-->

Cara Budidaya Udang Vename Dengan Air Tawar Di Kolam Terpal

Cara Budidaya Udang Vaname Dengan Air Tawar Di Kolam Terpal
Sudah Banyak orang yang meraih ke untungan dengan membudidaya udang vaname. Usaha Budidaya udang vaname semakin menjajikan,  dengan budidaya udang vaname dengan kolam terpal merupakan usah yang sangat baik digunakan sebagai usaha budidaya yang penghasilan yang sangat fantastis selain ikan lele.

langkah budidaya udang vaname di Kolamat Terpal

Untuk Budidaya udang vaname ada beberapa langkah di kolam terpal yang bisa di lakukan dengan cara maksimal. Kalian perlu memperhatikan udang pada masa pembesaran dengan cara yang benar dan harus menyesuaikan aturan agar tidak terjadi masalah yang di inggikan. langkah yang strategis yang akan di lakukan  adalah seperi berikut :

Memper siapkan Lokasi

Lokasi yang akan di buat untuk budidaya udang yang strategis sesuaikan dengan kebutuhan. lokasi yang sekiranya nyman ialah di belakang rumah, atau sekiranya ada tanah kosong yang tidak di tempati maka kalian bisa gunakan untuk sebagai lokasi budidaya udang yang akan di buat.

Mengatur Budidaya

Kalin bisa mendapatkan budidaya udang vename pada air tawar di kolam terpal dengan baik. Biasanya budidaya ikan vename di lakukan dengan tambak. Kali ini Kalian  bisa budidaya udang vename yang pembesarannya bisa di lakukan dengan air tawar. Namun pada akir-akir ini budidaya udang bisa di lakukan di kolam terpal.

Memberantas Hama

Kalian bisa melakukan pembartasan hama yang akan memakan udang vename kapan saja. Hewan liar bisa memakan ikan vename yang kecil. Banyak kegagalan yang telah terjadi dalam melakukan panen udang sehingan terjadi hal - hal sperti ini bisa menjadi pengajaran yang cukup.

Mengisi air Di kolam

Kalian dapat memahami bageman air dapat di isi ke dalam kolam dengan mengisi air masuk ke kolam secara bertahab. Biyarka air di dalam kolam yang sudah diisi 1 minggu atau 2 minggu, agar bahu karet yang ada pada terpal hilang. Sesudah itu air bisa di buang dan di ganti dengan air tawar yang baru. Biyarka  air selama 1 minggu hingga berubah warna kehijuan.

Memilih bibit udang yang unggul

Dengan Memilih bibit udang yang unggul maka akan membuat budidaya udang bisa tumbuh dengan secara sempurna, untuk pemilih bibit dengan kualitas unggul yaitu dengan ciri-ciri sperti ini : udang terlihat gesit, dan dari segi ukurannya yang seragam. Pembibitan bisa di lakukan secara berenag melawan arus sehingga tidak terdapat cacat atau lukan di bagain fisiknya.

Menebarkan Bibit Udang
Cara Budidaya Udang Vaname Dengan Air Tawar Di Kolam Terpal
Benur ialah anak udang vename
Dapat di tebar kapan saja. Harus di perhatikan pada suhu air kolam. Dengan cara mengampungkan kantong yang berisikan bibit udang.  Kemudian kalian bisa menyimpannya.

Waktu penebaran benur anak udang vaname yaitu :

Pada saat penebara benur anak udang vaname sebaikanya jangan di tebarkan pada siang hari, kalian bisa menbarkan pada saat matahari sudah mulai tengelam yaitu pada sore hari agar air tidak terlalu panas dan benur anak udang tidak mengalami stres.

Proses pemeliharaan udang

Lakukan pemeliharaan udang hinga sampek waktu panen. Kalian bisa memantau nya dan memperhatikan suhu yang ada pada kolam tambak yang mengandung PH yang terdapat di dalamnya. Biasanya terdapat oksigen yang ada pada air bisa di lakukan ke dalam tambak.

Perlu diketahui pada saat pemberian pakan udang vename

Sesudah penebaran selama 7 hri, maka harus di perhatikan ialah pada saat pemberian pakan agar perkembangan nya bisa secara sempurna. Jika sudah memasuki  7 hri, maka kalian harus memberinya protein tinggi yang banyk 30% dari takeran pakan yang ada. Pemberian pakan udang vename dalam 1 hari bisa di berikan 3 / 4 kali.

Mengati air

Kaliam bisa budidaya udang vaname dengan pembesaran secara sempuran maka kalian juga perlu mengati air yang sudah keruh dengan air yang baru. Dan menambahkan air jika udang vaname sudah mulai membesar, maka kalian bisa tambahkan air 10% dari sebelomnya ini di lakukan sekitar usia udang vaname mencapi 50 hri. Maka kalian perlu meningkatkan volume air menjadi 15 - 20%.

Waktu panen

Udang vaname bisa di panen sekitar 3/4 bulan. Untuk kriteria pada ukurang udang yang ideal maka akan lebih mudah pengurasannya secara baik pada saat panen bisa di lakukan dengan berbagai macam pada waktu musim panen.

Keuntungan dari budidaya udang vename dari kolam terpal ada beberapa hal yaitu:

pertama lebih hemat

Usaha budidaya udang vaname lebih hemat dengan mengunakan kolam terpal di banding dengan mengunakan kolam semen atau dengan kolam beton.
 Baca juga: Cara Budidaya Ikan Haruan

Kolam terpal bisa di beli secara langsung maka tidak lagi membutuhkan karyawan untuk pembuatan. Bayangkan jika harus menggunaka kolam tembok yang membutuhkan karyawan . Mengunakan air pun juga lebih hemat karena lebih beris kolam terpal.

Kedua kolam terpal lebih Efisien

Budidaya udang vename dari kolam terpal lebih efisien dari pada dibandingkan kolam tembok. Kalian bisa membeli secara langsung kolam terpal yang kalian inginkan dibandingkan dari pembuatan kolam tembok yang membutuhkan waktu lumayan lama.

Ketigan Kolam Terpal Lebih Berkualitas

Kolam terpal mempuyai kualitas yang lebih baik dari pada kolam beton. Kolam terpal jika digunakan sebagai media pembesaran dengan jenis udang galah atau udang vename biasanya akan bisa tumbuh lebih baik. Kolam terpal juga bisa menghasilkan panen udang dengan jumplah yang besar.

Keempat Kolam Terpal yang Akan di Pilih juga yang berkualitas

Pada saat ini banyak yang menjual kolam terpal namu ketika kalian membeli lebih baik harus di teliti terlebih dahulu kualitasnya kolam terpal yang di buat untuk budidaya udang vename memiliki standart tertentu. Untuk pemesanan kolam terpal bisa dengan produsen yang terpercaya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Budidaya Udang Vename Dengan Air Tawar Di Kolam Terpal"

  1. Infonya lengkap sekali min, makasih udah sharing pengetahuannya.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel