-->

6 Cara Paling Mudah Ternak Burung Merpati Yang Mengguntungkan


Cara Mudah Ternak Burung Merpati Yang mengguntungkan
Siapa yang tak kenal dengan burung yang satu ini burung merpati. burung merpati,  burung yang bisa di lepas dan akan kembali pada bila bila masa burung ini tidak menguatirkan hilang karena dia tau rumahnya. Burung ini sangat banyak yang membudidayakannya karena burung ini pada umumnya di buat menu makanan di beberapa lestoran, Rasa daging burung merpati ini juga sangat lezat dan enak tentunya banyak orang yang pingin merasakan menu masakan burung merpati.

tidak heran lagi kalo burung merpati ini banyak peminatnya ternyata selain rasanya yang lezat burung ini sudah di percaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan badan. Burung merpati memiliki kandungan protein yang Tinggi, daging burung merpati juga memiliki kandungan mineral yang pastinya dapat mengantikan konsumsi terhadap daging lainnya.

Nah bagi anda yang berminat untuk membudidayakan burung merpati. anda bisa mencoba, 6 Cara paling mudah  Ternak Burung Merpati yang Mengguntungkan pada berikut ini:

Penempatan kandang burung merpati yang baik

Perkembangan burung merpati sangat cepat, karena burung ini merupakan ungas yang bisa menetaskan anak yang banyak. Maka sebelom anda mulai membudidayakan burung merpati ini maka langkah awal ialah penempatan kandang untuk burung merpati ini.

Pembuatan kandang burung merpati biasanya ada yang membuat dengan menepelkan dengan dinding rumah dengan mengantungnya. Tapi kalo sekiranya anda, ada lahan yang kosong bisa dibuat kandang. Perlu di ingat penempatan kandang burung merpati harus jahu dari binatang yang akan mengancam burung merpati.

Membuat kandang dan lahannya

Kalo sudah memilih lokasi yang baik, untuk langkah seterusnya pembuatan kandang yang baik juga membuat burung merpati menjadi nyaman tingalnya. Untuk langkah pembuatan kandang burung merpati sebgai berikut:

Untuk membuat kandang dengan ukuran, sebaiknya pembuatan kandang burung merpati di buat seluas mungkin karena burung merpati suka hidup berkelompok. Kandang anda bisa buat seperti kandang ayam dengan ukuran yang luas dan longgar. Kandang yang ideal dengan ukuran panjang 50cm dan lebar 40cm tingi 36cm. Untuk pembuatan kandang anda bisa menghadapkan ketimur agar burung dapat sinar mata hari pada waktu pagi.


Mepersiapakan indukan yang baik

Kandang kalo sudah siap di buat, maka langkah selanjutnya mecari indukan dengan membeli indukan jantan dan betina yang berkualitas baik. Untuk ciri ciri pemilihan indukan yang berkualitas adalah sebagai berikut:

Dalam memilih indukan burung merpati yang baik lihat dari segi lincahnya dan terlihat segar juga sehat, mempuyai postur tubuh yang besar, untuk memilih indukan dengan umur 7 bulan keatas. Karena denga umur sekian akan lebih cepat bernding. Jangan memilih induka dengan umur tua, karena akan membuat penurunan keturunan pada anak yang kurang baik, memilih indukan dengan bulu yang baik pada bagian sayap ujungnya tidak melor pada saat di tangkap bisa memberi perlawanan yang besar.

Untuk mengetahui merpati jantan

Merpati jantan memiliki bentuk kepala yang kasar, dan kepalanya agak nonong. Leher merpati jantan agak pendek dari pada leher merpati betina. Dan kaki jari burung merpati jantan lebih panjang di banding yang betina, paruh merpati jantan agak pendek dan runcing. Dari bentok kepala burung merpati betina lembut dan tidak nonong.

Pakan burung merpati

Pada pemberian pakan pada burung merpati, anda bisa memberinya jangung atau pelet. Pemberian pakan pada satu hari bisa di berikan 3 kali
Berikan pada pagi hari siang hari dan sore hari. Kalo indukan sudah mulai bertelur anda bisa memberikan pakan dengan kandungan meneral yang banyak.

Anda juga bisa meberinya pakan burung merpati sperti kacang tanah, atau kacang hijau selain mineral di buat untuk induknya bisa juga untuk di buat memberi makan pada anaknya. Untuk kebutuhan kalsium sekaligus untuk meneral dan untuk pencernaan yang baik untuk indukan maka bisa berikan pakan gret.

Merawat piyek burung merpati

Jika telur sudah menetas, maka langkah sterusnya ialah dengan memberi perawatan pada anaknya, anda bisa memisahkan jika ank burung merpati sudah kelur jarumnya anda bisa melolohnya sediri agar iduknya bisa kawin lagi, tetapi jika anda tidak bisa menjaganya anda bisa mebiyarkannya.

Dan jika piyeksudah berumur 4-6 bulan maka anda sudah bisa menjualnya pada konsumen yang ingin membelinya.

Demikian lah 6 Cara Paling Mudah Ternak Burung Merpati yang Mengguntugkan. Jika anda ingin mencoba budi daya burung merpati pedangin maka kalian bisa ikuti langkah langkah yang di terangkan di atas. Dan dengan artikil ini semoga bisa menambah wawasan anda semua, dalam cara ternak burung merpati.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "6 Cara Paling Mudah Ternak Burung Merpati Yang Mengguntungkan"

  1. Silahkan di coba kembali gan. Belajar dari kesalan

    ReplyDelete
  2. masih belum berani sih buat ternak hewan.

    blog saya lagi update artikel gan. kunjungi lagi ya
    http://looperday.blogspot.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel