-->

Panduan Cara Ternak Bebek pedaging Untuk Pemula

Berternak apa pun membutuhkan ketekunan dan ketlatenan, berternak suatu usaha yang saat ini, semakin di gemari oleh para semua masarakat  di indonesia. Berternak adalah peluang usaha yang sanggat menjajikan untuk mendapatkan penghasilan yang baik. Pada saat ini masih sanggat banyak konsumen yang masih kekurang dalam masalh daging bebek, daging bebek mempuyai cirikhas yang sangat enak bannyak orang yang  menyukai daging bebek. Daging bebek biasanya di jual di lestoran, atau warung-warung, yang biasa di sebut nasi bebek.

berternak bebek untuk pedaging  kini masih langka, kebanyakan para penyuplai memberikan bebek betina yang sudah afkir, bebek yang sudah afkir dagingnya kebanyakan  keras, bebek pedaging yang di ternak ada dua jenis bebek hibrida, dan peking, dua bebek yang lain jenis ini untuk perawatanya adalah sama tidak ada bedanya. dengan berternak bebek hibrida sangat pas karena bebek ini memiliki daging yang sangat enak dan empuk pada usia masih muda, dengan berternak  bebek hibrida untuk perawatan juga sangat singak sekitar 40 hari sudah menjadi berat sekitar, 1. 5 kg. Maka dengan usaha berternak bebek sangat relatif singkat, sudah bisa mendapatkan hasil, dan bebek juga mempuyai tahan tubuh yang sangat bagus, di bandingkan dengan ternak ayam potong.

Untuk para pemula yang ingin membuat usaha ternak bebek pedanging, agar mendapatkan hasil yang maksimal ialah harus tahu cara dan teknik perawatannya, untuk itu disini saya akan membeberkan cara dan tekni berternak bebek potong untuk pemula.

Panduan Cara Ternak Bebek pedaging Untuk Pemula

Ketika kalian sudah berniat untuk, inggin berternak bebek pedaging
Yang pertama kalian harus mepersiapkan:

1. KANDANG

Menyediakan kandang untuk penempatan bebek yang datang dari DOD, menyediakan kandang boks berserta peralatan pakan dan tempat minumnya serta penggangat, mencari penyediaan DOD yang baik dan yang banyak pengatauan dalam berternak bebek pedaging, atau bisa tanya langsung dengan orang yang sudah ahli dalam berternak bebek pedaging, bisa juga dengan membaca buku masalah cara merwat bebek pedangi, atau dengan web sites onlin.

 2. JIKA SUDAH SIAP UNTUK MEMULAI BERTERNAK

Kandang bisa di semprot  dengan desinfektan, kemudian segera memesan DOD, karena ketersediaan DOD biasanya terbatas.

3. Persiapan menungu datang nya DOD

Kita menyiapkan pakan dan stater juga membeli vitamin Vitachick,  Vitastress, sorbitol dan banyak lagi lainnya, membeli obat dan preparat antibiotik, untuk menjegah datangnya penyakit.

4. Jika DOD sudah datang

Memeberikan larutan dan gula merah untuk DOD menyeleksi bibit yang sakit atau ada yang cacat 1 jam setelah kedatangan DOD berikan air minum biasa, bisa juga di tambahkan dengan vitamin agar bisa bertambah nafsu makan, air selalu di ganti pada setiap 1 jam.

5. Ketika DOD bebek sudah berumur 15 hari
Untuk pemberian pakan stater yang dicampur dengan air agar bisa mudah menelannya, bisa di berikan 5x dalam 1 hari, dan persediaan air minum juga harus ada, dan juga harus selalu di bersihkan air minumnya, pada DOD bebek yang sudah berumur 15 hari bisa di kurangi penghangatannya. Bahkan sudah bisa di abil karena bebek sudah kuat untuk menahan hawa dinggin atau bisa menungu bebek yang sudah berumur 24 hari.

6. Bebek yang sudah sekitar ber umur 17 - 24 hari bisa di berikan dengan pakan grower yang bercampur dengan pakan alternatif dengan frenkuensi 3 x sehari. pemberian pakan bisa di campur sedikit dengan air.

7. Kalo bebek sudah berumur 20-30 hari
Bebek di pindahkan dari kandang yang lebih besar, kandang bebek biasanya kebanyakan peternak bebek dengan mengunakan kandang pangangun, karena lebih mudah untuk membersikan kotorannya. jika bebek pada saat berumur 14 - 20 hari yang gak pernak di keluarkan biasanya kalo di pi dahkan kekandang lain akan mengalani stres untuk itu harus di berikan obat anti stres.

8. Bebek yang sudah mencapai umur 33-36 hari
Sudah bisa di seleksi untuk menggundang pembeli untuk menawar hara yang cocok.

9. Bebek yang sudah berumur 40 hari
Sudah siap untuk panen, kandang sudah bisa di kosongkan.

Didalam berternak bebek ada beberapa hal yang perlu di mengerti yaitu pada penempatan kandang.

Untuk membuat kandang pada ternak bebek pedanging harus jahu dari pemukiman warga, agar bebek tidak terdengar suara bising, karena bebek sangat sensitif dengan suara keras akan membuat bebek menjadi stres.

Untuk pembuatan kandang ada beberapa jenis yang biasa di pake oleh para peternak bebek lainnya. pembuatan kandang bisa dengan gaya kandang pangngu atau dengan berlatai.
 Untuk kandang gaya pangngu, kandang mudah di bersihkan makan tidak membutuhkan alas lainnya. Untuk kandang lantai biasanya akan menjadi lembab, maka membutuhakan alas agar kandang tidak lembab, bisa di berikan sekam padi, atau dengan jerami, atau dengan abuk gergraji.

Semoga dengan artikel ini bisa membantu para pembaca yang sekiranya mencari Panduan Cara Ternak Bebek pedaging selamat mencoba semoga berhasil.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Cara Ternak Bebek pedaging Untuk Pemula "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel