-->

Cara Menanam Sawi Hijau Dengan Hidroponik Dengan Botol Bekas

Sawi adalah salah satu sayuran yang mudah tumbuh. sayur sawi biasanya yang di buat masakan bertumis dan ada juga di masak dengan sawi mi ayam, sawi mempuyai rasa tumis maupun rasa mi ayam sawi yang sangat enak. Sawi hijau memeiliki kandungan serat dan air yang banyak, sawi juga memilik banyak vitamin dan gizi yang sangat baik untuk tubuh manusia,  Makanya sawi bannyak di masak di jadikan sayura tumis sawi untuk di buat sayuran makan, selain vitami dan gizi sawi juga memiliki kasiat yang banyak sperti, mencegah peyakit kangker, menguatkan tulang, membantu mencegah sembelit, membantu menyeyakan tidur.

Untuk menanam sawi bisa dilakukan di ladang dengan media tanah, atau di tanam dengan sistem hidroponik. Bertanam sawi dengan sistem hidroponik semakin banyak orang yang berminat inggin belajar bercocok tanam, dari hasil sayur sawi yang di tanam dengan sistem tanam hidroponik rasanya sangat lesat dan terlihat segar.

Bercocok tanam dengan sayuran sawi sudah dari turun temuru di tanam oleha para petani, karena sawi termasuk sayuran yang sangat di sukai oleh para masarakat. Suatu alasan yang baik untuk membuat peluang usaha dengan menanam sawi, salah satu alasanya ialah sawi merupakan jenis tanaman yang sangat mudah tumbuh, maka akan bisa cepat panen, juga bisa menghasilkan  yang lebih banyak.

 Cara  Menanam  Sawi Hidroponik

untuk cara menana sawi dengan hidroponik bisa di lakukan di pekarangan rumah dengan  mendia tanam dengan  memanfaatkan botol bekas. Untuk cara pembuatan nya ialah speri berikut:

Mempersiapkan  Bahan -Bahan Dan Alat

- benih sawi
- reckwool
- botol air minum
- pisau dan paku
- sumbu
- abuk sekam

Sesudah mepersiapakn bahan dan alat, sebelum membuat median tanam, terlebih dahulu pembibitan dengan semai benih.

Cara  Panduan  Pembibitan Benih Sawi

Sediakan wadah untuk mendia semi. potong-potong reckwool bentok menjadi empat segi jadikan beberapa bagian, dan kemudian taburkan benih sawi pada setiap rockwool sebnyak 1-2 biji bibit sawi. Kemu dian basai reckwool dengan mengunakan air bersih, taruh wadah reckwool tadi tempatkan di tempat yang gelap dan tutup dengan pasltik hitam. Jika bibit sudah mulai menyambah sekitar 2-4 hari maka benih bisa di jemur sebetar skitar 10 mnit, dan reckwool perlu di basai setiap hari pagi dan sore hari selagi masih masa penyemaian benih.

 Pembuatan Media Tanam

Sambil menungu benih masih masa penyemaian terlebih dulu kita membuat media tanam hidroponik, untuk pembuatannya sebgai berikut ini:

Potong botol bekas air minum tersebut jadi kan dua bagain pemotongan botol lebih panjang yang di bawah, pada bagian atas yang bertutup berikan lupangan denga sebesar sumbu dan di samping juga di lubangi sebesar paku, kemudian masuka sumbuh dengan lubang yang sudah di sediakan, subuh yang keluar jangan terlalu panjang sekirany sama panjnya dengan potongan botol yang di bawah, lebinya bisa di taroh botol potongan atas dan berikan abu sekam atau tanah yang sudah bercampur dengan pupuk kandang. Untuk botol yang di bawah di isi dengan air nutrisi.

 Pemidahan  Benih Sawi

Penyemaian bibit sawi yang sudah lama maka sudah saatnya untuk di pindahkan ketempat penanaman hidroponik, untuk memindahakan pada benih sawi pertama basai reckwool dengan air agar proses pencabutan pada benih bisa dengan baik dan tidak rusak, pindahkan pada tempat botol tanam, benamkan benih sawi dengan abu sekam, lakukan dengan hal yang sama dengan benih selanjutnya.

 Merawat Dan Memelihara

Merawa dengan media tanam hidroponik tidak terlalu sulit,
bertanam dengan sistem hidroponik, kita perlu pengecekan tanaman sawi pada masa proses prtumbuhannya tidak tergagu dengan peyakit atau serangan  hama misalnya, untuk cara menggatasinya tanaman bisa di semprot dengan pestisida atau insektisida, sesuaikan dengan kondisi tanaman yang terkena hama atau penyakit.

Masa Panen Sawi Hijau

penanaman dengan metode tanam hidroponik lebih cepat di bandingkan dengan media tanam dengan konvisional di ladang. Pemanena bisa mencapai tiga bula pada masa tanam.

Cara panen sangat sederhana, tanaman sawi hijau bisa di cabut dari abu sekam. Agar mendapatkan  tanaman sawi hijau lebih banyak bisa menambahkan tempat tanama botol bekas yang lebih banyak, maka akan bisa mendapatkan hasil yang lebih banyak juga.

Demikia lah tata Cara Menanam Sawi Hijau Dengan Hidroponik Dengan  Botol  Bekas selamat mencobanya dan semoga bermanfaat untuk semua para pembaca di artikel blog ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Sawi Hijau Dengan Hidroponik Dengan Botol Bekas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel