-->

CARA MEMBUAT NPK PUPUK ORGANIK PADAT DARI KOTORAN SAPI


Para petani sebagai media tanam memerlukan pupuk organik padat, atau pun pupuk organik cair, semua pupuk tersebut bisa kita dapat di pasaran atau dengan mebeli orang penjual.
Sebenarnya pupuk organik padat maupun pupuk organik cair, sedikit kita berkeratif kita bisa manfaatkan limbah-limbah yang ada di pekarangan rumah. Karena pupuk organik padat maupun organik cair, bahan-bahannya dari hasil limbah yang di proses menjadi pupuk organik.

Didalam membuat pupuk organik ini kita perlukan sedikit pengalam dan toiri serta tau kandungan dari bahan-bahan dan campuran. Sekarang banyak beredaran media-media onlin yang berbagi pengalaman, sperti sebuah groub fb petani. dengan mengikuti groub tersebut kita akan atau para master tani, akan memberikan cara-cara mebuat pupuk atau pun cara merawat tanaman, di dalam groub tersbut bnyak yang akan kita dapat ilmu pertanian.

Didalam web ini juga kami sudah persiapakan Cara-Cara membuat pupuk organik padat maupun pupuk organik cair, melalui web ini kamu para pembaca bisa belajar langsung dan mempratekannya sendiri.  membuat pupuk organik bisa memanfaatkan limbah yang ada di perkarangan rumah. lingkungan juga akan terlihat bersih jika limbah bisa di manfaatkan menjadi pupuk.

Pada kesempatan hari ini saya akan berbagi cara membuat NPK pupuk padat.
Oky langsung saja kita menuju ketempat bahan-bahannya, kita kumpulkan terlebih dahulu bahan-bahannya, dan sebagai bahannya adalah sebagai berikut ini.

BAHAN YANG DIBUTUHKAN

Pembuatan pupuk organik ini kita memperluka dari bahan-bahan, yang bersifat organik juga, sperti conto.  kotoran sapi, kotoran kambing, sisa-sisa pakan, jerami padi, sisa tanaman yang sudah tidak di pakek lagi, sekam merang dan dedak, sekam lebih bagus kalo di jadikan arang sekam, semua itu agar pupuk yang di hasilkan menjadi lebih bagus dan berkuwalitas.

Dari sekian banyak bahan masih juga memerlukan bahan tambahan yang bisa mengandung unsur NPK, ya itu dari dedaunan, sperti daun lamtoro yang mempuyai unsur kandungan ( N ) pelapa daun pisan juga menabaha unusr ( P ) dan daun bambu mempuyai kandungan usur ( K ),.
Dari unsur bahan lain yang bisa menambah porses pengomposan lebih cepat, bahan ini bisa di beli di toko pertanian, bahan tersebut ialah (EM4).
Untuk menambah energi mikroba kita gunakan molase atau dengan gula merah.



CARA MENGOLAH PUPUK ORGANIK

cacah-cacah bahan yang sekiranya masih panjang, jika sudah campur dengan bahan lainya.

Ambil air dan molase atau gula merah, aduk hinga merata, siramkan pada bahan kompos tersebu dengan merata

Bahan kompos organik taroh yang beratap, kumpulkan seperti undukan sekiranya setingi 35 cm, kemudi bisa di tutup dengan terpal. Biyarkan pengomposan ini selam 10 / 15 hri jika sudah mencapai hari yang di tentukan makan kompos, alias pupuk, siab di gunakan di lahan pertanian.

Perhatikan setiap hari jangan sampek melebihi suhuh di atas 50 C, jika melebihi dari  suhu tersebut makan tutup buka, dan aduk bahan kompos tersebut. Jika terjadi suhu yang tinggi akan mempengaruhi porses pengomposan, akan terjadi kegagalan, dalam pembuatan kompos tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MEMBUAT NPK PUPUK ORGANIK PADAT DARI KOTORAN SAPI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel