengan bentuk menjari serta batang nya tidak berkay, tanaman  ini termasuk dengan tanamana yang memiliki ekonomis yang baik. maka lebih baik mencoba bercocok tanam melon sendiri,  bisa mencoba di pekarangan rumah dengan cara menanam di dalam pot. Jika anda berminat untuk bercocok tanam buah melom simak pada berikut ini:

Cara Tanama Buah Melon Didalam Pot

Tanaman ini di tanam pada pekarangan rumah juga akan bisa menghadirkan ruag penghijuan  yang baik pada lingkungan. Hasil dari tanaman melon lebih merasa kepuasan dari pada hasil beli. Nah untuk anda yang sekiranya berminat bercocok tanam melon pot, kami bahas tuntas ureanya.

1. menyemai bibit dan mepersiapakn media tanam

langkah awal dalam menanam melon kita membutuhkan bibit,  bibit melon yang unggul bisa tumbuh yang maksimal. Jika sudah mendapatkan bibit melon yang unggul, selanjuta di semai terlebih dahulu agar bibit melon bisa berkecambah. Benih melon tersbut  direndam dengan air yang sudah di campur dengan larutan fungsisida selama kurang lebih 11 jam. Jika sudah selesai perendaman, bibit kemudian di tiriskan di biyarkan di tempat yang gelap selama 11 / 15 hari. anda bisa melapisi wadah pada bibit yang di tiriskan dengan koran. Kalo kecambah sudah ada 3 daun, maka kecambah tersebut sudah bisa  dipindah kedalan pot.

2. Meper siapkan media tanah

Untuk media tanah melon berbeda dengan media semai, juga pada tempatnya. Kita persiapkan wdah polybag baru, kemudian membuat media tanam dengan susunan tanah, gunakan pupuk kandang, dan sekam dengan kisaran ukuran masing masing 1:2:3 maka masukan media tanah yang sudah tercampur kedalama polybag, kemudian tambahkan 4 gram furadan, 19 gram NPK, 1 liter humic acid, dan aduk sampek rata.

Untuk tujuan dari penggunaan bahan- bahan tersbut ialah agar kecambah yang tumbuh tidak mengalami gangguan peyakit tanaman. Dari pengunaan pupuk kandang yang di pakai juga bisa diganti dengan trichoderma dari tambha yang ketiga dari bahan tersbut.

3. Menanam

Pada saat inggin menanam bisa di lakukan pada usia penyemean sekitar 2- 3 minggu pada saat tunas sudah pencapai ukuran sekitar 10 cm kemudian di pidah pada pertumbuham pada pot yang sudah di sediakan, sebelom di pindah kemedia tanam maka siram dulu dengan air. Pada waktu penanaman yang baik bisa di lakukan pada saat matahari mulai tenang, pada pagi hari atau sore hari.

4. Memasang ajir

Untuk pemasangan anjir di pasang pada saat melon sudah mulai akan merambat pada usia 6 -7 hari pada masa awal tanam, sambil mengatur rambatanya.

5. Proses pemangkasan dan memilih buah

Pemangkasan cabang perlu di lakukan dengan bertujuan untuk memilih bakalan buah yang akan di besarkan. Peroses pemagkasan ini sangat pentkng karena bisa mepengaruhi dan produktivitas tanaman. Prises pemangkasan harus di lakukan setiap hari karena pertumbuhan menlon sangat cepat.

Buah yang dipilih dari pada cabang 7 - 12 dan pilih salah satunya yang ingin di besarkan, dari cabang lainya bisa di pangkas. Cabag yang tumbuh dari ketiak daun bisa di potong sampai ke 8  dipotong, kemudian daun yang ke 9 hinga ke daun ke 13 cabang yang tumbuh bisa di biyarkan bisa di pelihara untuk  pembuhaan. Setelah daun yang ke 13 tidak perlu lagi ada  cabang yang di pelihara hingga daun yang ke 18 batang dipotong.

6. Memupuk

Untuk prises selanjutnya memupuk melon. Untuk mulai pemupukan bisa mengunakan pupuk dasar dari pupuk mutiara 15 gram per pot di berikan pada saat mengisi media tanam pada pot.

Kemudian pupuk susulan dengan NPK15:15:15 dan KNO 3 dengan cara di taburkan  sekililing nya atau dengan cara di campur dengan air kemudian di kocor kan pada hari yang ke 14 NPK , 24 NPK , 35 NPK , 44 NPK hinga 55 KNO3 hari dengan ukuran dosisi masing masing 10 gram pot untuk KNO3  nya1 g liter pot.

7. Menyegahan hama dan peyakit

Untuk peyegahan hama bisa di lakukan dengan bantuan insektisida bisa juga dengan cara pembuangan hama secara manual dari bagaian tanama yang terkenan. Untuk peyegahan dari masalah peyakit bisa dengan bantuan insektisida sestematik juga kontak yang di berikan secara bergonta gantian. Cara penggunaan nya bisa dengan daya rekat ke daun pada saat musim hujan.

8. Panen

Pada waktu panen buah melon bisanaya berumur 20 hari setelah tanama sudah di selesaikan dan di pelihara hiinga 60 harib pada masa tanaman untuk di panen. Untuk buah yang bisa di panen mempuyai ciri ciri yang ber warna kulit yang mulai putih kekuningan, dan di bagian tangkain ada sebuah lingkaran haroma buah sudah mulai harum.

Demikianlah Cara Tanam Buah melon didalam pot semoga bermanfaat dan bisa anda praktekkan semoga bisa  menambah wawasan kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Cara Tanam Buah Melon Didalam Pot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel