-->

7 Cara Yang Paling Mudah Budidaya Ikan Kutuk Bisa Cepat Panen

Tentunya sudah banyk terdenganr dengan nama ikan kutuk. Ikan kutuk atau ikan gabus ini merupakan jenis ikan air tawar yang sudah sangat terkenal. Banyak para kuliner yang menggolahnya dengan racikan bahan ikan kutuk ini, memag ikan kutuk ini mempuyai rasa sangat enak maka tidak heran kalo banyak orang ketagihan dengan rasa masakan ikan kutuk. Selain ikan kutuk yang rasanya enak, ikan kutuk juga banyak mengadung protein dan gizi yang banyak. Ikan kutuk mempuyai khasiat yang banyak, ikan kutuk ini sangat berguna bagi kesehatan. Untuk pasien yang pasca operasi sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi ikan kutuk ini. Karena ikan kutu ini mampu menyembuhkan luka yang sangat cepat. Maka permintaan ikan kutuk dari konsumen sangat banyak. Karena banyak orang yang mengkonsumi ikan kutuk ini maka kebutuhan semakin banyak. Maka dari sini terbuka peluang usah budidaya ikan kutuk yang bisa menguntunkan untuk kita semua. Usah budidaya ikan kutuk terbilang tidak terlalu rumit, dan tidak membutuhkan biaya modal yang terlalu besar. 

Jika kalian sekiranya berminat  usaha budidaya ikan gabus ini, kalian harus tau terlebih dahulu langkah-langkah membudidayakan.
Seperti yang telah kita ketahui bahwa ikan ini mempunyai sifat predator, beda jika kalian budidaya ikan gurame yang juga bisa medapatkan keuntungan yang banyak.

Jika kalian ingin mendapatkan hasil yang banyak dari budidaya ikan gabus, kalian perlu tau beberapa hal berikut sehingga aman dan mudah saat memeliharanya sebagai budidaya.

Cara Yang Paling Mudah Budidaya Ikan Gabus Bisa Cepat Panen

1. Mepersiapkan  Kolam Dan Lokasi 

Lokasi pembuatan kolam ini berkaitan dengan penempatan kolam budidaya, untuk penempatan  pemeliharaan ikan gabus nantinya, pastikan kalian mempuyai lahan yang sterategis, dan dekat dengan mata air untuk memudahkan menggisi air kolam ikan, kalo bisa tidak terlalu jahu dari rumah biyar lebih mudah untuk mengawasinya. Lokasi kolam jangan dari dataran yang rendah takut nya akan mudah tergenang air. Dan jika ingi hasil panen yang melimpah pastikan lokasi kolam tidak bercampur dengan limbah.

Mempersiapkan Kolam Terpal Budidaya Ikan Gabus

Laha yang sekiranya akan di tempati kolam ikan sebaiknya di bersihkan terlebih dahulu. Bahan yang di butuhka untuk membuat kolam ikan gabus ialah, terpal,  dengan ukuran besar, sesuikan dengan kapasitas yang akan di isi. Kolam ikan gabus dengan mengunak bahan terpal sebaiknya dengan kulitas tingii akan lebih baik dan panjang kolam sekitar 5 m lebar 2 m jika kolam sudah jadi isi air, biyarkan terlebih dahulu selam 1 minggu, biyarkan air berubah warna baru bisa di tebarkan bibit ikan gabus.

Pengisian Air Kolam Ikan Gabus 

Pada saat mengisi air kolam, kalian perlu mengisi hingga air mencapai tinggi 60 atau sekitar 100 cm. Biyarkan air selama kurang lebih 1 minggu biyar air tidak menjadi jernih lagi, karena kondisi air berperan penting seblom kalin menebar dan memulai budidaya.

Suhu Air Kolam 

Jangan mengabaikan kulitas air kolam terpal agar hasil panen budidaya ikan bagus agar bisa maksimal. Jaga selalu kondisi air pada kolam, budidaya ikan gabus juga harus perhatikan kondisi suhu air pada kolam, suhu kolam sebaikanya sekitar 22 - 30 c. 

Kalo untuk PH air lebih baik berkisaran 4 hingga 9 ppm, dan kandungan oksigen yang teratur minimal ya itu harus 1 mg/ liternya. Optimalnya yaitu 5 - 6 ppm, dengan kandungan NH3 yang kurang dari 1,4 ppm. 

2. Cara memilih Bibit Ikan Gabus 

Memilih bibit ikan gabus harus induka yang baik, untuk ciri-ciri ikan gabus yang jantan yang baik yang mempuyai bentok kepala cenderung oval dan berwarna yang jahu lebih gelap, dan mempunyai lubang gebital yang berwarna merah. Dan untuk indukan betina yang berkualitas adalah yang berwarna cenderung terang dan kepalanya yang lebih bulat. Usahakan memilih berat indukan minimal 1 kg, jika sudah siap sekarang saatnya proses pemijahan.

CARA Proses Pemijahan ikan Gabus

Jika kalian menemukan telur ikan, maka kalian segera ambil dan pindahkan kedalam aquarium dan rawatlah dengan hati-hati hinga semua telur menetas, jika telur sudah menetas untuk pemberian pakanya ialah bisa kamu berikan pakan lumut.

Sekali Pemijahan kalian akan mendapatkan hasil sekitar 10 ribu telur ikan gabus, agar penetasa terlur tersbut bisa secara sempurna kalian pindahakan telur ke aquarium dengan ukuran sekitar 56 × 43 × 45 cm.

Cara Penebara bibit Ikan Gabus 

Penebara bibit ikan gabus sebaikanya di lakukan pada pagi hari,  atau sore hari. Gunanya agar bibit ikan gabus tidak mengalami stres, dengan teriknya nya sinar mata hari, dan air kolam cendrung agak panas, karena terkena sinar mata hari.

3. Cara Pemberian pakan ikan Gabus

Pakan sangat pentinga untuk mepercepat masa pertumbuhan ternak, tetapi untuk mensesuaikannya yang tepat pada budidaya ikan gabus ialah di berikan 2 - 3 kali sehari. Dan jangan sampai telat pemberian pakan pada ikan gabus, karena ikan gabus bersifat kenabilan sehinga dia bisa memakan ikan sesama yang sekiranya lebih kecil

Perhatikan pada kandungan nutrisi pada pakan yang akan di berikan, pakan ikan gabus yang bagus ya itu mempuyai protein sebesar 30% dan karborhidrat 10 - 25 % juga lemak sebesar 26 %. selain ini kalian bisa memberikan pakan alami untuk menambah kebutuhan nutirisinya dan ini juga bisa menghemat biaya pemeliharaan dengan melalui pakan.

4. Perawatan ikan Gabus

Pada saat cuaca yang terik terutama pada musim panas maka air kolam akan menguap secara cepat, maka kalia harus meperhatikan kualitas air pada kolam, jika air terlihat kurang maka segera di tambahkan, sesuiakan pada ukuranya kolam agar sikulasi kolam bisa tenang.

Atau kalian tambahakan tanaman  salh satunya tanama eceng gondok gunannya untuk mengurangi penguapan air, dan memberikan perli dungan pada ikan dari terikanya mata hari langsung.

5. Pengendalian hama Pada ikan Gabus

Pada saat budidaya ikan gabus, pastikan tidak ada hewan liar yang masuk kedalam kolam yang akan mengganggu, sperti dengan adanya hewan liar semacam ular, atau biawak, dan semacam binatang lainya. Maka di usahakan jangan sampek ada hama hewa yang masuk kedalam kolam ikan gabus, karena dengan adanya gangguan hama serta peyakit bisa menggagalkan kesuksesan panen ikan gabus.

6. Proses penyotiran ikan gabus

Melakuka proses peyotiran atau memisahkan ikan gabus untuk menyesuaikan ukuran besar kecilnya, di lakukan sebulan sakil  dengan kolam yang berbeda atau pada kolam yang sudah di beri pembatas. Pilihalah ukuran ikan gabus sekiranya yang besar  di pisahkan dari ikan yang berukuran kecil, proses ini di lakukan gunanya ialah menyegak terjadinya kenabilan pada ikan.

7. pemanena ikan gabus

Pada saat pemanena ikan gabus sangat lah mudah di lakukan, dengan meguras air pada kolam, dan pada saat penangkapan ikan gabus dengan mengunakan alat serok. 

Semoga dengan informasi ini bisa menambah wasan  Cara Yang Paling Mudah Budidaya Ikan Gabus Bisa Cepat Panen, sekian dan terimakasih.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Cara Yang Paling Mudah Budidaya Ikan Kutuk Bisa Cepat Panen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel