-->

Trik Membuat Pakan Ikan Lele Alternatif

Trik pembuatan pakan ikan lele alternatif. Pakan suatu kebutuhan bahan pokok ikan lele. dengan mengonsumsi pakan yang banyak membuat perkembangan ikan lele semakin cepat berkembag, ikan lele ialah jenis ikan yang hidup di air tawar, maka masarakat indonesia banyak yang menyukainya, ikan lele juga mempunyai khas masakan biasa di sebut pecel lele.

Pada akir-akir ini Banyak penggusaha budidaya ikan lele yang mengeluh dengan mahalnya pakan ikan lele, yang membuat keuntungan usah budiday lele menjadi berkurang.

Pada saat ini, sudah banyak di lakukan oleh pengusah budidaya ikan lele untuk mengatasi maslah pakan, dari muali menggunakan pakan alternatif keong mas, ikan rucah, hinga limbah peternak ungas. selain pakan ikan lele yang alternatif, masih ada lagi cara mengatasi pakan ikan lele ya itu, dengan membuat pakan ikan lele organik sendiri.

Mungki di antara semua orang masih ada yang belom tau pakan ikan lele organik dan bertanya. apa sih pakan ikan lele organik?
Dan keunggulanya bagai mana?

Para budidaya ikan lele sudah banyak yang memanfaat, limbah dari kotoran sapi, untuk di jadikan pakan ikan lele, dengan cara kotoran sapi, di proses di jadikan pelet terlebih dahulu sebagai pakan organik dalam metode pakan ikan lele. limbah kotoran sapi di proses di jadikan semacam pupuk organik, yang merangsang tumbuhnya orgarisme, yang befungsi sebagai pakan dan perkembagan mikro organisme komplek pada kolam ikan lele.

Perlu di ketahui, bahwa pada saat inggin memanfaat kan limbah dari kotoran sapi, untuk di jadikan pakan ikan lele, limbah yang di gunakan ialah limbah yang sudah padat dan limbah yang sudah tidak berbau kotoran sapi, atau dengan hasil ternak sapi yang di beri pakan permentasi. yang di maksut pakan permentasi pakan dari jerami kering yang sudah di proses menjadi pakan permentasi untuk dikasihkan sapi.

jika kalian berminat untuk membuat pakan ikan lele dengan organik sendiri, maka baca terus pada artikel ini, hinga selesai, biyar tau cara membuat pakan ternak lele organik. carnya ialah sebagai berikut:

CARA MEMBUAT PAKAN IKAN LELE ORGANIK

Dalam proses pembuatan pakan ikan lele organik, dengan melalui tahapan proses permentasi, dengan proses permentasi bisa menigkatkan nilai gizi yang bayak, dan kadar protein, pada bahan baku pakan ikan lele organik yang akan di gunakan, maka bahan pakan akan bisa mudah untuk di cernak oleh ikan lele. Maka sebelom di kasihkan makan pada ikan lele, terlebih dahulu semua bahan di fermentasi, dengan mengunak probiotik.

Sebelom kita membuat penyampuran bahan yang akan kita jadikan pakan ikan lele, terlebih dahulu kita mengaktif kan brobiotik dengan mengunakan molase, dengan di campur air bersih. Seterunya dengan memasukan kotoran sapi yang sudah kering kedalam wdah tong, semprotkan kan air yang sudah di campur tadi, ratakan peyemportan tersbut, jika sekiranya sudah rata maka bisa di tutup dengan mengunakn penutupnya. Biyarkan proses ini sekitar 10-18 hari, jika sudah mencapai masnya yang di tentukan makan pakan permentasi bisa di masukan kedalam karung.

Pemberian pakan

Pakan yang sudah siap di buat,  bisa di kasihkan pada ikan lele yang sudah berumur 1 bulan dan cara pemberian pakan yang terbuat dari kotoran ternak, yang di proses dengan permentasi ya itu dengan cara, di masukan kedalam karung kemudian masukan kekolan ikan lele.

Membuat pakan lele alternatif

Pakan lele alternatif berbgai macam bahan kandungan utama pelet yang paling dominan iyala tepung ikan. tepung ikan di gunakan sebgai haban karena mempuyai banyak kandungan protein dan gizi, namu harga tepung ikan ini mahal, maka kita bisa tambahkan bahan-bahan lain dengan harga yang murah tapi masih tetap kandungan nutrisinya.

Pakan alternatif yang di buat dengan disesuaekan sama dengan kebutuhan  setndart ikan lele, untuk agar bisa berkembang dengan secara optimal, terdapat banyak bahan pakan laternatif yang bisa di dapatkan. Dan untuk Yang kita utamakan iyala kandungan protein.

Bahan kandungan protein

Bahan protein lemak
. tepung iakan 62,998, 4
. tepung kedelai 36,614
. Bungkil kelapa 18, 4615,73
. Tepung jagung 10, 400, 53
. Dedak halus 15, 586, 8
. Tepung tapioka 2, 62, 6

Contoh kalo ingin membuat pakan ikan lele dengan campuran 60 kg, dari tepung ikan, kandungan proteinnya 63,9% , dicampu dengan dedak halu 60 kg, untuk dedak halus 15,58%,  apakah campuran ini memenuhi kebutuhan protein ikan lele?

Jumplah dari bahan di atas ialah: protein dalam tepung ikan
62.9% x 60 kg  32, 40 kg
Jumplah protein dedak halus
15,58x60 kg 8,60 kg  jadi jumpalh semua protein tepung ikan dan dedak halus iyalah sebesar 40,25 kg maka semua total bahan 100 kg proteinnya sebanyak 40,25 kg atau 40,24% dari adonan bahan tersebut, maka dengan demkian bisa mencukupi pakan ikan lele, dengan kandungan protein kasar senanyak 30% agar biyar bertambah nutrisi bisa di tambahkan dengan vitamin.

Pakan ampas tahu

Ampas tahu yang mengandungi bayak protein yang bayak, sangat baik untuk di buat pakan ikan lele,  selain protein ampas tahu juga banyak zat penting lainya, salah satunya iyalah lemak, maka sangat cocok untuk di buat bahan baku pakan ikan lele secara organik.

Ampas tahu mempuyai kandungan protein yang sangat banyak dari pada limbah  kotoran hewan, jika peroses fermentasi ampas tahu lambat, akan menyebankan bau.
 mengakibatkan bau mengagu  lingkungungan sekitar.
Maka dari itu ampas tahu merupakan bahan pakan yang tidak bisa bertahan lebih lama, untuk itu jika mendapatkan ampas tahu langsu segera di proses di jadi kan permentasi. cara proses nya ialah sebgai berikut.

ampas tahu sebanyak 20 kg, campur dengan bekatul jagung sebnyak 5 kg, tepung ikan sebanyak  2 kg, campur dengan nutrisi lain sperti EM4  campur dengan tetes  dan air bersih.

Campur terlebih dahulu Em4 tetes dan air tersebut aduk hinga rata, biyarkan 30 menit,  masukan bahan-bahan yang akan di buat pak  tersebut kedalam tong jadikan satu, aduk dengan rata, kemudian berikan air yang sudah tercampur dengan em4 tadi dan aduk sampai rata, jika sudah kemudia tutup bahan permentasi tersbut dengan rapat. Jika peroses fermentasi sudah selesai selama tigak jam sudah langsung di berikan kepda ternak ikan lele.

Pakan ikan lele Keong mas

Keong mas yang bisa di dapat di sawah-sawah, keong mas salah satu hama bagi petani padi. Maka dengan demikian bisa di manfaatkan dagingnya keong mas dagingnya kaya dengan protein untuk di buat pakan lele akan bisa memper cept perkembangan pada ikan lele.

Pada saat ingin memberi pakan ikan lele dengan keong mas,  terlebih dahulu keong mas di rebus, agar daging keong mas bisa dengan mudah di ambil dari cangkangnya. dan juga bisa membuhu bakteri yang ada di dalam danging keong mas, jika perebusan keong mas sudah seleseai, diginkan terlebih dahulu, kamudia di keluarkan dangin keong mas, dari cangkangnya, dengan cara di cukil dengan garbo, kemudia dangin keong mas di botong kecil-kecil, kemudia  bisa di berikan ke ikan lele.

Demikian ulasan Cara Membuat Pakan Ikan Lele Alternatif semoga bisa bermanfaat untuk kita semua..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Trik Membuat Pakan Ikan Lele Alternatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel