-->

CARA MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR DARI GEDEBOK PISANG


Pohon pisang yang sudah berbuah akan di tebang dan di buang, hanya di  ambil buahnya dan daunnya saja. Dan batangnya akan terbuang terbenkalai bekitu saja hinga menjadi limbh. Untuk itu kami ingin mengajak para sahabat petanicom bisa mandiri membuat enovatif yang bisa mecapai keberhasilan dalam pertanian untuk menciptakn sebuah pupuk organik cair dari batang pisang.

Batang pisang sebelom di jadikan pupuk organik ada beberapa proses  terlebih dahulu baru bisa di jadikan pupuk organik cair. Sebenaranya masih banyak  limbah-limbah yang bisa di manfaat menjadi pupuk organik cair.

Limbah yang bisa di manfaatkan sperti limha dari buah buah yang sudah tidak layak di makan oleh manusia. Nasi yang sudah basi jugak bisa. Tapi semua itu haru melalui proses demi porses untuk mejadikan nasi basi menjadi pupuk organik cair. Untuk cara porses nasi basi : CARA MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR DENGAN NASI

Untuk cara memporses batang  pisang adalah seperti berikut ini:
 Pertama kita siapkan bahan haban nya.

1. Batang pisang 2 kg
2. Karung
3. Air. 4 liter
4. 200 gr gula pasir / gula aren


           PROSES

. Batang bisang ampil dalamnya yang berwarna  puti ptong ptong jadi kan kecil kecil.
. Gunakan karung untuk wadah, masukan hasil potongan tersebut kedalam karung.
. Ambil air sumur 4 ltr, capur dengan gula pasir bisa juga dengan gula merah hinga larut.
. Msukan karung yang berisi batang pisang yang sudah dipotong potong kecil tadi kedalam tong air tersebut hinga benar benar tengelam dan Tutup dengan rapat.

Simpan tong tersebut selam satu minggu atau 10 hari. Buka tutu tong tersebut satu hari sekali untuk mengulwarkan gas yang di dapat tong tersebut. Tutup kembali dengan rapat selagi porses pembuatan pupuk masih berlangsung.

Kalo porses pembuatan pupuk sudah mencapi batas 7 hari atau 10 hari,  akan tercium bahu seprti tape,  itu artinya pembuatan pupuk berhasil. tapi kalo sebalik nya tercium bau busuk berarti porses pembuatan pupuk gagal.

Jika proses membuat pupuk cair sudah berhasil maka angkat karung yang berisi batang pisang tersebut, gunakan air nya untuk  menyemprot tanaman sebagai pupuk organik cair.

Untuk takeran yang di perlukan berbanding 1,14 jadi 1 pupuk cair 14 air biasa. Sempor satu minggu sekali.

Selamat mencoba semoga ini bisa menjadi imspirasi keberhasilan untuk membuat para petani sukses aamiin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR DARI GEDEBOK PISANG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel