-->

Cucian Air Beras Untuk Tanaman

Cucian Air Beras Untuk Tanaman
Pada saat akan memasak nasi tentu saja terlebih dahulu beras harus di cuci, air cucian akan di buang bekitu saja, karena terlihat keruh dan  kotor, tidak berguna lagi. Stop, membuang air cucian beras yang diangab keruh dan kotor tersebut, perlu anda ketahui dibalik semua ini sebenarnya air yang diangab kotor dan keruh tersebut memiliki banyak mamfaat lain yaitu untuk tanaman:

Air bekas cucian beras, ada juga mengatakan air leri. Air ini mengandungi beberapa nutrisi untuk di butuhkan oleh tanaman makan dari itu tanam bisa lebih subur.

Air cucian beras mempunyai kandungan karbohidrat yang berbentok pati, vitamin dan mineral juga berbagai protein. Karbohdratnya yang bekitu sangat tinggi akan membantu proses terjadinya pembentukan hormon yang akan tumbuh berupa Auksin, giberlin dan alanin. Dari tiga hormon tersbut bisa membantuk merangsang berkembangan pertumbuhan yang pucuk dan daun, mengangkat makanan dari sel-sel yang terpenting dari daun dan batangnya.

Dari pada nutrisi, air cucian beras juga mengandung bakteri yang bisa bermanfaat untuk tanaman. Bakteri yang baik bisa mencegah datangnya hama peperti kutu-kutu dengan cara memecahkan sel-sel  telurnya selain tanaman menjadi subur juga segar, untuk mengunakan air cucian beras bisa juga untuk dapat menigkatkan imunitas tanaman dari serangan hama.

Berikut ini beberapa jenis bakteri yang bisa bermanfaat yang di hasilkan dari air cucian beras.

Bakteri pseudomonas fluorescens

Dari sejenis mikroba atau mikroorhanisme yang beradaptasi serta mengkloning secara bagai dengan sistem pada akara ( akar tanaman ) juga mempuyai keunggulan untuk mensintesis metabolit pada proses yang menghambat perkembangbiakan patogen.

Bakteri pektolitik pektin

Untuk bakteri ini adalah jenis mikroba yang mensintesis kabrohidrat dan asam Amino untuk menghasilkan hormon tumbuh atau ZPT.

Bakteri xanthomonas maltophilia

Bakteri ini menginfeksi sel hama embun tepung karna perkembangbiakan pesat di atas suhu 330c juga kertersediaan lisis dalam jumplah besar.

Untuk cara mengaplikasikannya yaitu dengan cara bisa langsung di kocorkan pada akar tanaman atau dengan cara di fermentasi terlih dahulu.
Baca juga: Cara proses urin kelinci jadikan pupuk cair

Untuk cara mengaplikasikan secara langsung pada tanaman, yang pertama kita terlebih dahulu air cucian beras di tambung selama 3/4 jam masukan kan air cucian tersub kedlama botol bisa mengunakan ember. Jika sudah cukup janga masa yang di tetapkan maka anda bisa menyiramkannya di sekitaran tanaman.
Catatan, Perlu diingat pada saat anda mengaplikasikan cucian air beras pada tanaman usahakan jangan sampek terkena daunnya dan bunganya karena dapat meninggalkan bercak-bercak yang bisa merusak ke indahan tanaman.

Untuk cara mengaplikasikan dengan cara difrementasi terlebih dahulu anda memerlukan beberapa bahan-bahan yang di butuhkan di antaranya yaitu;

  • air cucian beras.
  •  tepung beras.
  •  bekatul.
  •  gula.
  • starter bakteri EM4.
  •  ketela atau ubi kayu.
  • bua-buahan yang sudah dibuang Atau sudah rusak.


Untuk cara proses frementasi sebagai berikut:

 Cucian Air Beras Untuk Tanaman
Campur air cucian beras dengan tepung beras dan bekatul, aduk hinga larut, tambahkan bahan-bahanlainya. sebelom bahan ini di masukan terlebih dahulu Bahan bahan ketelan bua buahan dihancurkan terlih dahulu.jika semua bahan sudah tercampur maka masukan kedalam jirigen kemudian tambhkan starter EM4, kemudian jirigen tutup dengan rapat, kocok jirigen setiap hari satu kali hinga selama 1 minggu proses frementasi biasannya selama 21/30 hri jika proses frementasi berhasil akan ada aroma yang segar dari hasil frementasi.  Untuk cara pengaplikasikan dengan di kocorkan pada setiap tanaman dengan berbanding dosis 1 gelas poc untuk 1 liter air.

Pupuk ini tidak hanya dipake untuk dibuat mengaplikasikan nutrisi lanjutan pada tanama yang muda atau yang telah dewasa ataupun yang sudah berbunga,  tetapi bisa saja untuk diplikasikan sebagai pupuk awal atau pada saat penyemean pada bibit tanamam.

Kini anda sidah tahu potensi dari air cucian beras yang sangat bermanfaat untuk kesuburan tanaman, maka mulai hari ini anda bisa memanfaatkannya sebgai pupuk. Lebih hemat, perlu anda ketahui dari kandungan nutrisinya tidak mau  kalah besarnya dengan pupuk kimia yang dijual toko-toko pertanian.
artikel terkait: Memanfaat kan buah busu untuk dijadikan mol

Silakan anda pratekan di rumah,  selamat mencoba semoaga mejadi petani yang sehat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Cucian Air Beras Untuk Tanaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel