-->

Cara menanam cabe dengan sestim hindroponik


Cabe merupakan pelengkap bumbu masakan yang mempuyai peran penting terutama dalam masakan yang berkuwah, ada banyak sekali makanan yang mempuyai cita rasa masakan pedas. Mulai dari gulai, tumis, ceker pedas, bakso pedas, dan jenis sambal ataupun pasta cabe, Dan banyak lagi lainya.

Dan sperti yang kamu ketahui harga cabe di pasaran kian menikat, bahkan orang2 di pasaran sering mengeluh harga cabe, oleh karena itu tak sedikit orang mulai mengurangi jumpalh konsumsi cabe.

Untuk itu membudi dayakan cabe perlu di pelajari agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya menanam cabe ada banyak metodi yang bisa di lakukan yaitu, menanam cabe denga polybag atau pot, atao menanam langsu di lahan tanaman, bisa juga dengan cara hindroponik, Kalian bisa tentukan dalam penanama cabe tersebut.

Kalo memang sekiranya mempuyai lahan terbatas lebih baikanya menanam cabe dengan cara tanam hindroponik saja, karena menanam dengan hindroponik bisa dibilang jimat atau tidak membutuhkan biyaya yang terlalu besar, juga sangat mudah dilakukan, maka dengan demikian untuk mengetahui cara tanam dengan hindroponik bisa di pelajari pada berikut ini:

Sebelom menjenjang langkah penanaman lebih baiknya memilih bibit terlebih dahulu, karena bibit yang berkualitas baik dan sehat akan menghasilakn tanaman yang froduktif, juga hasil tanamnya juga akan lebih cepat menigkat, dan tidak mudah di serang hama.


Demikian memilih benih cabe yang bagus

Memilih benih cabe yang bagus dan sehat, memilih benik cabe yang akan di tanam usahakan dengan benih yang udah tua agar bisa mendapatkan buah yang berkuwalitas baik dan menjadikan benih kecambah cabe yang bagus.

Cara penyemaian benih cabe hindroponik

Untuk menanam dengan cara hindroponik, lakang untuk menyemei benih cabe, ada beberapa hala yang perlu di ketahui ya itu sebgai cara sperti berikut ini:

Langkah awal kalian harus menyiapkan media semai contoknya tanah, sekam, cocopeat, juga alat spray untuk menyiram dan media semai seperti polybag. Dan sediakan wadah ember kecil yang berisi air hangat kemudian masukan benih cabe biyarkan hinga  air menjadi dingin, selanjutnya penyampuran tanah untuk di buat media tanam, campur tanah dengan sekam dan cocopeat dengan perbandingan 2:2:2. Masuka  tanah yang sudah bercampur kedalaman polybag kemudian taburkan benih cabe secara merata kemudian bisa di tutup dengan tanah nipis-nipis, juga perlu perawatan,  sirami benih saat tanah terlihat kering, agar tanah bisa lembab, benih biasannya akan berubah tumbuh menjadi bibit sekitar 7- 8 hari, dengan demikian benih tumbuh menjadi bibit tanam yang baik dengan tanam hindroponik.

Sambil menunggu pertumbuhaan bibit, lebih baiknya membuat media tanam terlebih dahulu, dengan cara menanam hindroponik, bahan dan peralatan yang di butuhkan ialah:

Kalian bisa membuat media tanam yang parkti dan sangat simpel dengan botol plastik bekas atau dengan mengunakan paralon sebgai media tanamnya, jika sudah siap tempat media tanamnya, sekarang tingal penyampuran tanah dengan segam dan cocopeat dengan perbandingan 2,2,2. Kemudian troh di media tanam. Jika media tanam siap di pindahkan maka pindahkan secara pelan-pelan siram terlebih dahulu pada bibit agar mudah mengambil bibit cabe tersebut, stelah pengambilan selesai dengan baik makan bibit cabe tersebut diayamkan di tempat yang sejuk sekitar 4 hari agar bisa beradap tasi dengan lingkungan, baru kemudian bisa di tanam di tempat yang sudah di sediakan.

Cara merawat cabe hindroponik

Setelah penanaman selesai sekarang untuk perawatan,  karena semua tanaman perlu perawatan, untuk perawatan tanaman cabe dengan hindroponik adalah sebagai berikut ini:

Untuk perwatan tanaman cabe hindroponik memerluka nutrisi, untuk pemberian nutrisi bisa di berikan nutrisi( AB Mix cabe ) karena ini kusus untuk tanaman hindroponik, berikan nutrisi ini setlah 6 - 7 hari setelah tanam, ada banyak jenis nutirsi yang bisa di berikan ketanaman hindroponik tetapi perlu mengetahui dosi dan masa umur tanaman, control saat pemberian nutrisis pada tanaman dan tambhkan sekirnya masih kurang, karena sangat pengaruh untuk kesuburan pada tanaman. Saat yang baik pada pemberian nutrisi sebgaiknya di berikan pada pagi hari atau sore hari.

Dosis untuk nutrisi

untuk mengatur dosis pemberian nutrisi pada tanaman cabe yang awal tanam sebaikanya di berinutrisi sekitar 740 ppm kalo sudah berumur 14 hari berikan nutrisi sekitar 1000 ppm hari selanjutnya pada hari 21 hari berikan nutrisi sekitar 1400 ppm dan pada hari 30 hari berikan nutrisi sebnyak 2000 ppm. Kalo sudah hambir tiba musim panen nutrisi yang dibutuhkan nutrisi sebnyak 2500 ppm dan tambahkan pada pupuk semprot untuk pembuhaan dengan mengunakan pupuk Babyfolan.

Masa pane tanaman hindroponik cabe

Biasanya untuk masa panen cabe hindroponik kebanyakan sekitar 80 hari atau 90 hari pada saat penanaman berlangsung.

Pada saat pemanenan yang sesuai cabe yang sudah berbuah, dan sudah mulai berubah warna menjadi merah. waktu yang tepat sebagiknya pada saat pemanenan cabe pada waktu pagi hari, jangan siang hari atau sore hari, karena dengan waktu sedemikian menyebabkan cabe yang di panen akan cepat mudah layu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara menanam cabe dengan sestim hindroponik "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel