-->

Cara Budidaya Ikan Patin Dengan Kolan Terpal


Ikan patin ialah ikan yang hidup di air tawar, ikan patin banyak di gemari oleh semua di indonesia, ikan patin yang berjenis masuk ikan klompok yang berkumis, yang mudah untuk dibudidayakan dalam berbagai jenis kolam. Contohnya kolam irigasi, kolam terpal, kolam tembok, kolam tanah.

Budidaya ikan patin yang banyak di kembangakan di indonesia ialah jenis ikan patin siam, disebut juga ikan patin pangasius Hipophalamus. Dan ada juga yang menyebutnya ikan jambal siam.

Jenis ikan di perairan air tawar banyak jugak jumpalahnya, pada saat ini masarakat di indonesia banyak juga yang membuat usaha budidaya ikan patin, sebagai sandaran hidup mencari nafkah. Ikan pante sangat terkenal di seluruh indonesia, dari kota sanpek plosok desa. Ikan patin sudah banyak di jadikan menu masakan di warung warung makan.

Ikan patin bentoknya semacam ikan lele,yang tidak mempuyai sisik. ikan patin dangingnya sangat gurih, dan mempuyai duri yang tajam di bagian siripnya. dan keduanya tergolong kelompok catfish. Bahkan ada juga yang mengatakan ikan patin ini, ikan lele yang bangkok. Ikan patin sangat mudah dibudidayakan karena bukan jenis ikan kanibal sama dengan ikan lele. Budidaya ikan patin tergolong usaha yang bisa sukses, dengan teknik - teknik budidaya yang benar, simak ulsan di artikel ini akan kami paparkan teknik-teknik Budidaya ikan patin pada berikut ini :

Cara Budidaya ikan Patin

Cara budidaya ikan patin sebenaranya relatif mudah, maka jika kalian berminat ingin usaha budidaya ikan patin tidak usah merasa ragu dan bimbang. Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen yang bekitu banyak maka ikan patin mulai di budidayakan dengan kolan terpal, dan mengali tanah. Usaha budidaya ikan patin ini bisa dilakukan dengan dua bidang kegiatan seperti, kegiatan pembenihan, dan kekiatan pembesaran sebagai konsumsi. Jika usaha budidaya ikan patin sebagai bidang pembenihan maka merupakan upaya menghasilkan benih dengan sesui ukuran yang di ingginkan. Budidaya ikan patin sebagi memenuhi persediaan pembibitan ini, bisa dikatakan relatif cepat, maka perputaran modal dapat bisa cepat. Budidaya ikan patin ini dalam katagori pembesaran yang biasanya di lakukan pada saat bibit ikan pati memilik berat sekitar 7 - 11 grm perekor. Jika sudah sekitar 4 - 5 bulan berat sudah mencapai sekitar 600_650 grm perekornya. Usaha budidaya ikan patin ini kebeyakan di panen sekitar 3 - 4 bulan. Karena permintan pasar bobot yang lebih rendah. Usaha budidaya ikan patin memenuhi persediaan bibitan atau pembesaran memenuhi konsumen sama-sama sangat menguntungkan. Nah sekarang tingal kalian yang menentukan, mana sekiranya yang bisa mengguntungkan dan yang memungkinkan. Budidaya ikan patin meperlukan beberap persyaratan juga kondisi lingkungan yang oktimal untuk perkembangan. Untuk  persyaratan ialah sebgai berikut ini :

Artikel terkait: Cara ternak ikan lele yang menguntungkan

1. Usahakan pembuatan kolam dari tanah yang liat atau lempung, tidak berporos. dengan tanah yang liat/lempung mampu menampung air yang lama karena tanah tidak bocor.
2. Pembuatan kolam dengan kemiringan sebiknya berkisaran antara 3 - 4% gunanya untuk memudahkan untuk pengisian air secara gravitasi.
3.budidaya ikan patin memperlukan air yang bersih, tidak bercampur bahan kimia dan tidak terlalu keruh, juga tidak bercampur minyak serta limbhan pabrik. Kualitas air juga harus di perhatikan, agar tidak timbul jamur, di perlukan juga larutan penyegak timbulanya jamur.dengan mengunakan, Emolin/ Blitzich dengan dosisi 0,04 cc liter.
4. Dengan pada saat penetasan telor suhu air yang bagus menjadi larva di akuarium diantara 25 - 26 derajat c . Yang di daerah dengan  suhu yang relatif sangat rendah dengan mengunakan heater/pemanas agar suhu bisa setabil.

Cara pembibitan ikan patin

Pembibitan ikan patin merupakan agar untuk mendapatkan bibit yang berkualitas yang baik, dan agar jumpalh bisa mencukupi dari permitaan. Dengan cara tradisional bibit di peroleh dari menangkap di sungai atau di gawan, atau tempat lainya. Dengan tujuan di komersilkan sebgai bibit harus di upayakan sebaik mungkin dengan pembibitan di kolam.
Cara memeilih indukan ikan patin yang siap pijar

Ikan patin yang inggin dijadikan indukan sebaiknya harus di pelihara terlebih dahulu dengan secara khusus. Selma masa pemeliharaan harus di beri makanana yang banyak mengandunga protein. Dan juga di beri makanana rucah 2 kali seminggu sebanyak 9% dari bobot indukan agar bisa memeper cepat hormon.
Induka ikan patin yang baik sebagai berikut:

Indukan jantan

a. Yang berumur 2 tahun
B. Dengan bobot 1.6 - 2 kg
c. Kalo di urut akan mengluwarkan cairan
d. Kulit perut lembek dan tipis
e. Kelamin membengakak dan berwarna merah tua

Indukan betina

a. Berumur 3 tahun
b. Perur membesar ke arah anus
c. Ukuran berat 1, 5- 2 kg
d. Kloaka membengkan dan berwarna merah
e. Kulit di bagian perut lembab dan tipis
f. Jika di bagain kloakan di tekan akan mengularkan butiran telur dengan bentuk budar
Kawin suntik

Setelah kelenjar hipofise di campur dengan air murni yang telah di sediakan, maka ambil dengan jarum  suntikan, kemudian suntikan pada ikan patin tersebut. Maka ikan patin siap untuk dipijahkan. Metode ini ialah di namakan suntik kawin untuk perngansang pada ikan betina patin. Agar bisa bertelur secara cepat,  untuk selanjutnya biyar di buahi oleh ikan patin yang jantan.

Penetasan telur

Telur yang sudah dibuahi akan menetas dengan jangka waktu sekitar 4 hari, selama telur belom menetas harus memperhatikan air, dan menganti air yang bersih.

Perawatan

Benih yang sudah menetas sekitar 1 hari bisa di pindahkan kedalam tong atau bak yang berukuran sekitar 80 cm x 45 cm x 40 cm. Wadah yang di buat nambung benih ikan patin di isi air sumur setiap wadah yang di buat nampung di tebarkan dengan juplah sekitar 400 dan di berikan aerator stiap wadh bisa diberikan gunanya untuk ada oksigen. Benih yang masih baru belom perlu di berikan makanan karena masih mempuyai simpanan pakanan berupa yolksac atau kingnya telur. Jika benih sudah ber umur 1 minggu sudah bisa di berikan makan dengan pakan yang halus seprti dedak atau bekatol.

Penebaran benih kekolam

Benih ikan patin di besarkan di kolam terpal atau dengan kolam tanah lumpur? benih ikan patin lebih bagusnya di besarkan dari kolam tanah lumpur karena mengnadung planktom dan fitoplankton.

Panen ikan patin

Benih ikan patin bisa di panen sesuai dengan ukuran yang di minta. Jika pemeliharaan pembesaran ikan patin di sesuikan dengan kebutuhan oleh konsumsi, kebutuhan dari konsumsi ikan patin biasanya dengan ukuran berat sekitar 200 grm hingga 1 kg. Pada masa panen bisanya di sesuikan dengan permintaan pasar, permintaan pasa lebih suka dengan ukuran skitar 200_300 grm, dengan berta segitu bisannya dengan perawatan 3 - 4 bulan minimal.

Oky terimakasih, semoga bermanfaat artikel ini tentang ulasan Cara Budidaya Ikan Patin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Patin Dengan Kolan Terpal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel