-->

7 Ciri-Ciri Sapi Indukan Yang Sedang Hamil


7 Ciri-Ciri Sapi Indukan Yang Sedang Hamil
Sapi adalah binatang ternak yang biasa sering dipelihara oleh berbagai macam. Baik dari peternak sapi atau mungkin PT  yang membutuhkan susu sapi atau para pedagan daging sapi yang mengbang biakkan sapi agar mereka bisa terus berproduksi. Semua itu pastinya membutukan biaya yang sangat besar karena untuk mendapatkan sapi dengan kualitas yang baik membutuhkan perawatan dan pakan yang nutrisi yang sesuai. Termasuk Tanda-Tanda  Kehamilan untuk Sapi kamu.

Untuk para peternak yang harus perlu di ketahui ialah bagaimana untuk cara mengindentifikasi atau kapan sapi ternannya akan hamil. Untuk hal ini sangat pentik untuk diketahui karena sangat diperlukan persiapan kelahiran juga persiapan awal pada masa pertumbuhan pada anak sapi. Maka dari semua itu kamu harus belajar untuk mengetahui apa saja Tanda - Tanda bahwa sapi kamu hamil dan kapan melahirkan.

Dengan anda bisa mengetahui Tanda-Tanda sapi kamu hamil, maka kamu bisa mempersiapkan kelahiran anaknya lebih dulu. Dengan demikian anda bisa menggurangi kejadian hal-hal yang tidak di ingginkan salah satunya kejadian cacat anak sapi yang baru lahir, kematian pada sapi indukkan, akan menghabat pertumbuan sang anak tidak sempurna.

Apa saja, Tanda-Tanda sapi yang sedang hamil? Berikut ini akan kami jelas kan  beberapa tanda yang dapat anda cermati pada sapi yang sedang hamil.

1. Membeasar abdomen yang kana denga secara progresif

Dari tanda-tanda bahwa sapi anda yang sedang hamil ialah pembesaran pada abdomen yang sebelah kana dengan secara progresif hinga bisa terlihat yang sangat jelas. Dari hal ini karena terjadinya terbentuknya janin yang menempati pada rongga di dekat abdomen sebelah kanan maka membuat badan indukan sapi membesar untuk meberikan ruang yang cukup pada calon anak yang masih tubuh dan nantinya akan lahir.

2. Berat badan semakin meningkat

Dari tanda ini yang paling lazim karena terjadi hampir pada semua hewan atau bahkan pada manusia. Pada setiap makhluk yang mengandung anaknya pasti akan mengalami kenaikan berat badan yang  cukup besar terjadi karena juga perkembagan pada janin yang berada di rahimnya.

Jika sapi anda juga mengalami kenaikan berat badan yang besar, tidak adanya gejala peyakit atau dari hal-hal lainya yang berpontesi menyebabkan sapi anda mengalami kenaikan berat bada dari selain yang dikarenakan adanya janin di perutnya, maka bisa di pastikan bahwa sapi anda sedang hamil.

3. Untuk hasil positif pada tes palpasi rektal

Palpasi rektal yaitu salah satu tes untuk mengetahui apa sapi anda mengalami kehamilan atau tidak. Dati tes ini biasanya di lakukan setelah dikatahui bahwa kebuntingan sudah berhasil dilakukan. Palpasi tektal biasanya di lakukan paling cepat 3 bulan sesudah di ketahui sudah dilakukan IB atau inseminasi buatan.

Untuk melakukan tes dari palpasi rektal perlu di lakukan yang mempuyai ketrampilan khusus karena dari tes ini menyarankan anda untuk meraba juga merasakan bagian-bagian internal sapi anda, seperti ovarium, uterus, pembulu darah dan lain lain. Memriksa dengan liwat intel pelvis kemudian tanga di gerakan di berbagai sisi.

Jika merasakan ada sesuatu yang berbeda, atau di sebut kornu yang berada didekat rongga perut dan sudah terdapat desiran air yang mengalir, untuk dari itu lah sudah termasuk tanda-tanda awal adanya janin yang tumbuh berkembang. Dalam jangaka waktu berikutnya anda  bisa dengan tes palpasi kembali untuk melihat dari perkembagan janin yang ada di dalam rahim sapi anda. Jangan anda melakukan ini secara sering karena hal ini malah dapat menyebabkan sapi anda terasa tidak nyaman.

Jika dengan di tes palpasi sudah positif, maka anda bisa siap-siap untuk mendapatkan anak sapi baru. Perlu di ketahui pada tes palpasi harus di lakukan orang yang benar benar yang sudah profisional jangan sampai orang yang asal coba saja. Untuk efek nya akan merusak pada janin akan menyebabkan luka pada organ pada sapi anda.

4. Terjadi anestrus

tanda ini biasanya sapi yang sudah hamil tak mintak kawin lagi dengan para pejantan yang ingin kawin dengannya. Ini lah dari tanda tanda bahwa sapi anda sudah hamil tidak ingin melakukan perkawinan dengan para pejantan adalah masa anestrus.

Bisa juga absenya aktivitas sesual ini dikarenakan hal lain sperti organ kelaminnya sedang luka maka sakit apabila kawin, karena adanya peyakit, atau dari sebab lainnya. Untuk memas tikan bahwa sapi anda benar hamil atau tidak sebaiknya anda melihat dengan ciri ciri lain sekaligus dengan memeriksakan kedokter hewan.

5. Sapi bergerak secara perlahan

Jika janin didalam tubuh mulai membuah maka sapi/induk mejadi lambat daripada biasanya. Ini hal yang wajar mengigat selain tubuhnya menjadi lebih berat, jika dia bergerak secara mendadak atau secara tiba tiba bisa mengakibatkan luka pada janinnya juga dirinya sendiri, maka dari itu sapi yang hamil pergerakannya memang menjadi lambat terlihat malas.

6. Bulu sapi halus

Terlihat dari bulu sapi yang halus menandakan bahwa sapi anda sedang hamil, dari tanda tanda ini memang agak sulit di amati apabila anda tidak pernah meneliti dari pada bagian bulu sapi anda meniliti pada saat kondisi normal.

Tetapi dengan tanda ini memag bisa terlihat mana sapi yang hamil dan mana yang tidak hamil.

Baca juga Cara Memilih Sapi Indukan Untuk Peranakan Yang Baik

7. Puting kelecar air susu membesar

Dari pada hewan lain yang menyusui, bekitu sapi yang mengalami kehamilan juga akan mengalami pembesara pada kelenjar susu sapi secara progresif. Dari pembesaran ini mungkin untuk menyiapkan asupan nutrisi yang akan di perlukan oleh sang anak sapi. Dengan demikian, apabila kelenjar air susu dimiliki oleh sapi indu membesar, banyak kemungkinana sapi sedang hamil.

Atau bisajadi, adanya potensi pembesaran pada kelenjar air susu terjadi karena pembekakan atau iritasi bahkan terkenan kanker di sekitaran kelenjar air susu. Dengan demikian anda harus memastikan apakah sapi anda pembesaran yang terjadi termasuk normal atau abnormal. Jika anda tida bisa memastikannya, maka anda bisa memangil dokter hewan untuk membantu anda mengobati atau mendeteksi atau sapi anda hamil.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "7 Ciri-Ciri Sapi Indukan Yang Sedang Hamil"

  1. ohh aslinya ga beda jauh sih, bisa dilihat dari puting nya. bener hehe

    ReplyDelete
  2. Dewa HOKI lagi ada di pihak mu lo segera daftar dan bermain di DEWALOTTO kemenangan nyata menanti anda semua lo segera merapat ya guyss... :D
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete
  3. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel