-->

CARA MEPROSES BUAH BUSUK DI JADIKAN PUPUK ORGANIK CAIR


Buah yang sudah tidak lagi bisa di kunsumsi akan di buang di tempat sampah. Memag sunguh menyayangkan jika buah yang mempunyai banyak vitamin dan nutrisi di buang bekitu saja dikarenakan sudah tidak layak di makan oleh manusia.

Buah yang baik mempuyai vitamin dan nutrisi untuk di makan oleh manusia, buah yang sudah busuk yang tidak layak di makan oleh manusia masih juga mempunyai kandungan vitamin dan nutrisi untuk tanaman. Buah yang busuk bisa di manfaatkan untuk di proses menjadi pupuk organik cair yang bisa menghasilkan nutrisi untuk tanama. Maka buah yang busu lebih baik di simpan bisa di manfaatkan menjadi pupuk organik.

Buah yang sudah busuk agar bisa dijadikan pupuk organik cair, masih membutuhkan beberapa bahan dan alat yang di perlukan. bahan membuat pupuk oraganik cair, ada banyak bahan yang bisa di manfaatkan untuk menjadi pupuk organik cair di antaranya ialah,. Dari bongkol pisan, Nasi basi dan tape air kelapa, buah-buahan yang busuk, dan banyak lagi lainya. kali ini saya akan memberikan Cara membuat pupuk oragnik cair.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair
Dari Buah Yang Busuk

Oky sebelom mulai membuat pupuk organik cair, terlebih dahulu kita mempersiapkan alat dan bahan yang di perlukan.

BAHAN


  • Siapkan wadah bisa denga drom atau bak kalo bisa wadah yang ada tutupnya agar senag nati tingal tutup, jika awadah tersebut tidak ada tutupnya maka bisa dengan pakek penutup palastik yang terang. Wadah berkisaran sekitar 50 liter.
  •  Buah-buahan yang sudah busuk sebnyak 15 kg dan Penyaring untuk buah.
  •  Air kelapa sebayak 7 liter, air cucian beras sebayak 4 liter, air sumur sebanyak 15 liter, gula merah 1 kg, kalo gak ada gula merah bisa di ganti dengan gula pasir 1 kg.


CARA PROSES BUAH BUSUK DI JADIKAN PUPUK ORGANIK CAIR

1. Persiapkan buah yang sudah busuk cuci terlebih dahulu agar meghilangkan pestisida yang ada di dalamanya.
2. Giling buah-buah tersebut dan saring masukan kedalam tong.
3. Tambahkan air kelapa, air cucian beras, masukan juga gula merah, aduk agar gulanya larut.

Fungsi dari semua baha tersebut ialah.

Gula merah sebagai aktivator atau stimulator sebagai perangasang pembentukan enzim. Cucian beras sebgai pengontrol cairan selama proses permentasi masih berjalan.

Buah yang busuk dan air kelapa sebagai pendorong untuk terbentuknya zat Giberalin, sitokinin, dan Auksin. Dari tiga ini lah yang membuat bisa manjadi perangsang tumbuhan di mulai dari akarnya, hinga menjalar ke daunya, bisa bertumbuh dengan cepat hinga berbunga sampai berbuha.

4. Jika semua bahan di atas sudah di masukan kedalam tong, mak tutup tong tersebut dengan rapa. Diyamkan selam 13-16 hari biyarkan permentasi berjalan, simpat di tenpat yang sejuk biyar terhindar dari sinar mata hari langsung, dan tidak kena air huja.
5. Buka 4 hari sekali aduk biyar tidak mengendap, dan tutup kebali.
6.jika sudah 13 -16 hari maka lihat apak proses permentasi berhasil atau gagal, jika perses permentasi berhasil akan terlihat cairan tersebut berubah berwarna hitam, dan terdapat buih berwarna putih di permukaan, dan juga tidak berbau menyengat. Maka permentasi pupuk dari buah-buahan yang busuk bisa di gunakan.
7. Sebelom mengunakan pupuk hasil dari buah busuk lebih baiknya di saring terlebih dahulu biyar bersih dari hendapah, hendapnya bisa digunakan untuk pupuk padat.

PENGUNAAN PUPUK CAIR HASIL DARI BUAH YANG BUSUK

Untuk mengunakan pupuk cair dari hasi permentasi buah-buahan yang busuk harus mengikuti persedor, cara pemakeannya harus di sesuwekan takeran dan kebutuhan tanaman masing masing, Agar mendapatkan hasil yang baik.

Untuk perangsang akar, daun, dan buah, takerannya adalah 1.10 berbandingan, intinya ialah 10 cc pupuk cair, 1 liter air sumur. Seprotkan pada tanaman tersebut.
Jika untuk perangsang akar bisa mengunakan perbandingan 1-30 kesimpulanya 1 air dan 30 cc pupuk cair.

Selamt menguanakan semoga semakin bertambahn melipah pengahsilanya dengan mengunakan pupuk organik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "CARA MEPROSES BUAH BUSUK DI JADIKAN PUPUK ORGANIK CAIR"

  1. terima kasih infonya gan sangat bermanfaat

    ditunggu kunjungan balik nya www.sekadarberbagi.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel