-->

Cara Tanam Kacang Panjang Hidroponik

Jaman semaki hari semakin cangkih tidak gatget saja yang cangih, tetapi sudah mulai merambat di mendia tanam pun, juga sudah mulai canggih, Pada saat ini bertanam tidak hanya di lakukan dengan cara di media tanah saja, tetapi masih banyak cara bertanam dengan media lain slah satunya ialah, dengan bertanam hindroponik, bertanam dengan sistem hindroponik sudah mulai di gemari oleh banyak masarakat. karena bertanam hindroponik tidak membutuhkan lahan tanah yang luas, bertanam hindroponik hanya memerluka beberapa baha yang di butuhkan untuk di buat media tanam.

Bertanam hidroponik hampir bisa di buat untuk menanam apapun, salah stunya bisa di buat menanam kacang panjang, menanam kacang panjang dengan sistem hindroponik ini, bisa menjadikan alternatif yang baik untuk mendapatkan kacang panjang yang ber kualitas baik. 

Kacang panjang adalah sayuran yang biasa di buat tumis untuk di buat menu makan,  untuk para masarakat di indonesia. pada kesempatan kali ini saya ingin membahas sedikit tentang cara menanam kacang panjang hindroponik, bagemana cara menanam kancang tidak mengunakan tanah, tetapi  mengunakan air hindroponik, untuk inggin mengetahui lebih lanjut tentang cara menanm kacang panjang hindroponik adalah sebagai berikut;

Seblom membahasa pokok kepermaslahn perlu kalian ketahui dari ke unggulan menanam dengan sistem hindroponik adalah, dengan adanya jumpal oksigen yang lebih banyak pada media pertumbuhannya. maka membuat pertumbuhan akar bisa menjadi cepat, ktika kebutuhan oksigen yang menyerap pada akar maka membuat cepat pertumbuhan tanaman, menanam dengan sistem hindroponik juga lebih tahan jamur dan hama. Untuk belajar cara tanam kacang panjang hindroponik adalah seperti berikut ini:

CARA TANAM KACANG PANJANG HIDROPONIK

Untuk mengawali menanam kacang panjang terlebih dahulu kita meyemai bibit kacang panjang, untuk cara menyemai sama halnya dengan menyemai tanam lainya hindroponik.

memilih bibit kacang panjang pastinya kalia sudah tentu tau untuk memilih bibit kacang panjang yang baik, bibit kacang panjang bisa dengan hasil tanam petani lain, atau dengan membeli di toko pertanian, untuk rekomndasi saya. lebih baiknya bibit kacang panjang beli di toko pertanian, karena bibit kacang panjang dari toko sudah di uji ke unggulanya dari pihan pengguji kementrian pertanian.

Jika kalian sudah memutuskan ingin menanam sitem hindroponik, kalian perlu meper siapka  bahan-bahan media tanam, sperti ( rockwool dan wadah ). rockwool  adalah salah satu fiber yang sering di gunakan untuk di buat media tanam hindroponik, rockwool berasal dari batu  kebanyakan yang di gunakan adalah batu kapur, basalt atau batu bara. kaca, atau keramik yang di cairkan dengan suhu yang tinggi, kemudian di bentok serat-serat di bentok sperti kapas, jika serat dingin, rockwool di botong-potong, untuk di buat menjadi media tanam,  selain rockwool di jadi kan media tanam, rockwool juga sudah umum dibuat sebagai bahan insulasi termal, insolasi panas atau menghambat panas, penyerap api fireproofing, juga di buat menredam suara.

Rockwool untuk di buat media tanam mempuyai kemampuan daya tahan air, dalam jumpalh yang besar rockwool sangat di butuhkan dalam serap untuk akar pada tanaman hidroponik, serat alami yang di milik oleh rockwool sangat baik, rockwool mampu menempah pada tanaman menjadi tumbuh tegak dengan baik. maka rockwool sangat cocok untuk di buat semai, hinga ke media tanam hindroponik.

 Untuk kelebihan rockwool ialah, rockwol mampu meyerap air hinga 15 kali lebih banyak, selain itu rockwool juga mampu menampung udara 25%, dari kelibah tetapi masih mempuyai kekurangan, kekurangan rockwol ialah. rockwool  memiliki media tanam hanya PH 7 atau juma 8 saja. Untuk mengunakan bahan selain rockwool untuk di buat media tanam hindroponik ialah dengan mengunakan bahan vermikulit, sekam, arang, masih juga jenis bahan lainya.

Salah satu untuk di jadi kan media tanam hindroponik

Kalian bisa ambil wadah kemudia letakan tisu kedalaman wadah tersbut, sbelomnya tisu di basahi terlebih dahulu sbelon di buat semaian, kamu juga bisa mengunakan arang, atau sekam, untuk dinjadikan media tanam sebelomnya sekam  atau arang yang ingin di buat media tanam hindroponik di basai dengan air dulu. Jika sudah kalian bisa taruh benih kedlam media tanam tersebut, tutup peyemaian dengan megunakan kain gelam atau di tutp dengan palstik hitam tempatkan pada ruangan yang gelap.

PEYEMAIAN BENIH

Jika penyemaian beni sudah mulai terlihat pecah akan keluar daun, maka benih yang di semai di perkenalkan dengan sinar mata hari langsung pada pagi hari. Peyemaian pada setiap pagi harus di sempor air agar media penyemaian basah, jika sudah mulai besar benih semaian bisa di pindahkan ke media tanam yang sudah di siapkan.

Jika benih sudah mulai keluar daun tanaman kacang panjang di berikan nutrisi pemupukan, pemberian nutrisi harus di sesuaikan pada pertumbuhan pada tanaman kacang panjang,  maka dengan mengatur pola pemupukan nutrisi, bisa membuat pertumbuhan tanaman kacang setiap hari selalu meninggat, tanaman kacang hindroponik dalam masa dua bulan setengan, atau tigak bulan, sudah mulai panen.

MEMILIH NUTRISI YANG BAIK

Memilih nutrisi yang baik untuk tanaman kacang panjang. dengan pemberian nutrisi yang baik pada tanaman kacang panjang, bisa membuat pertumbuhan tanaman kacang panjang, menjadi cepat perkembagannya. ada beberapa jenis nutrisi, ya itu dengan bentok cair dan nutrisi berbentok sperti kosentrat. maka jika inggin memberikan nutrisi harus di campur dengan air. ada nutrisi untuk bunga,
Nutrisi untuk perkembagan, ada juga nutrisi untuk buah. maka untuk pemberian nutrisi harus di sesuaikan dengan kebutuhan tanaman kacang panjang hindroponik.

MEMPERHATIKAN TANAMAN KACANG PANJANG

Kacang panjang memiliki pohon yang sangat kecil tetapi mempuyai daun dan pertumbuhan yang sangat banyak, untuk agar bisa membuat berdiri dengan tega memerluka penyangga, jika tanaman kacang panjang sudah mulai besar, berikan satu penyagak agar bisa menggikuti alur kayu penyanga tersebut.

Menanam dengan sistem hindroponik yang harus perlu di mengerti ialah, pengaturan PH kebanyakan tanaman hindroponik memerluka pengaturan PH antara 5.8 sampai 6.8 dan PH yang lebih baik ya itu 6.3 maka dari itu pada saat menanam tanaman hindroponik yang sering di cek adalah PH dengan mngunakan pengecekan indicator PH. Jika pada saat di cek terdapat kerendahan pada PH maka perlu di tambahkan larutan polas agar PH naik. jika PH, terlalu tinggi kalian bisa menurunkannya dengan cara di beri asam fosfat.
nutrisi juga perlu selalu di perhatikan jika terlihat meyusust bisa di tambahkan nutrisi lagi. Jangan sampai tanaman kehabisa nutrisi.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Tanam Kacang Panjang Hidroponik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel